Bagian Bagian HPLC Laboratorium Yang Perlu Diketahui

Bagian Bagian HPLC – High Performance Liquid Chromatography atau sering disingkat HPLC. Termasuk kategori alat laboratorium yang dengan klasifikasi specific laboratory equipment. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit tentang Bagian Bagian HPLC. Untuk membaca artikel lebih lengkap ada pada link : HPLC. Yuk kita lanjut baca artikel ini!

Mengacu pada point pembahasan sebelumnya, mengenai modul-modul yang terdapat pada alat HPLC. Berikut ini adalah letak modul-modul pada alat HPLC. Silahkan lihat gambar di bawah ini :

bagian-bagian-pada-hplc

Yuk, kita coba ulas satu per satu.

#1. Bagian HPLC – Solvent Organizer HPLC

Fungsi solvent organizer pada HPLC umumnya digunakan untuk menghilangkan pengaruh gelembung(gas) atau mengurangi fluktuasi tekanan yang menyebabkan base line conditioning tidak bisa tercapai. Solvent organizer pada konfigurasi HPLC haruslah selalu ada, sama seperti Pump, Column Oven dan UV Vis Detector. Namun jika Auto Sampler masih bisa digantikan dengan manual sample injector pada konfigurasi isocratic manual.

Baca juga artikel lebih lengkap : HPLC

Solvent organizer pada HPLC umumnya hanya memiliki satu channel degasser, namun pada tipe-tipe tertentu memungkinkan menggunakan 2 channel degasser untuk meminimalisasi noise pada base line. Berikut adalah gambar solvent organizer dan ilustrasi base line yang mungkin anda perlukan ketika sedang berhubungan dengan alat HPLC.

solvent-organizer-hplc

contoh-baseline-hplc

#2. Bagian HPLC – High Pressure Pump HPLC

Pompa HPLC atau HPLC Pump merupakan komponen yang penting dari instrument yang satu ini. Pada umumnya beberapa pompa memiliki tekanan yang berkisar pada 6000psi, namun ada beberapa jenis pompa yang mampu memiliki tekanan hingga 9000psi. Hal ini tentu saja bisa merubah sesuai kebutuhan, pompa dengan tipe tekanan 9000 psi biasa digunakan pada UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography).

Pemilihan pompa yang sesuai bisa saja memberikan dampak yang besar dari setiap aplikasi, bukan hanya waktu yang lebih singkat tapi juga penggunaaan solvent berkurang dengan signifikan. Berikut adalah beberapa gambar tentang pompa, pengaruh pompa HPLC terhadap waktu dan efisiensi.

pompa-hplc

gambar-hplc-biasa-dan-fast-hplc

pompa-hplc-yang-stabil-hasilnya

#3. Bagian HPLC – Auto Sampler HPLC

Fungsi Auto Sampler pada HPLC sangatlah penting, terlebih jika anda memiliki banyak sample yang akan dianalisa. Presisi injeksi yang tinggi diperlukan dalam proses auto sampler, perubahan linearity yang luas diperlukan dari berbagai algoritma yang sudah ditanamkan pada software auto sampler.

Selain fitur auto sampler, sebetulnya HPLC memungkinkan menggunakan manual sampler juga. Pada tipe konfigurasi isocratic manual hal ini masih sering dilakukan, namun tetap saja dengan tipe auto sampler bisa mengurangi akumulasi sample yang terlalu banyak dan menghindari kontaminasi dari luar. Berikut adalah gambar dari auto sampler dan beberapa grafik tentang pengukuran auto sampler.

hplc-auto-sampler-image hplc-auto-sampler-pengukuranhplc-auto-sampler-hasil-ukur-banyak-sample

#4. Bagian HPLC –  Column Oven HPLC

Column Oven pada HPLC berfungsi untuk menjaga suhu atau temperature pada range tertentu, hal ini dilakukan karena pengukuran nilai pada mobile phase bisa berubah pada suhu yang berbeda. Artinya, jika sample diberikan perlakuan yang sama pada suhu yang sama akan meningkatkan ke-akuratan proses pengambilan data.

Pada HPLC juga anda akan berhubungan dengan phase, orang sering juga menyebutnya fase, fase dalam HPLC ada dua jenis, yakni:

  • Normal
  • Terbalik

Pada fase normal yang menjadi fase diam adalah kolom yang bersifat polar, sedangkan fase geraknya non polar. Sedangkan pada fase terbalik, fase diamnya bersifat non polar dan fase geraknya polar. Polar pada umumnya memiliki sifat larut dalam air atau rantai karbon pendek seperti metanol, sedangkan non polar tidak larut dalam air atau rantai karbon panjang seperti C18.

Berikut adalah gambar Column Oven HPLC  dan mekanisme pemanasan sebelum masuk Column.

column-hplc column-oven-hplc

#5. Bagian HPLC – Detector UV-Vis HPLC

UV-Vis ternyata tidak hanya ada pada spektrofotometer, namun ada juga pada HPLC. Berikut adalah gambaran dari UV-Vis Detector pada HPLC, mekanisme pengukuran dan hasil pengukuran dalam bentuk grafik.

hplc-uv-vis-detector high-performance-liquid-chromatography-detector hplc-uv-vis-detector-pengukuran

Setelah mengetahui komponen atau module pada HPLC, kira-kira pengujian apa yang akan anda lakukan dengan menggunakan alat HPLC?

Untuk anda yang membutuhkan alat HPLC silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679. Link produk ada : disini.

Jika diantara anda para pembaca, belum memahami tentang alat HPLC hanya dengan membaca jenisnya saja. Sabar, anda tidaklah sendiri, penulis ketika pertama kali memahami alat ini di bangku kuliah juga butuh beberapa hari. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu anda memahami alat HPLC. Jika diantara anda ada yang lebih ahli dengan alat laboratorium yang satu ini, silahakan komentar di kolom komentar ya. Sekian, dan tentu saja terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat