HPLC – Pengertian, Fungsi, Jenis, Bagian dan Cara Menggunakan

HPLC – Halo labs, gimana kabar anda hari ini? Saya doakan anda dalam kondisi sehat selalu ya, analisa sample berjalan lancar, instrument dan alat laboratorium juga dalam kondisi baik semua. Pada artikel kali ini PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium akan membahas tentang HPLC. Supaya pembahasan artikel ini lebih mudah dipahami oleh orang awam, kita akan mulai pembahasannya dari  pengertian hplc, fungsi hplc, jenis-jenis hplc, bagian-bagian pada hplc, prinsip kerja hplcspesifikasi hplc yang idealkisaran harga hplc, istilah yang berhubungan dengan hplc dan gambar hplc.

Untuk anda yang membutuhkan HPLC untuk laboratorium, silahkan menghubungi contact kami di WhatsApp 087777277740 atau Telepon : (0251) 7504679 untuk mendapat konsultasi gratis dan penawaran dengan harga terbaik. Link Produk : High Performance Liquid Chromatography(HPLC) L-3000

 

hplc-pengertian-fungsi-bagian-cara-menggunakan-harga-2

Pengertian HPLC

HPLC adalah kepanjangan dari High Performance Liquid Chromatography. HPLC merupan sebuah instrument laboratorium atau bisa juga disebut specific laboratory equipment yang biasa digunakan untuk menganalisa sample berupa liquid(cair) atau juga padatan yang melalui proses preparasi terlebih dahulu. Beberapa pengertian hplc yang mungkin anda perlukan untuk memahami tentang alat hplc adalah:

Pengertian HPLC Menurut Blog Indonesia Kimia

HPLC adalah salah satu teknik kromatografi untuk zat cair yang biasanya disertai dengan tekanan tinggi. HPLC digunakan untuk memisahkan molekul berdasarkan perbedaan afinitasnya terhadap zat padat tertentu.

Pengertian HPLC Menurut Yusuf Himawan

HPLC adalah bentuk kromatografi kolom yang memompa campuran sampel atau analit dalam suatu pelarut(dikenal sebagai fase gerak) pada tekanan tinggi melalui kolom kromatografi dengan bahan kemasan(fase diam).

Pengertian HPLC Menurut Wikipedia

HPLC is a technique in analytical chemistry used to separate, identify, and quantify each component in a mixture. It relies on pumps to pass a pressurized liquid solvent containing the sample mixture through a column filled with a solid adsorbent material.

Pengertian HPLC Menurut Sphinx

HPLC adalah metode yang tidak destruktif dan dapat digunakan baik untuk analisis kualitatif dan kuantitatif. HPLC pelarutnya menetes melalui kolom dibawa pengaruh gravitasi, terdapat pompa yang dapat memberikan tekanan tinggi sampai dengan 400 atm.

Dari beberapa pengertian tentang hplc diatas tentu anda sudah memiliki gambaran tentang apa itu hplc. Dalam beberapa kasus, hplc juga sering disebut dengan istilah KCKT(Kromatografi Cair Kinerja Tinggi). Setelah anda memahami pengertian tentang hplc, hal lainnya yang perlu anda ketahui adalah fase normal, fase terbalik, fase diam, fase bergerak, polar dan non polar.

Fungsi HPLC

Fungsi hplc pada dasarnya digunakan untuk mengukur kadar suatu zat pada suatu material. Sederhananya seperti ini, ada sebuah obat bernama Decolg*n, sudah tahu kan? Pada obat tersebut tertulis komposisi:

  1. Paracetamol 400mg
  2. Phenylpropanolamine HCL 12,5mg
  3. Chlorphenamine Maleate 1mg

Nah, fungsi dari alat hplc ini adalah digunakan untuk menganalisa apakah betul kandungan dari masing-masing zat sesuai dengan komposisi yang tertulis. Jadi, jika ada yang bertanya apa fungsi hplc? Maka jawaban secara sederhana, hplc digunakan untuk menganalisa kadar suatu zat.

Jenis-Jenis HPLC

Proses pemisahan molekul dengan menggunakan alat hplc pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yakni fase normal dan fase gerak. Pada fase normal yang menjadi fase diamnya adalah polar dan fase geraknya adalah non polar. Sedankan pada fase terbalik, fase diamnya adalah non polar dan fase geraknya adalah polar. Berdasarkan hal ini kromatografi terbagi menjadi beberapa jenis yakni:

  • Adsorbsi
  • Fase Terikat
  • Penukar Ion
  • Pasangan Ion
  • Eksklusi Ukuran
  • Afinitas

Alat hplc sendiri merupakan alat yang bisa di konfigurasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut adalah beberapa jenis konfigurasi dari alat hplc:

  • Isocratic System With Manual Injector
  • Quaternary Sistem With Autosample
  • Binary Sistem With Autosample

HPLC-High-Performance-Liquid-Chromatography-untuk-laboratorium

Bagian-Bagian Pada HPLC

Nah, jika pada point sebelumnya anda masih kebingungan dengan konfigurasi alat hplc. Maka pada bagian ini penulis akan memberikan informasi tentang bagian-bagian pada hplc. Apa saja bagiannya, silahkan lihat pada gambar berikut:

bagian-bagian-pada-hplc

Dari gambar di atas tentu kita bisa menyimpulkan, idealnya dalam sebuah instrument hplc terdapat beberapa bagian penyusun, yakni:

  1. Solvent Organizer
  2. High Pressure Pump
  3. Auto Sampler
  4. Column Oven
  5. UV-Vis Detector

Adapun mungkin saja ada bagian-bagian lainnya yang memang bisa dikonfigurasikan untuk kebutuhan yang lebih spesifik.

Solvent Organizer HPLC

Fungsi solvent organizer pada hplc umumnya digunakan untuk menghilangkan pengaruh gelembung(gas) atau mengurangi fluktuasi tekanan yang menyebabkan base line conditioning tidak bisa tercapai. Solvent organizer pada konfigurasi hplc haruslah selalu ada, sama seperti Pump, Column Oven dan UV Vis Detector. Namun jika Auto Sampler masih bisa digantikan dengan manual sample injector pada konfigurasi isocratic manual.

Solvent organizer pada hplc umumnya hanya memiliki satu channel degasser, namun pada tipe-tipe tertentu memungkinkan menggunakan 2 channel degasser untuk meminimalisasi noise pada base line. Berikut adalah gambar solvent organizer dan ilustrasi base line yang mungkin anda perlukan ketika sedang berhubungan dengan alat hplc.

solvent-organizer-hplc

contoh-baseline-hplc

High Pressure Pump HPLC

Pompa HPLC atau HPLC Pump merupakan komponen yang penting dari instrument hplc anda. Pada umumnya beberapa hplc memiliki tekanan yang berkisar pada 6000psi, namun ada beberapa hplc yang mampu memiliki tekanan hingga 9000psi, hal ini tentu saja bisa merubah tipe hplc dari tipe Normal menjadi hplc dengan tipe UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography).

Pemilihan pompa hplc yang sesuai bisa saja memberikan dampak yang besar dari setiap aplikasi, bukan hanya waktu yang lebih singkat tapi juga penggunaaan solvent berkurang dengan signifikan. Berikut adalah beberapa gambar tentang pompa hplc, pengaruh pompa hplc terhadap waktu dan efisiensi.

pompa-hplc

gambar-hplc-biasa-dan-fast-hplc

pompa-hplc-yang-stabil-hasilnya

Auto Sampler HPLC

Fungsi Auto Sampler pada hplc sangatlah penting, terlebih jika anda memiliki banyak sample yang akan dianalisa. Presisi injeksi yang tinggi diperlukan dalam proses auto sampler, perubahan linearity yang luas diperlukan dari berbagai algoritma yang sudah ditanamkan pada software auto sampler.

Selain fitur auto sampler, sebetulnya hplc memungkinkan menggunakan manual sampler juga. Pada tipe konfigurasi isocratic manual hal ini masih sering dilakukan, namun tetap saja hplc dengan tipe auto sampler bisa mengurangi akumulasi sample yang terlalu banyak dan menghindari kontaminasi dari luar. Berikut adalah gambar dari auto sampler hplc dan beberapa grafik tentang pengukuran auto sampler.

hplc-auto-sampler-image hplc-auto-sampler-pengukuranhplc-auto-sampler-hasil-ukur-banyak-sample

Column Oven HPLC

Column Oven pada hplc berfungsi untuk menjaga suhu atau temperature pada range tertentu, hal ini dilakukan karena pengukuran nilai pada mobile phase bisa berubah pada suhu yang berbeda. Artinya, jika sample diberikan perlakuan yang sama pada suhu yang sama akan meningkatkan ke-akuratan proses pengambilan data.

Pada hplc juga anda akan berhubungan dengan phase, orang sering juga menyebutnya fase, fase dalam hplc ada dua jenis, yakni:

  • Fase Normal
  • Fase Terbalik

Pada fase normal yang menjadi fase diam adalah kolom yang bersifat polar, sedangkan fase geraknya non polar. Sedangkan pada fase terbalik, fase diamnya bersifat non polar dan fase geraknya polar. Polar pada umumnya memiliki sifat larut dalam air atau rantai karbon pendek seperti metanol, sedangkan non polar tidak larut dalam air atau rantai karbon panjang seperti C18.

Berikut adalah gambar Column Oven hplc dan mekanisme pemanasan sebelum masuk Column hplc.

column-hplc column-oven-hplc

UV-Vis Detector HPLC

UV-Vis ternyata tidak hanya ada pada spektrofotometer, namun ada juga pada hplc. Berikut adalah gambaran dari UV-Vis Detector pada hplc, mekanisme pengukuran dan hasil pengukuran dalam bentuk grafik.

hplc-uv-vis-detector high-performance-liquid-chromatography-detector hplc-uv-vis-detector-pengukuran

Setelah mengetahui komponen atau module pada hplc, kira-kira apa aplikasi yang biasa menggunakan alat hplc dan apa kegunaan hplc sebenarnya?

Prinsip Kerja HPLC

Bagaimana dengan prinsip kerja hplc? Pada dasarnya hplc bekerja mengacu pada metode fase gerak(mobile phase) dan fase diam(stationery phase), namun secara detailnya tentu ada banyak hal yang dilakukan pengukuran. Berikut adalah gambaran sketsa kasar tentang alat hplc.

prinsip-hplc

Oke, dari gambar di atas tentu anda bisa melihat sendiri bagian-bagian pada hplc. Terdapat solvent organizer, pompa, auto sampler, column dan UV-Vis detector.

Zat pelarut atau yang dikenal dengan istilah solvent akan disimpan pada solvent organizer dan terhubung dengan inlet maupun outlet dari modul lainnya, begitu pula dengan solute yang terhubung dengan auto sampler.

Module pompa akan memberikan tekanan yang cukup(berkisar antara 600-900psi) untuk mendistribusikan solvent maupun solute dengan tekanan yang tinggi ke module-module lainnya. Selama proses recording base line solute belum dimasukan kedalam solvent, namun ketika base line dirasa sudah stabil maka auto sampler mulai menjalankan algoritma injeksi sample.

Column oven akan mengkondisikan suhu supaya temperatur solvent maupun solute berada pada range yang sesuai. Di lain module, detector UV-Vis melakukan recording ketika base line maupun ketika solute sudah injeksikan. Berbagai pengaturan maupun setting pada instrument hplc biasanya dikendalikan oleh pengguna melewati software atau antar muka gui. Output dari hasil pemeriksaan yang ditangkap oleh detector akan ditampilkan dalam bentuk grafik di komputer.

Secara garis besar begitulah prinsip kerja instrument hplc dengan masing-masing modulenya. Walaupun belum ahli, semoga bisa memberikan gambaran kepada anda bagaimana hplc bekerja.

Spesifikasi HPLC Yang Ideal

Berikut adalah contoh spesifikasi hplc yang mungkin anda butuhkan ketika memilih hplc untuk pengujian sample. Link Produk : High Performance Liquid Chromatography(HPLC) L-3000

Flow Rate Range 0.001mL/ min – 10.000mL/ min
Flow Rate Accuracy ±0.5% (@1mL/ min, water)
Max Pressure up to 9,000 psi
Volume of Sample Loop 100μL (optional for 10, 20 and 100)
Column Oven Temperature Accuracy ±1 °C

Sebelum melakukan pembelian hplc tentu anda sebagai pembeli harus mengetahui masing-masing keunggulan dan kekurangan dari alat tersebut. Beberapa brand alat hplc yang tersedia di Indonesia diantaranya: Shimadzu, RigolWaters, Agilent

Harga HPLC

Berapa kisaran harga hplc? Tentu perlu anda ketahui juga kan, apalagi jika anda ingin melakukan pembelian alat hplc yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada tahun 2019 ini kisaran harga hplc berkisar antara : 500 jutaan hingga 900 jutaan. Jadi, pastikan anda memahami konfigurasi hplc yang anda butuhkan sebelum melakukan pembelian. Namun jika saat ini anda sedang sangat membutuhkan alat hplc dengan harga yang murah, terdapat promo 10 unit hplc yang bisa anda pesan pada link berikut : jual alat laboratorium

Istilah yang Berhubungan dengan HPLC

Beberapa istilah yang mungkin saja berhubungan ketika anda searching atau mempelajari hplc, sebagai berikut:

  • High Performance Liquid Chromatography
  • KCKT (Kromatografi Cair Kinerja Tinggi)
  • Reverse Phase Chromatography
  • Jurnal HPLC

High Performance Liquid Chromatography

High Performance Liquid Chromatography merupakan kepanjangan dari HPLC. HPLC sendiri merupakan salah satu Teknik dari chromatography, atau dalam bahasa Indonesia adalah kromatografi.

Lalu apa itu kromatografi? Kromatografi sebuah teknik atau metode pemisahan dan pengukuran molekul berdasarkan pola pergerakan antara fase gerak(mobile phase) dan fase diam(stationary phase). Beberapa instrument laboratorium yang sama-sama menggunakan metode chromatography selain hplc adalah:

  • GC (Gas Chromatography)
  • LC (Liquid Chromatography)
  • FTIR(Fourier Transform Infrared Spectroscopy)

KCKT (Kromatografi Cair Kinerja Tinggi)

KCKT (Kromatografi Cair Kinerja Tinggi) merupakan hasil istilah hplc dalam bahasan Indonesia. Pengertian, fungsi dan komponennya sama saja seperti penjelasan pada point sebelumnya.

Reverse Phase Chromatography

Reverse Phase Chromatography merupakan salah satu metode kromatografi juga yang lebih berfokus pada ekstraksi dan pemisahan senyawa yang tidak mudah menguap.

Jurnal HPLC

Jurnal HPLC merupakan referensi bacaa, atau artikel atau informasi lainnya yang ditulis oleh ahli dan telah dipertanggungjawakan kebenarannya.

Gambar HPLC

Berikut adalah beberapa gambar alat hplc yang mungkin saja anda perlukan untuk menyesuaikan dengan desain furniture laboratorium anda:

hplc-shimadzu

hplc-indonesia

hplc-waters-indonesia

hplc-agilent-indonesia

hplc-waters

hplc-spectrum

hplc-detector-refractive

hplc-agilent

Demikian pembahasan hplc yang berisi pengertian hplc, fungsi hplc, jenis-jenis hplc, bagian-bagian pada hplc, prinsip kerja hplcspesifikasi hplc yang idealkisaran harga hplc, istilah yang berhubungan dengan hplc dan gambar hplc.

Untuk anda yang membutuhkan hplc untuk laboratorium, silahkan menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium contact kami di WhatsApp 087777277740 atau Telepon : (0251) 7504679 untuk mendapat konsultasi gratis dan penawaran dengan harga terbaik. Link Produk : High Performance Liquid Chromatography(HPLC) L-3000

Sekian dan tentu saja Terima Kasih.

HPLC – Pengertian, Fungsi, Jenis, Bagian dan Cara Menggunakan
5 (100%) 7 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat