HPLC – Pengertian, Fungsi, Prinsip Kerja, Cara Menggunakan

HPLC adalah singkatan dari High Performance Liquid Chromatography, atau dikenal juga dengan istilah KCKT(Kromatografi Cair Kinerja Tinggi). Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang alat HPLC yang biasa ada di laboratorium, pembahasannya akan cukup panjang ya. Mulai dari pengertian hplc, fungsi hplc, demo unit hplc, prinsip kerja hplc, jenis jenis hplc, bagian bagian hplc, cara menggunakan hplc, spesifikasi hplc, harga hplc, istilah dalam hplcgambar hplc dan informasi lainnya yang berhubungan dengan alat tersebut. Yuk kita lanjut baca.

Untuk anda yang membutuhkan alat hplc silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679. Link produk : disini

hplc-pengertian-fungsi-bagian-cara-menggunakan-harga-2

Beberapa diantara anda yang masih pemula dan baru di bidang laboratorium, mungkin kebingungan dengan alat  HPLC. Beberapa pertanyaan awal yang sering terlintas di pikiran pembaca diantaranya :

  • Apa yang dimaksud dengan HPLC?
  • Apa fungsi HPLC?
  • Bagaimana cara kerja HPLC?

Dan tentunya akan ada banyak pertanyaan yang berhubungan lainnya. Untuk mengerti alat yang satu ini, yuk kita mulai bahas satu per satu.

 

Pengertian HPLC – High Performance Liquid Chromatography

pengertian-hplc-bahasa-indonesia-andaru-persada-mandiri

Dilihat dari sudut pandang bahasa, HPLC berasal dari bahasa Inggris. Awalnya HPLC memiliki kepanjangan High Pressure Liquid Chromatography. Keempat suku kata tersebut jika diartikan perkata :

  • High berarti tinggi
  • Pressure berarti tekanan
  • Liquid memiliki arti cairan, dan
  • Chromatography merupakan suatu metode tentang pemisahan molekul.

Jika disimpulkan secara sederhana High Pressure Liquid Chromatography dapat diartikan sebagai suatu metode pemisahan molekul dengan media cair yang diberikan tekanan tinggi. Seiring dengan perkembangannya, HPLC(High Pressure Liquid Chromatography) bertransformasi menjadi High Performance Liquid Chromatography. Hingga kini beberapa diantara kita lebih familiar dengan istilah High Performance Liquid Chromatography.

Kembali ke pembahasan tentang Pengertian HPLC, beberapa sumber di internet umumnya membahas tentang alat yang satu ini. Salah satunya dikutip dari wikipedia indonesia tentang pengertian HPLC adalah : sumber

HPLC merupakan salah satu teknik kromatografi untuk zat cair yang biasanya disertai dengan tekanan tinggi.

Dari kutipan singkat tersebut tentu kita mengerti, bahwa HPLC sangat erat kaitannya dengan kromatografi. Apa  itu kromatografi?

Pengertian Kromatografi

Kromatografi merupakan sebuah teknik atau metode pemisahan molekul yang didasarkan pada perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam. Kromatografi digunakan untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada suatu larutan.

HPLC adalah alat laboratorium yang bekerja dengan metode fisikokimia, didasarkan pada teknik kromatografi dimana fase geraknya berupa cairan dan fase diamnya bisa berupa memiliki bentuk padat atau cair.

Dalam proses memahami alat HPLC (High Pressure Liquid Chromatography), anda sebagai pembaca perlu memahami hal-hal lainnya yang memang berhubungan secara langsung dengan alat ini, seperti :

  • Fase gerak dan fase diam
  • Polar dan non polar
  • Fase normal dan terbalik, dan lainnya.

Balik lagi ke pembahasan tentang pengertian HPLC. HPLC adalah sebuah alat laboratorium spesifik(specific laboratory equipment) yang penggunaanya membutuhkan keahlian khusus, penggunaan alat ini dipastikan selalu menggunakan sample cair. Merupakan alat laboratorium yang bisa dikonfigurasi  sesuai dengan kebutuhan, karena terdiri dari module-module yang berbeda.

Aplikasi penggunaan HPLC akan mengacu kepada fase normal dan fase terbalik.  Pada fase normal yang menjadi fase diamnya adalah polar dan fase geraknya adalah non polar. Sedangkan pada fase terbalik, fase diamnya adalah non polar dan fase geraknya adalah polar.

Suatu saat mungkin anda juga akan mengenal alat Gas Chromatorgraphy, atau biasa disingkat GC. Alat ini memilihi hubungan yang dekat dengan HPLC. Salah satu keuntungan menggunakan HPLC dibandingkan dengan GC ialah lebih stabil untuk menganalisis sample yang tidak mudah menguap(unvolatille).

Jika diantara anda para pembaca, belum memahami tentang alat HPLC hanya dengan membaca pengertiannya saja. Sabar, anda tidaklah sendiri, penulis ketika pertama kali memahami alat ini di bangku kuliah juga butuh beberapa hari. Semoga dengan adanya artikel lengkap tentang HPLC ini, bisa membantu anda yang mencari pengertian hplc pdf. Penulis berharap setelah anda membaca tentang fungsi dan prinsip kerja HPLC, anda akan lebih paham tentang alat ini. Yuk kita lanjut ke fungsi HPLC.

 

Fungsi HPLC – High Performance Liquid Chromatography

fungsi-hplc-secara-sederhana-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium

Sebelum berlanjut ke pertanyaan Apa fungsi HPLC?, Pertanyaan Apa yang dimaksud dengan HPLC? Sudah terjawab ya dari pengertian diatas. Jika mungkin diantara pembaca ada yang sudah expert dibidang laboratorium dan sering menggunakan alat ini. Silahkan ini komentar di bawah ya.

Penggunaan alat HPLC sangat erat kaitannya dengan dunia industri obat dan makanan. Fungsi HPLC adalah untuk menentukan atau mengukur atau menganalisa kadar bahan aktif  pada suatu sample(obat, makanan atau herbal). Pada beberapa kasus yang berhubungan dengan obat herbal, alat ini digunakan untuk menentukan marker pada suatu obat herbal.

Dari sekian banyak alat-alat laboratorium yang pernah anda gunakan, masih ingatkah anda beberapa uji kompetensi saat kuliah. Misalnya ketika anda diharapkan mampu melaksanakan prosedur dan teknik ekstraksi, isolasi dan pemurnian serta karakterisasi awal senyawa metabolit sekunder tumbuhan obat. Sebut saja senyawa piperin dari merica hitam. Terdapat banyak alat laboratorium yang perlu anda gunakan, diantaranya :

  1. Rotary Evaporator
  2. Timbangan Analitik
  3. Spektrofotometer
  4. Kolom kromatografi
  5. Hotplate. dan lainnya

Pada point nomor empat, terdapat kolom kromatografi.  Memang bukanlah alat yang sama dengan HPLC, namun bermula dari sinilah kita akan memahami apa itu fungsi HPLC. Jika pada kolom kromatografi hanya memanfaatkan gravitasi untuk proses pemisahannya, pada alat  HPLC terdapat pompa yang memberikan tekanan pada proses pemisahan. Selain tekanan atau pressure, ada beberapa aspek lagi yang perlu diperhatian, seperti : suhu atau temperature.

Analogi Sederhana Fungsi HPLC

Nah, supaya masuk dengan kondisi saat ini, penulis coba buatkan analogi sederhana ya. Supaya anda ada gambaran tentang fungsi HPLC. Misalnya terdapat sebuah obat bernama decol**n, pada komposisi bungkus obat tersebut tertulis komposisi :

  • Paracetamol 400mg
  • Phenylpropanolamine HCL 12,5mg
  • Chlorphenamine Maleate 1mg

Dengan menggunakan alat HPLC seorang laboran berpengalaman bisa saja melakukan serangkaian kegiatan untuk mengecek detail komposisi dari obat tersebut. Adapun proses dan tahapannya mungkin saja berbeda antara sample yang satu dengan sample yang lainnya. Semoga dengan analogi sederhana tersebut pembaca memahami bahwa fungsi HPLC digukan untuk mengukur kadar suatu zat pada suatu sample.

Gimana, sekarang tentu anda sudah tahu apa pengertian HPLC ? dan apa fungsi HPLC ? Sebelum berlanjut ke prinsip kerja HPLC. PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium memiliki demo unit alat HPLC yang bisa lihat dan uji coba sebelum melakukan pembelian.

 

Demo Unit HPLC – High Performance Liquid Chromatography

Berikut ini adalah beberapa foto demo unit yang tersedia di PT. Andaru Persada Mandiri. Untuk anda yang membutuhkan alat HPLC dan perlu diskusi sebelum melakukan pembelian, silahkan hubungi via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679.

Lokasi via google maps : disini

hplc-high-performance-liquid-chromatography-demo-unit-pt-andaru-persada-mandiri-8

hplc-high-performance-liquid-chromatography-demo-unit-pt-andaru-persada-mandiri-10

hplc-high-performance-liquid-chromatography-demo-unit-pt-andaru-persada-mandiri-9

 

Prinsip Kerja HPLC – High Performance Liquid Chromatography

prinsip-kerja-hplc-secara-sederhana-fase-normal-fase-terbalik-andaru-persada-mandiri

Pertanyaan selanjutnya adalah : Bagaimana cara kerja HPLC?

Sekarang kita bahas prinsip kerja HPLC. Seperti yang sudah disampaikan pada point sebelumnya, bahwa HPLC adalah alat laboratorium yang bekerja dengan metode fisikokimia, didasarkan pada teknik kromatografi. Terdapat dua fase yang perlu anda ketahui, yakni :

  1. Fase gerak, dan
  2. Fase diam

Secara sederhana HPLC bekerja mengacu pada metode fase gerak(mobile phase) dan fase diam(stationery phase), namun secara detailnya tentu ada banyak hal yang dilakukan pengukuran. Berikut adalah gambaran sketsa alat hplc denngan bagiannya masing-masing.

prinsip-hplc

Oke, dari gambar di atas tentu anda bisa melihat sendiri bagian bagian pada HPLC. Terdapat solvent organizer, pompa, auto sampler, column dan UV-Vis detector.

Zat pelarut atau yang dikenal dengan istilah solvent akan disimpan pada solvent organizer dan terhubung dengan inlet maupun outlet dari modul lainnya, begitu pula dengan sample yang terhubung dengan auto sampler.

Module pompa akan memberikan tekanan yang besar(berkisar antara 6000-9000psi) untuk mendistribusikan solvent maupun sample dengan tekanan yang tinggi ke module-module lainnya. Selama proses recording base line, sample belum dimasukan kedalam solvent, namun ketika base line dirasa sudah stabil maka auto sampler mulai menjalankan algoritma injeksi sample.

Column oven akan mengkondisikan suhu supaya temperatur solvent maupun sample berada pada range yang sesuai. Di lain module, detector UV-Vis melakukan recording ketika base line maupun ketika sample sudah injeksikan dan melewati kolom. Berbagai pengaturan maupun setting pada instrument HPLC biasanya dikendalikan oleh pengguna melewati software atau antar muka gui. Output dari hasil pemeriksaan yang ditangkap oleh detector akan ditampilkan dalam bentuk grafik di komputer.

Gimana, sudah terjawab kan pertanyaan Bagaimana cara kerja HPLC? berdasarkan prinsip kerja HPLC.

Secara garis besar begitulah prinsip kerja hplc dengan masing-masing modulenya. Walaupun belum ahli, semoga bisa memberikan gambaran kepada anda bagaimana prinsip kerja HPLC.

 

Jenis Jenis HPLC – High Performance Liquid Chromatography

jenis-hplc-konfiguras-yang-tepat-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium

Oke, sekarang kita lanjut ke jenis jenis HPLC  ya. Menurut penulis pengelompokan HPLC berdasarkan jenisnya agak sulit dilakukan. Tidak seperti mikroskop yang memiliki berbagai jenis, seperti :

  1. Monokuler
  2. Binokuler, dan
  3. Trinokuler

Atau seperti water bath yang memiliki 2 jenis, seperti :

  1. Analog, dan
  2. Digital

Pengelompokan HPLC sulit dilakukan, karena memang berupa alat laboratorium spesifik(spesific laboratory instrument). Beberapa alat laboratorium spesifik lainnya seperti PSA(Particle Size Analyzer) atau GC(Gas Chromatorgraphy) juga sulit dilakukan pengelompokan berdasarkan jenis. Hal yang memungkinkan dijadikan acuan terhadap jenis HPLC adalah konfigurasinya. Alat HPLC sendiri merupakan alat yang terdiri dari beberapa modul yang saling berhubungan, seperti :

  • Solvent Organizer
  • High Pressure Pump
  • Auto Sample
  • Column Oven
  • Detektor UV-Vis

Dari beberapa modul diatas, alat HPLC bisa di konfigurasi sesuai dengan kebutuhan. Beberapa konfigurasi alat tersebut biasanya seperti :

  • Isocratic System With Manual Injector
  • Quaternary Sistem With Autosampler
  • Binary Sistem With Autosampler

Berikut ini adalah gambaran ketiga jenis konfigurasi HPLC di atas :

HPLC-High-Performance-Liquid-Chromatography-untuk-laboratorium

Semoga dengan gambaran tersebut, para pembaca jadi mengetahui tentang jenis HPLC dalam bentuk konfigurasinya. Step selanjutnya, kita akan mengenal bagian bagian HPLC.

 

Bagian Bagian HPLC  – High Performance Liquid Chromatography

Mengacu pada point pembahasan sebelumnya, mengenai modul-modul yang terdapat pada alat HPLC. Berikut ini adalah letak modul-modul pada alat HPLC. Silahkan lihat gambar di bawah ini :

bagian-bagian-pada-hplc

Yuk, kita coba ulas satu per satu.

Solvent Organizer HPLC

Fungsi solvent organizer pada HPLC umumnya digunakan untuk menghilangkan pengaruh gelembung(gas) atau mengurangi fluktuasi tekanan yang menyebabkan base line conditioning tidak bisa tercapai. Solvent organizer pada konfigurasi HPLC haruslah selalu ada, sama seperti Pump, Column Oven dan UV Vis Detector. Namun jika Auto Sampler masih bisa digantikan dengan manual sample injector pada konfigurasi isocratic manual.

Solvent organizer pada HPLC umumnya hanya memiliki satu channel degasser, namun pada tipe-tipe tertentu memungkinkan menggunakan 2 channel degasser untuk meminimalisasi noise pada base line. Berikut adalah gambar solvent organizer dan ilustrasi base line yang mungkin anda perlukan ketika sedang berhubungan dengan alat HPLC.

solvent-organizer-hplc

contoh-baseline-hplc

High Pressure Pump HPLC

Pompa HPLC atau HPLC Pump merupakan komponen yang penting dari instrument yang satu ini. Pada umumnya beberapa pompa memiliki tekanan yang berkisar pada 6000psi, namun ada beberapa jenis pompa yang mampu memiliki tekanan hingga 9000psi. Hal ini tentu saja bisa merubah sesuai kebutuhan, pompa dengan tipe tekanan 9000 psi biasa digunakan pada UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography).

Pemilihan pompa yang sesuai bisa saja memberikan dampak yang besar dari setiap aplikasi, bukan hanya waktu yang lebih singkat tapi juga penggunaaan solvent berkurang dengan signifikan. Berikut adalah beberapa gambar tentang pompa, pengaruh pompa HPLC terhadap waktu dan efisiensi.

pompa-hplc

gambar-hplc-biasa-dan-fast-hplc

pompa-hplc-yang-stabil-hasilnya

Auto Sampler HPLC

Fungsi Auto Sampler pada HPLC sangatlah penting, terlebih jika anda memiliki banyak sample yang akan dianalisa. Presisi injeksi yang tinggi diperlukan dalam proses auto sampler, perubahan linearity yang luas diperlukan dari berbagai algoritma yang sudah ditanamkan pada software auto sampler.

Selain fitur auto sampler, sebetulnya HPLC memungkinkan menggunakan manual sampler juga. Pada tipe konfigurasi isocratic manual hal ini masih sering dilakukan, namun tetap saja dengan tipe auto sampler bisa mengurangi akumulasi sample yang terlalu banyak dan menghindari kontaminasi dari luar. Berikut adalah gambar dari auto sampler dan beberapa grafik tentang pengukuran auto sampler.

hplc-auto-sampler-image hplc-auto-sampler-pengukuranhplc-auto-sampler-hasil-ukur-banyak-sample

Column Oven HPLC

Column Oven pada HPLC berfungsi untuk menjaga suhu atau temperature pada range tertentu, hal ini dilakukan karena pengukuran nilai pada mobile phase bisa berubah pada suhu yang berbeda. Artinya, jika sample diberikan perlakuan yang sama pada suhu yang sama akan meningkatkan ke-akuratan proses pengambilan data.

Pada HPLC juga anda akan berhubungan dengan phase, orang sering juga menyebutnya fase, fase dalam HPLC ada dua jenis, yakni:

  • Normal
  • Terbalik

Pada fase normal yang menjadi fase diam adalah kolom yang bersifat polar, sedangkan fase geraknya non polar. Sedangkan pada fase terbalik, fase diamnya bersifat non polar dan fase geraknya polar. Polar pada umumnya memiliki sifat larut dalam air atau rantai karbon pendek seperti metanol, sedangkan non polar tidak larut dalam air atau rantai karbon panjang seperti C18.

Berikut adalah gambar Column Oven HPLC  dan mekanisme pemanasan sebelum masuk Column.

column-hplc column-oven-hplc

Detector UV-Vis HPLC

UV-Vis ternyata tidak hanya ada pada spektrofotometer, namun ada juga pada HPLC. Berikut adalah gambaran dari UV-Vis Detector pada HPLC, mekanisme pengukuran dan hasil pengukuran dalam bentuk grafik.

hplc-uv-vis-detector high-performance-liquid-chromatography-detector hplc-uv-vis-detector-pengukuran

Setelah mengetahui komponen atau module pada HPLC, kira-kira pengujian apa yang akan anda lakukan dengan menggunakan alat HPLC?

Cara Menggunakan HPLC  – High Performance Liquid Chromatography

cara-menggunakan-hplc-andaru-persadas-mandiri-distributor-alat-laboratorium

Oke, pada point ini penulis akan sedikit mengulas tentang cara menggunakan HPLC. Langkah-langkah yang penulis buat mungkin saja sedikit berbeda dengan prosedur yang biasa anda lakukan di laboratorium, namun secara global masih sama. Untuk anda yang terbiasa menggunakan instrument yang satu ini, silahkan berikan masukan cara menggunakan HPLC di tempat anda ya.

Oh ya, mungkin saja terdapat perbedaan saat mengoperasikan alat labotarotium yang satu ini. Hal itu biasa, karena di pasaran negara Indonesia saat ini terdapat beberapa brand HPLC, seperti :

  • Shimadzu
  • Rigol
  • Waters
  • Agilent, dan lainnya.

Persiapan Awal Sebelum Menggunakan HPLC

Berikut ini tahapan awal yang perlu dilakukan, sebelum menggunakan HPLC :

  1. Lakukan persiapan sample yang yang akan dianalisa dengan menggunakan instrument ini, pastikan jumlahnya sesuai dan anda mengerti metode apa yang perlu digunakan.
  2. Lakukan pengecekan kabel ke sumber daya(listrik). Pastikan setiap kabel sudah terhubung, baik komputer ke listrik, instrumen ke listrik atau komputer ke instrumen.
  3. Jika dirasa tegangan listrik di wilayah anda tidak stabil, disarankan menggunakan stabilizer untuk memastikan sumber daya stabil.
  4. Nyalakan komputer dan setiap modul pada alat HPLC. Perhatikan sejenak setiap modul dan komputer, apakah menyala dengan baik. Jika terdapat modul yang tidak menyala atau komputer tidak menyala, lakukan pengecekan kabel yang terhubung ke sumber daya.
  5. Saat anda merasa sudah menyalakan instrument sesuai prosedur, namun tidak menyala. Tidak perlu menekan tombol power berulang kali, hubungi saja teknisi laboratorium anda.
  6. Buka atau double click icon software yang HPLC di komputer anda. Lakukan pengecekan sederhana, apakah instrument dan komputer sudah saling terhubung dan bisa berkomunikasi. Pada beberapa kasus, jika instrument sudah terhubung dengan komputer ditandai dengan bunyi beep pada instrument.

Pengoperasian HPLC Dengan Sample

Perlu diketahui di awal, penggunaan HPLC dengan konfigurasi manual injector dan auto sampler memiliki sedikit perbedaan, namun masih dalam alur yang sama. Berikut ini adalah tahapan cara mengguna HPLC secara global :

  1. Perhatikan pipa atau selang outlet sudah terletak pada penampung yang benar. karena ini penting untuk menampung limbah proses analisa.
  2. Fokus ke software yang ada di komputer. Sebelum dan setelah menggunakan alat laboratorium ini, anda diharapkan melakukan flush atau purge atau dikenal dengan istilah pencucian kolom. Hal ini dilakukan agak kondisi kolom selalu dalam keadaan bersih dan tidak tersumbat. Pastikan membuka katup tekanan sebelum melakukan pembersihan kolom.
  3. Perhatikan dan pastikan larutan yang digunakan untuk fase gerak tersedia dalam jumlah yang cukup. Beberapa jenis larutan yang digunakan diantaranya adalah : Asetonitril, Metanol atau Aquabidest.
  4. Lakukan setting method pada software HPLC. Pada tahap ini anda diminta untuk melakukan setting detail mengenai aplikasi, komposisi dan waktu injeksi. Jika sebelumnya anda sudah memiliki method, tidak perlu membuat baru, gunakan saja yang sudah ada.
  5. Operasikan instrument untuk mendapatkan base line yang stabil. Jika belum mendapatkan base line yang stabil, perhatikan langkah-langkah sebelumnya. Jika diantara anda ada yang masih pemula, mintalah seseorang yang lebih ahli untuk membantu dalam hal ini.
  6. Pastikan tidak terdapat gelembung pada cairan fase gerak. Salah satu hal yang membuat base line menjadi tidak stabil adalah adanya gelembung. Beberapa jenis HPLC biasanya dilengkapi dengan degasser.
  7. Setelah base line didapat, anda bisa mulai memasukan sample. Dengan cara injeksi manual atau auto sampler, itu tergantung konfigurasi dari alat anda. Kelebihan menggunakan auto sampler tentunya lebih otomatis dan presisi.
  8. Detektor akan menangkap data dari sample dan menampilkannya di software. Pada beberapa kasus mungkin saja anda menemukan puncak ganda, dan belum langsung menemukan puncak tunggal pada chromatogram. Lakukan optimasi jika diperlukan.
  9. Save atau print hasil pengukuran.

Tahapan Setelah Penggunaan HPLC

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah menggunakan alat laboratoriu ini adalah :

  1. Keluarkan vial dari auto sampler
  2. Lakukan flush atau membersihkan kolom.
  3. Mematikan instrument sesuai dengan alur yang ditetapkan. Jika perlu melakukan disconnecting instrument, lakukan itu terlebih dahulu sebelum menonaktifkan switch power.
  4. Matikan komputer dan cabut sumber daya, jika tidak digunakan dalam waktu lama.
  5. Tutup HPLC dengan cover atau case lainnya untuk mencegah debu dan kotoran menempel.

Oh ya,.. pada beberapa kasus sering ada yang bertanya : bagaimana cara membersihkan HPLC? tentu setelah membaca cara menggunakan HPLC ini, anda jadi mengetahui cara membersihkan HPLC yang benar. Sebelum dan setelah menggunakan melakukan flush kolom oven.

Demikian pembahasan tentang cara menggunakan HPLC. Semoga bisa memberikan gambaran bagi anda yang belum pernah menggunakan alat laboratorium ini. Pastikan membaca buku panduan atau manual book jika anda ingin mengetahui lebih detail masing-masing instrument.

Spesifikasi HPLC – High Performance Liquid Chromatography

Berikut adalah contoh spesifikasi HPLC yang mungkin anda butuhkan ketika memilih produk yang tepat untuk pengujian sample.

jual-hplc-high-performance-liquid-chromatography

Overview & Feature HPLC

RIGOL L-3000 HPLC Systems were designed in accordance with UHPLC standard, with an outstanding operating pressure limit 9,000 psi, that’s the highest pressure range compare to similar HPLC system.

RIGOL LC systems own independent intellectual property rights, all of the key units/modules are of autonomous design and manufacturing.It can be widely used in the fields of pharmaceutical, biochemical, environmental, food safety, petrochemical engineering, agriculturaland etc.

Flexible and Easy to use
Modular design, with excellent flexibility. Multi-channel liquid system, easy to switch the mobile phase

High Automated
Automatic analysis, reporting, system flushing and shutdown, make the work efficiency greatly improved

Excellent Gradient Performance
Due to the innovative gradient system design, excellent gradient response can be achieved in any cases

Lower Delay Volume
Lower system delay volume, faster and more accurate response to gradient changes

Patented Technologies
Strong R & D team and industry-leading technical strength, all products are self-developed, with a number of patented technologies

Multiple Detectors
Withthe control of RIGOLChromatographyDataSystems, L-3000LCSystem can be fitted with a variety of detectorsor combination

With Excellent High Quality Help Your Analysis Comprehensively

  • Up to 8000PSI operational pressure. Higer working pressure extends the dynamic range in the application of chromatographic analysis, and improves the durability and reliability of the entire system.
  • Up to 2.5 AU linear range of the detector, allows accurate analysis for widely varying sample concentrations, either with high concentrated substance(s) or trace component(s).
  • Up to100Hz data sampling rate,allows sharper peak(s) detection and enables ultra fast analysis.
  • As low as 5×10-9 g/mL detection limit, creating higher sensitivity with lower noise floor.
  • Proprietary automatic solvent-compressibility compensation and pulsation dampening technologies enable excellent analysis reproducibility.
  • Patented propulsion technology and ultrafine NC processing provide excellent system durability.
  • User-friendly HPLC workstation, complies with the FDA 21 CFR Part 11, GLP, GMP regulations.

Spesifikasi Detail Instrument HPLC

Flow Rate Range 0.001mL/ min – 10.000mL/ min
Flow Rate Accuracy ±0.5% (@1mL/ min, water)
Max Pressure up to 9,000 psi
Volume of Sample Loop 100μL (optional for 10, 20 and 100)
Column Oven Temperature Accuracy ±1 °C

Bagi anda yang memerlukan diskusi terkait kebutuhan HPLC Shimadzu, RigolWaters ataupun Agilent, silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679. Link produk : disini

Harga HPLC – High Performance Liquid Chromatography

Berapa kisaran harga HPLC tahun 2020 ini?

Tentu hal ini menjadi penting, terlebih jika anda ingin melakukan pembelian instrument yang satu ini. Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga hplc, diantaranya :

  • Fitur
  • Spesifikasi
  • Brand atau merk
  • Layanan purna jual

Pada tahun 2020 ini kisaran harga hplc berkisar antara : 300 juta hingga 500 jutaan. Karena alat ini merupakan salah satu specific laboratory instrument, jadi pastikan anda memahami konfigurasi yang paling sesuai dengan kebutuhkan anda. Namun jika saat ini anda sedang sangat membutuhkan alat HPLC dengan harga yang kompetitif, terdapat promo 10 unit instrument yang bisa anda pesan dengan menghubungi whatsapp 087777277740 dan dapatkan potongan harga dengan menyebutkan kode promo : subsidi-promo-hplc.

Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium lainnya, silahkan klik link berikut : jual alat laboratorium

Istilah Dalam HPLC – High Performance Liquid Chromatography

Beberapa istilah yang mungkin saja berhubungan ketika anda searching atau mempelajari HPLC, diantaranya:

  1. High Performance Liquid Chromatography
  2. KCKT
  3. RP HPLC
  4. HPLC pdf bahasa Indonesia

#1. High Performance Liquid Chromatography

Apa itu High Performance Liquid Chromatography? 

Jawab : merupakan kepanjangan dari HPLC. Instrument ini menggunakan salah satu teknik dari chromatography, atau dalam bahasa Indonesia adalah kromatografi. Kromatografi sendiri merupakan sebuah teknik atau metode pemisahan dan pengukuran molekul berdasarkan pola pergerakan antara fase gerak(mobile phase) dan fase diam(stationary phase). Beberapa instrument laboratorium yang sama-sama menggunakan metode chromatography selain hplc adalah:

  • GC (Gas Chromatography)
  • LC (Liquid Chromatography)
  • FTIR(Fourier Transform Infrared Spectroscopy)

Untuk lebih memahami tentang hal ini, silahkan baca kembali point pengertian HPLC.

#2. KCKT

Apa itu KCKT?

Jawab : Merupakan singkatan dari Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. Versi bahasa indonesia dari  High Performance Liquid Chromatography.

#3. RP HPLC

Apa itu RP HPLC?

Jawab : RP HPLC adalah Reverse Phase HPLC, atau sering juga disebut sebagai fase terbalik. Pada instrument ini terdapat 2 jenis fase, yakni fase normal dan fase terbalik. Pada fase terbalik, fase diamnya adalah non polar dan fase geraknya adalah polar. Untuk lebih mengetahui informasi tentang hal ini, silahkan baca kembali tentang pengertian HPLC.

#4. HPLC pdf bahasa Indonesia

Dimana bisa mencari artikel HPLC pdf bahasa Indonesia?

Jawab : Beberapa pengguna biasanya mencari artikel tentan HPLC pdf bahasa Indonesia, beberapa diantaranya mencari untuk bahan informasi atau pengetahuan seputar alat laboratorium. Banyak mahasiswa mencari file hplc HPLC atau bahkah ebook HPLC untuk dipelajari kembali. Pada dokumen tersebut biasanya tedapat berbagai pembahasan tentang instrumen yang satu ini, seperti :

  • Kelebihan dan kekurangan hplc pdf
  • Bagan hplc
  • Bagian-bagian pada hplc
  • Skripsi HPLC

Semoga dengan membaca artikel tentang HPLC ini, para pembaca menemukan informasi yang tepat tentang instrument tersebut.

Gambar HPLC

Berikut adalah beberapa gambar alat hplc yang mungkin saja anda perlukan untuk menyesuaikan dengan desain furniture laboratorium anda:

hplc-shimadzu

hplc-indonesia

hplc-waters-indonesia

hplc-agilent-indonesia

hplc-waters

hplc-spectrum

hplc-detector-refractive

hplc-agilent

Untuk anda yang membutuhkan HPLC untuk laboratorium, silahkan menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium contact kami di WhatsApp 087777277740 atau Telepon : (0251) 7504679 untuk mendapat konsultasi gratis dan penawaran dengan harga terbaik. Link Produk : disini

Demikian pembahasana tentang alat HPLC, yang berisi tentang : pengertian hplc, fungsi hplc, demo unit hplc, prinsip kerja hplc, jenis jenis hplc, bagian bagian hplc, cara menggunakan hplc, spesifikasi hplc, harga hplc, istilah dalam hplc,dan gambar hplc. Semoga bisa membantu anda, sekian dan tentu saja Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat