Mengenal Perbedaan ELISA dan Alat ELISA Reader

Perbedaan ELISA dan Alat ELISA Reader -Halo sobat laborians, semoga sehat selalu ya. Sobat, kalian tentu sudah pernah mendengar mengenai metode ELISA bukan? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih jauh mengenai alat Elisa Reader. Apa yang dimaksud dengan Elisa? Dan apa perbedaannya dengan alat Elisa Reader? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus artikel ini ya sobat.

elisa-dan-alat-elisa-reader
ELISA dan Perbedaannya dengan Alat ELISA Reader

Mengenal Metode ELISA

Bicara mengenai Elisa, mungkin sebagian dari kita sudah mulai mengenalnya, terlebih jika kalian mengunjungi berbagai macam artikel mengenai Elisa di blog PT Andaru Persada Mandiri.

Yuk kita mulai dari metode Elisa. Enzym Linked Immunosorbent atau yang biasa disebut Elisa adalah adalah teknik biokimia yang digunakan terutama pada imunologi untuk mendeteksi keberadaan antibodi atau antigen dalam sampel. Elisa ini terbagi menjadi empat, diantaranya ada direct elisaindirect elisasandwich elisa dan competitive elisa. Apa saja perbedaan dari keempat metode tersebut? Mari kita simak.

Perbedaan ELISA dan Alat ELISA Reader

Selanjutnya, kita akan bahas mengenai perbedaan Elisa dan Elisa Reader. Jadi, Elisa dan Elisa Reader ini berbeda sobat. Jika Elisa adalah sebuah metode, Elisa Reader merupakan suatu alat yang digunakan untuk menjalankan metode Elisa tersebut.

Lalu, alat apa yang digunakan sebagai Elisa Reader tersebut?

Nah, Elisa Reader yang digunakan untuk menjalankan metode elisa tersebut adalah microplate reader. Microplate reader adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya kadar antibodi dan antigen dalam tubuh tadi. Microplate reader sebenarnya memiliki alat penunjang dalam mengukur kadar antigen dan antibodi yang disebut washer.

Bagaimana cara microplate reader tersebut bekerja?

Microplate reader tersebut bekerja dengan cara mengukur nilai absorbansi sampel yang diletakkan pada microplate. Sampel yang digunakan bermacam-macam, bisa darah, serum ataupun plasma. Sederhananya, microplate reader adalah alat pembaca atau readernya, sedangkan microplate adalah media meletakan sampel yang akan dianalisa atau diukur nilai absorbansinya, dan sampel tersebut dapat ditaruh dalam well yang jumlahnya 96.

Baca juga : Reagen ELISA – Mengenal Apa Itu Reagen ELISA?

Jika sudah mengenal lebih jauh mengenai ELISA dan Alat ELISA Reader, tentu kita sudah dapat membedakan keduanya bukan? Ya, Elisa adalah suatu teknik biokimia yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan antibodi atau antigen dalam suatu sampel. Sampel tersebut dapat berupa darah, serum hingga saliva. Sedangkan ELISA Reader adalah alat yang digunakan untuk untuk menganalisis sampel tersebut. Dan alat ELISA Reader yang dikenal sekarang dinamakan microplate reader.

Ditulis Oleh : DNA

Sebagai distributor alat laboratoriumPT. Andaru Persada Mandiri memiliki alat yang digunakan untuk pengujian tersebut.  Untuk diskusi lebih lanjut  kalian bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Sampai disini dulu artikel mengenai Mengenal Perbedaan ELISA dan Alat ELISA Reader ini, jika kalian memiliki pendapat lain atau pernah menggunakan alat tersebut, bagikan pengalamannya di kolom komentar ya sobat. Sampai jumpa, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat