Metode Elisa Yang Mudah Digunakan Bagi Pengguna Awam

Metode Elisa Yang Mudah Digunakan – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Sebelum masuk ke pembahasan metode elisa, kalian bisa kunjungi artikel mengenai pengertian elisa ini ya. Nah, dari pengertian elisa kita akan berlanjut ke metode yang mudah digunakan. Bagaimana metode elisa tersebut? Yuk simak ulasannya.

metode-elisa-yang-mudah-digunakan-apm
Metode Elisa Yang Mudah Digunakan

Macam-Macam Metode Elisa

Enzym Linked Immunosorbent atau yang biasa disebut Elisa adalah adalah teknik biokimia yang digunakan terutama pada imunologi untuk mendeteksi keberadaan antibodi atau antigen dalam sampel. Elisa ini terbagi menjadi empat, diantaranya ada direct elisa, indirect elisa, sandwich elisa dan competitive elisa. Apa saja perbedaan dari keempat metode tersebut? Mari kita simak.

Direct Elisa

Yang pertama ada direct elisa. Direct elisa atau elisa langsung merupakan jenis teknik elisa yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur konsentrasi antigen pada sampel darah. Antigen yang akan dideteksi akan berikatan langsung dengan antibodi yang telah dilabeli oleh enzim.

Indirect Elisa

Kedua ada indirect elisa. Indirect elisa merupakan jenis elisa yang digunakan untuk mendeteksi antigen atau antibodi. Teknik tersebut memiliki karakteristik yaitu antigen tidak menempel langsung pada antibodi detector

Sandwich Elisa

Ketiga ada sandwich elisa. Sandwich elisa ini juga terbagi menjadi dua lagi, yakni ada sandwich direct (langsung) dan juga sandwich indirect (tidak langsung). Keuntungan sandwich elisa antara lain memiliki spesifitas yang tinggi dan cocok untuk jenis sampel yang berupa campuran/tidak murni karena antigen yang terdapat pada sampel darah yang digunakan tidak perlu dimurnikan, sehingga lebih efektif.

Competitive Elisa

Keempat ada competitive elisa. Competitive elisa dapat digunakan untuk mengukur antibodi dan antigen ini, memiliki prinsip dasar dengan menambahkan suatu kompetiter ke dalam lubang microtiter/well. Teknik ini dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Teknik ini juga memiliki kelebihan, seperti tidak diperlukan pemurnian pada sampel yang mengandung antibodi atau antigen.

Metode Elisa Yang Mudah Digunakan

Dari keempat metode tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, dari keempat tersebut ada metode yang paling mudah digunakan. Yakni direct elisa. Mengapa?

Karena metode tersebut merupakan metode yang dilakukan secara langsung. Direct elisa merupakan metode untuk mendeteksi dan mengukur konsentrasi antigen pada beberapa sampel. Baik sampel darah, serum hingga saliva. Mengapa dikatakan cepat? Karena antigen yang akan dideteksi akan berikatan langsung dengan antibodi yang telah dilabeli oleh enzim. Sehingga, dengan direct elisa, sampel akan lebih cepat dideteksi.

Baca Juga :  Alat Elisa Reader Yang Ideal

Ditulis Oleh : DNA

Nah, sebagai distributor alat laboratoriumPT. Andaru Persada Mandiri memiliki alat yang digunakan untuk pengujian tersebut. Yap, microplate reader. Lalu bagaimana dengan elisa reader? Jika penasaran, silahkan kunjungi artikel elisa reader ini ya. Jika ingin diskusi lebih lanjut  kalian bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Sampai disini dulu artikel mengenai Metode Elisa Yang Mudah Digunakan ini, jika masih penasaran dengan artikel elisa yang lain, silahkan bisa kunjungi link blog andaru ini ya sobat. Sampai jumpa, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat