Pengertian Mikropipet, Fungsi, Jenis dan Bagian mikropipet

Mikropipet adalah suatu alat yang digunakan untuk mengambil dan/atau memindahkan cairan dalam jumlah kecil secara akurat. Supaya pembahasan artikel ini lebih mudah dipahami oleh orang awam, kita akan mulai pembahasannya dari pengertian mikropipet, fungsi mikropipet, prinsip kerja mikropipet, penggunaan mikropipet di berbagai bidang, jenis mikropipet, bagian mikropipet, cara menggunakan mikropipet, cara merawat mikropipet, harga mikropipet dan tempat membeli alat mikropipet. 

PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang memiliki produk mikropipet ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan mikropipet untuk laboratorium, silahkan menghubungi customer service Andaru via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679 untuk diskusi produk dan harga terbaik. Link produk penulis sertakan disini : Pipettors MicroPette Single Channel Fixed

jual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Pengertian-mikropipet-fungsi-jenis-dan-bagian-bagian-pada-mikropipet

Baca juga : Daftar Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

 

Pengertian Mikropipet

Mikropipet atau micropipette merupakan salah satu alat laboratorium yang masuk kedalam kategori alat laboratorium umum, bersama dengan timbangan analitik, mikroskop dan alat lab lainnya. Mikropipet sebetulnya merupakan penggabungan dari dua kata, yakni : mikro dan pipet. Jika di beberapa tahun silam kita mengenal bahwa pipet itu terbuat dari gelas dengan balon karet pada bagian atasnya, lain halnya dengan saat ini.

Mengutip dari labsatu.com tentang “Pengertian mikropipet sendiri adalah suatu alat yang digunakan untuk mengambil dan/atau memindahkan cairan dalam jumlah kecil secara akurat. Sebenarnya mikropipet mempunyai fungsi seperti pipet biasa, yaitu untuk memindahkan cairan atau larutan. Hanya saja beda akurasi antara mikropipet dengan pipet biasa.”

Alat mikropipet ini sebetulnya satu dari sekian banyak alat lab yang digunakan untuk handling produk berbentuk liquid. Beberapa instrument lain yang biasa digunakan untuk handling produk berbentuk cairan adalah :

  • Bottletop Burettes
  • Bottletop Dispensers
  • Pipette Fillers / Controller
  • Repeater Pipettor
  • Tips
  • Serological Pipettes
  • Syringe Tips

Fungsi Mikropipet

Fungsi dari mikropipet ini digunakan untuk memindahkan cairan dalam jumlah yang kecil (mikro) secara akurat. Jika kita sebelumnya pernah pakai pipet ukur gelas, tentu akurasinya kurang presisi. Mikropipet juga sering disebut dengan pipet otomatis. Selain tingkat ke-presisiannya yang tinggi dan volume yang bisa di setting atau di atur, alat yang satu ini juga mudah dan nyaman dalam genggaman. Penggunaan mikropipet sebagai alat bantu di laboratorium tentu sangat penting guna mendukung aplikasi atau expertiment yang sedang di kerjakan.

Prinsip Kerja Mikropipet

Mikropipet bekerja berdasarkan prinsip dengan perpindahan udara yang beroperasi dengan perpindahan udara yang digerakkan oleh piston. Saat piston ditekan ke bawah, udara di dalam selongsong mikropipet akan keluar karena gaya yang menyebabkan cairan yang ada di ujung mikropipet juga dikeluarkan.Ketika piston bergerak ke atas, ruang hampa dibuat di ruang yang dibiarkan kosong oleh piston.

Hal ini menyebabkan udara dari ujung naik untuk mengisi ruang kosong, dan udara ujung kemudian digantikan oleh cairan, yang ditarik ke ujung. Mikropipet perpindahan positif beroperasi dengan perpindahan yang digerakkan oleh piston. Piston dalam mikropipet perpindahan positif bersentuhan langsung dengan cairan. Ketika piston ditekan ke bawah, cairan yang ada di lengan mikropipet juga bergerak ke bawah dan dikeluarkan melalui ujungnya. Ketika piston ditarik ke atas, ia juga menarik cairan bersamanya ke arah atas.

Penggunaan Mikropipet di Berbagai Bidang

Mikropipet biasanya digunakan di laboratorium mikrobiologi, kimia, dan medis untuk memastikan transmisi spesimen yang tepat dan presisi. Mikropipet saluran tunggal digunakan di laboratorium yang melakukan penelitian di bidang mikrobiologi, biologi molekuler kultur sel, biokimia imunologi, kimia analitik, dan genetika, mikropipet multisaluran dapat digunakan sebagai pengganti ELISA (tes diagnostik) studi skrining molekuler kinetika dan DNA amplifikasi.

Bidang terpenting di mana mikropipet dapat digunakan secara luas meliputi:

  • Farmasi
  • Industri makanan & minuman
  • Pemantauan Lingkungan
  • Akademik & Lembaga Penelitian
  • Kit Diagnostik

Jenis Mikropipet

Berbagai jenis mikropipet yang beredar dipasaran tentu memiliki berbagai jenis spesifikasi, merk dan kegunaan.

Di kelompokan berdasarkan jumlah channel pada mikropipet, terbagi menjadi 2 jenis, yakni:

Single Channel Mikropipet

Mikropipet dengan saluran tunggal akan menjadi mikropipet dengan satu saluran yang dapat digunakan untuk mengaspirasi atau mendispersikan cairan (hanya memiliki satu ujung masuk dan keluar).

Multi Channel Mikropipet

Mikropipet multi channel dilengkapi dengan banyak saluran untuk aspirasi atau untuk menyebarkan cairan. Model mikropipet yang paling umum digunakan yang multisaluran termasuk 12 saluran, 8 saluran dan 16 saluran. Mikropipet multisaluran dapat mengurangi kerja mikropipet satu saluran yang menangani sampel dalam jumlah besar.

Di kelompokan berdasarkan teknologi mikropipet yang digunakan, dibagi menjadi 2 yakni :

Mikropipet Manual

Sesuai dengan namanya, jenis mikropipet manual ini merupakan miktopipet yang masih alami penggunaannya. tidak secanggih dengan mikropipet otomatis. Jenis mikropipet manual ini membutuhkan tekanan agar bisa memompa cairan untuk masuk ke dalam pipet.

Mikropipet Otomatis

Jenis mikropipet otomatis merupakan alat yang paling banyak digunakan pada masa sekarang. Karena dilengkapi dengan dengan sistem motor, modul elektronik, dan display otomatis yang akan membuat prosesnya menjadi efektif serta lebih cepat dibandingkan dengan mikropipet otomatis.

Pengelompokkan mikropipet berdasarkan volume  dibagi menjadi 2, yakni :

Fixed volume mikropipet

Dalam mikropipet fixed volume, jumlah cairan yang akan dibuang atau disedot adalah tetap. Mereka digunakan untuk mengeluarkan volume cairan yang sama yang perlu didispersikan beberapa kali.

Variable volume mikropipet

Mikropipet memiliki batas yang ditentukan dan jangkauan volume maksimum. Jumlah cairan yang diaspirasi dan dikeluarkan dapat diubah (dalam kisaran volume) sesuai dengan kebutuhan individu.

Klasifikasi lainnya dari mikropipet adalah fiturnya, dibagi menjadi 2 yakni :

  • Mikropipet tanpa fitur  autoclavable
  • Mikropipet dengan fitur autoclavable

Bagian Pada Mikropipet

Nah, pada point sebelumnya kita sudah bahas mengenai jenis-jenis mikropipet. Sekarang pada point ini kita bahas bagian-bagian pada mikropipet. Apa aja sih bagian-bagian pada mikropipet ?

supaya mudah mengilustrasikannya, kita lihat aja gambar berikut ya.

bagian-bagian-pada-mikropipet

Baca juga : Konsultan Alat Laboratorium

Ini adalah ilustrasi gambar mikropipet dengan fitur Motorized Single Channel Variable Pipettors, pipet jenis ini sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Terdapat parameter knob, function wheel, display dan pipet tipcone. Sebetulnya istilah-istilah tersebut bisa saja berbeda-beda untuk orang yang memberikan istilahnya masing-masing. berikut sebutan lain dan fungsi dari masing-masing bagian :

  • Tombol penekan / button / Plunger button, berfungsi untuk menyedot atau memompa larutan atau cairan dengan cara menekannya.
  • Scale volume / parameter knob / tuas penyetel volume cairan, hanya terdapat di mikropipet dengan tipe variable volume.
  • Tuas fungsi / function wheel, tuas yang digunakan untuk memilih menu pada mikropipet, karena beberapa mikropipet bisa saja memiliki beberapa fungsi seperti (menyedot, memompa, mencampur)
  • Pipet tip / pipet tipcone / tips, merupakan aksesoris tambahan yang sangat penting karena mempengaruhi ke akuratan cairan dalam proses menyedot dan memompa larutan.
  • Display / elektronik display / parameter volume, merupakan bagian yang memberikan gambaran berapa volume yang sedang di set.

Fitur dari mikropipet yang satu ini diantaranya :

  • Pipetting
  • Multi Dispensing
  • Series Dispensing
  • Mixing

Supaya anda lebih jelas bagaimana display dari LCD nya, saya sertakan juga.

tampilan-display-pada-mikropipet-digital

Cara Menggunakan Mikropipet

Cara menggunakan mikropipet yang benar tentu sudah diketahui oleh para laboran, atau anda juga bisa melihatnya di buku panduan penggunaan. Namun secara umum penggunaan mikropipet bisa dijabarkan sebagai berikut :

  1. Atur volume mikropipet dengan memutar/menekan tombol volume navigasi sesuai dengan yang dibutuhkan.
  2. Pasang Tips mikropipet sesuai dengan kebutuhan, proses pemasangan tips yang dianjurkan adalah dengan memutar-mutarnya, bukan mengetuk-ketukannya.
  3. Memegang mikropipet dengan kondisi tangan yang nyaman, beberapa artikel menyebutnya menyerupai simbol tangan like di facebook.
  4. Menyedot masuk dan memompa keluar cairan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan anda melakukannya dengan cara yang benar dan tidak terburu-buru. Beberapa jenis mikropipet memiliki sensitifitas yang berbeda-beda pada setiap buttonnya. Jika anda pernah menggunakan beberapa jenis mikropipet, tentu anda bisa merasakan perbedaan pada setiap jenis mikropipet dan merk mikropipet seperti scilogex, thermo dan fischerbrand.

Cara Merawat Mikropipet

Dalam proses perawatan mikropipet, sepertinya tidak ada yang terlalu khusus pada umumnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mikropipet, diantaranya :

  1. Membersihkan mikropipet setelah menggunakannya, baik menggunakan air atau alkohol.
  2. Sterilkan dengan menggunakan autoclave komponen yang berhubungan dengan bakteri.
  3. Hindari menggunakan mikropipet tanpa tip yang terpasang.
  4. Usahakan untuk menyediakan beberapa tip untuk berbagai jenis sampel yang berbeda, agar tidak saling terkontaminasi.
  5. Pastikan menggunakan mikropipet yang sesuai dengan ukuran volume sample yang akan ditangani, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  6. Pastikan tip sudah terpasang dengan baik sebelum mulai menyedot atau memompa sampel.
  7. Hindari menekan terlalu kencang atau secara tiba-tiba, menghindari ketidak akuratan pengambilan sampel.
  8. Hindari menyimpan mikropipet secara sembarangan, atau bahkan masih terdapat sample di dalamnya.

Kalibrasi Mikropipet

Kalibrasi mikropipet adalah elemen penting dalam setiap prosedur laboratorium untuk menjamin hasil yang akurat dan presisi dari pemipetan. Untuk memastikan bahwa sampel akurat, penting untuk memverifikasi kalibrasi pipet setiap bulan atau setelah beberapa bulan. Melakukan kalibrasi mikropipet yang benar sesuai standar ISO 8655 memerlukan kondisi khusus di sekitar. Hal-hal seperti tekanan udara atau kelembapan, suhu, atau bahkan ketinggian dapat mempengaruhi hasil pemipetan.

Berikut adalah daftar hal-hal yang Anda perlukan untuk menguji kalibrasi mikropipet, yaitu :

  • Mikropipet yang harus dikalibrasi dan tip
  • Aquadest
  • Beaker glass
  • Termometer
  • Semi-Micro Balance memiliki akurasi minimal 0,0001 gram
  • Kalkulator

Harga Mikropipet

Berbicara masalah harga mikropipet, tentunya lebih mahal dari pipet gelas pada umumnya. Trus seberapa mahal sih harga mikropipet saat ini?

Kisaran harga mikropipet saat ini Tahun 2022 berada di harga  1-10 jutaan, tergatung jenis mikropipet, merk, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Nah supaya anda tidak salah pilih produk, pastikan anda memahami sejauh mana spesifikasi mikropipet yang anda butuhkan.

Tempat Membeli Alat Mikropipet

Alat mikropipet ini bisa anda dapatkan di berbagai tempat penjualan alat-alat laboratorium, seperti distributor alat laboratorium resmi salah satunya PT. Andaru Persada Mandiri.

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Demikian pembahasan tentang Mikropipet, yang berisi pengertian mikropipet, fungsi mikropipet, prinsip kerja mikropipet, penggunaan mikropipet di berbagai bidang, jenis mikropipet, bagian mikropipet, cara menggunakan mikropipet, cara merawat mikropipet, harga mikropipet dan tempat membeli alat mikropipet. Jika berkenan silahkan mengisi kolom komentar, sekian dan terima kasih.

2 Comments

    1. Halo bu Adelia, semoga sehat selalu…
      Mengenai ketersediaan produk tersebut pertanggal 20 Mei 2019 hanya tersedia 2 unit.
      Untuk pemesanan dan info lebih lanjut silahkan menghubungi kami di:
      WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679
      Terima kasih, semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat