Bagian Bagian Mikroskop Yang Penting Dan Perlu Anda Ketahui

Mikroskop sebagai alat yang digunakan untuk melihat benda-benda berukuran kecil tentu memiliki bagian-bagian yang penting. Setelah mengetahui sejarah mikroskop dan perkembangannya hingga saat ini, tentu anda perlu mengetahui juga bagian bagian pada mikroskop. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagian bagian mikroskop yang biasanya sering diperbincankan, entah oleh guru, dosen atau bahkan laboran. Yuk kita simak lebih lanjut.

Mikroskop sejak awal ditemukannya merupakan sebuah lensa cembung dengan fungsi seperti kaca pembesar. Seiring dengan perkembangannya, desain mikroskop menjadi sangat baik sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunannya. Apa saja sih bagian pada mikroskop? Pada point ini kita akan membahas bagian-bagian pada mikroskop, supaya lebih mudah silahkan lihat gambar ilustrasi ya.

bagian-bagian-mikroskop-yang-penting-dan-perlu-anda-ketahui

Bagian Bagian Pada Mikroskop

  • Lensa okuler
  • Lensa Objektif
  • Revolver
  • Meja Preparat atau sample
  • Jepit Preparat
  • Kaki Penyangga
  • Diafragma
  • Lengan Mikroskop
  • Skala Preparat atau sample
  • Makrometer vertical
  • Mikrometer vertical
  • Makrometer horizontal
  • Mikrometer horizontal
  • Tuas pengatur kecerahan
  • Switch button

Masing-masing bagian pada mikroskop tentu memiliki fungsinya. Apa saja fungsi bagian pada mikroskop tersebut? Berikut penjelasannya:

Lensa Okuler Mikroskop

Merupakan lensa yang terletak pada bagian atas mikroskop, biasanya lensa okuler merupakan lensa yang paling dekat dengan mata observer(pengamat). Lensa okuler berfungsi untuk membentuk banyangan nyata dari lensa objektif. Jumlah lensa okuler pada mikroskop monokuler berjumlah satu, sehingga hanya bisa dilihat menggunakan sebelah mata. Dan jumlah lensa okuler pada mikroskop binokuler berjumlah dua, sehingga pengamatan dengan dua mata menjadi lebih nyaman.

Lensa Objektif Mikroskop

Merupakan lensa yang terletak dekat dengan objek(sample) yang akan diamati. Lensa objektif ini membentuk bayangan nyata dari suatu objek, letak lensa objektif biasanya terpasang pada revolver dengan jumlah tiga atau empat buah, tergantung jenis mikroskop.

Diafragma Mikroskop

Merupakan salah satu komponen di mikroskop yang terletak pada bagian bawah meja preparat, fungsi dari diafragma ini ialah menentukan jumlah cahaya yang masuk atau difokuskan ke sample.

Meja Preparat Mikroskop

Merupakan bidang kecil pada mikroskop yang digunakan untuk meletakan sample yang akan diamati. Biasaya pada meja preparat terdapat capit tau klip yang digunakan untuk memegang sample agar tidak mudah bergeser.

Kaki Penyangga Mikroskop

Merupakan fitur tambahan pada mikroskop, fitur ini biasanya tidak selalu tersedia pada mikroskop-mikroskop jadul. Fungsi dari kaki penyangga ini ialah untuk penyangga mikroskop jika diletakan pada bidang yang tidak datar. Cara menggunakan fitur ini ialah dengan memutarnya hingga mikroskop mendapatkan posisi yang datar dan stabil.

Lengan Mikroskop

Merupakan salah satu bagian penting dari sebuah mikroskop, fungsi lengan mikroskop ini ialah sebagai rangka atau frame mikroskop itu sendiri. Lengan mikroskop juga memudahkan penggunakan untuk memindahkan mikroskop dari satu tempat ke tempat lain, tanpa harus memegang lensa-lensa secara langsung.

Skala Preparat Mikroskop

Merupakan fitur tambahan pada meja preparat, fungsi ini sebetulnya tidak selalu tersedia pada setiap mikroskop dan bersifat optional. Pada kenyataannya skala preparat ini digunakan untuk memudahkan penempatan sample sebelum diamati.

Tuas Pengatur Pada Mikroskop

Revolver Mikroskop

Merupakan tuas penyangga untuk lensa objektif, secara umum tugas revolver digunakan untuk mempermudah setting nilai pengamatan dari sebuah mikroskop. Pada point sebelumnya telah dijelaskan jika mikroskop umum memiliki perbesaran 4x, 10x, 40x dan 100x.

Makrometer dan Mikrometer Mikroskop

Merupakan tuas putar yang tersedia pada mikroskop, tuas ini biasanya memiliki fitur vertical maupun horizontal. Fungsi dari makrometer dan micrometer ini adalah untuk memfokuskan lensa pada objek yang diamati baik itu secara vertikal maupun secara horizontal. Makrometer bersifat besar, dan mikrometer bersifat kecil.

Tuas Pengatur Kecerahan

Merupakan sebuah potensiometer yang dihubungkan ke bola lampu pada mikroskop, fungsi dari tuas ini ialah untuk mengatur kecerahan cahaya yang dihasilkan untuk mengamati objek. Tuas ini berhubungan dengan diafragma untuk memfokuskan cahaya pada objek yang diamati.

Referensi lain untuk anda membaca artikel tentang bagian bagian mikroskop dapat ditemukan di : academia.edu

Demikian artikel tentang bagian bagian mikroskop, untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengertian mikroskop, sejarah mikroskop, fungsi mikroskop silahkan klik link tersebut, atau klik link mikroskop untuk melihat informasi yang lebih lengkap.

Sekian dan tentu saja terima kasih.
Mohon bantuan rate 5 bintang ya.

Bagian Bagian Mikroskop Yang Penting Dan Perlu Anda Ketahui
4.9 (98.46%) 13 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat