Sejarah Mikroskop Ditemukan Oleh Bangsa Romawi Di Abad Ke Satu

Halo teman-teman, gimana kabarnya nih? Admin doakan kalian sehat selalu yah bersama keluarga dan rekan-rekan, baik di tempak kerja, kampus maupun dirumah.  Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah mikroskop, udah pada tahu belum? Pada artikel sebelumnya kita bahas tentang pengertian mikroskop, kalau kalian belum baca, boleh dibaca dulu tentang pengertian mikroskop atau bahkan artikel lengkap tentang mikroskop. Yuk kita langsung fokus membahas tentang sejarah mikroskop.

Sejarah-mikroskop-ditemukan-oleh-bangsa-romawi

History of microscope atau sejarah mikroskop, kira-kira berawal dari mana ya? Apakah mungkin mikroskop berawal dari kaca pembesar yang dirangkai sedemikian rupa sehingga meningkatkan fungsinya untuk mengamati objek dengan ukuran yang kecil.

Tokoh Yang Berhubungan Dengan Mikroskop

  • Zaccharias Janssen and Hans
  • Galileo Galilei
  • Anthony Leeuwenhoek
  • Robert Hooke

Daripada hal ini menjadi membingungkan, mari kita bahas tentang sejarah mikroskop mengutip dari sumber microscopeworld.com :

Sejarah Mikroskop Oleh Bangsa Romawi

Sejarah tentang mikroskop berawal dari ditemukannya kaca oleh bangsa Romawi sekitar abad ke-1 Masehi, atau sekitar tahun 100. Mereka mulai menggunakan kaca, menguji dan ber-eksperiman dengan berbagai bentuk kaca yang bening. Pada suatu kondisi mereka menemukan sebuah kaca dengan struktur tebal pada bagian tengah dan tipis pada tepi(pinggirannya). Mungkin ini yang dimaksud dengan lensa cembung pada saat itu. Mereka mulai menyadari dan menggunakan lensa tersebut untuk melihat benda-benda di sekitar mereka, dan ternyata menjadi terlihat lebih besar dari ukuran aslinya.

Jadi benarlah bahwa mikroskop bermula dari ditemukannya kaca, lalu kemudian ditemukan lensa cembung, lalu digunakannya lensa cembung untuk melihat benda dengan ukuran yang kecil bahkan digunakan untuk memfokuskan cahaya matahari sehingga bisa membakar benda-benda tertentu.

Lensa yang ditemukan bangsa romawi ini tidak banyak digunakan hingga abad ke-13, hingga kemudian terdapat pengrajin lensa  yang memproduksi lensa untuk dijadikan kacamata.

Mikroskop sederhana yang paling awal ditemukan merupakan kaca pembesar dengan pembesaran sekitar 6 sampai 10 kali pembesaran. Hal-hal yang paling umum dan sering diamati adalah serangga kecil dan kutu. Awalnya kaca pembesar ini memiliki sebutan “flea glasses”.

Perkembangan Mikroskop di Abad Ke-15

Sekitar tahun 1590an Zaccharias Janssen dan ayahnya Hans membuat eksperimen dengan lensa cembung ini. Mereka mencoba memasukan beberapa lensa cembung ke dalam tabung dan menciptakan penemuan yang sangat penting. Pada eksperimen ini ditemukan bahwa objek di ujung tabung menjadi terlihat begitu besar, melebihi kaca pembesar atau mikroskop sederhana pada versi sebelumnya. Zaccharias Janssen dan Hans ternyata baru saja menemukan mikroskop majemuk(dikenal dengan istilah mikroskop yang menggunakan dua lensa atau lebih).

Galileo Galilei mendengar eksperimen yang dilakukan oleh Janssen dan Hans, kemudian ia mulai bereksperimen sendiri. Galileo mulai menggambarkan prinsip-prinsip lensa, cahaya dan  menerapkannya pada mikroskop dan teleskop. Ia juga mulai menambahkan alat pemfokusan pada mikroskopnya dan menjelajahi langit dengan teleskopnya.

Di negara lain terdapat Anthony Leeuwenhoek dari belanda yang menjadi sangat tertarik pada lensa dan kaca pembesar. Ia tertarik untuk mengamati dan menghitung jumlah benang di kain tenun. Anthony menjadi sangat tertarik dengan lensa, ia mulai  belajar membuat lensa, menggiling dan memolesnya hingga mencapai ukuran dan kelengkungan yang tepat. Lensa buatan Anthony bahkan mampu melakukan pembesaran hingga 270X.

Leeuwenhoek menjadi terlibat lebih dalam sains dan ilmu pengetahuan dengan mikroskop buatannya. Hal-hal baru yang kemudian diamati oleh beliau adalah bakteri, ragi, sel, darah dan banyak binatang kecil yang ada pada setetes air. Sekitar tahun 1632-1723 Anthony Leeuwenhoek menjadi terkenal dan dipanggil dengan sebutan “Father of Microscopy” atau “Bapak Mikroskop”

Disisi lain terdapat Robert Hooke, seorang berkebangsaan Inggris(kadang disebut “English Father of Microscopy”), juga merupakan orang yang berpengaruh besar dalam menciptakan desain-desain mikroskop yang tepat, beliau menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk bekerja dengan mikroskop.

Hingga sekitar pertengahan abad ke-19 langkah besar peradaban mikroskop dibuat, hingga muncul berbagai instrumen berkualitas seperti mikroskop saat ini dihadapan kita. Beberapa negara yang pernah menjadi produsen mikroskop adalah Jerman, Amerika, Jepang, Itali dan Cina. Pastikan anda mendapat mikroskop dengan kualitas yang terbaik untuk laboratorium anda.

Kesimpulan Sejarah Mikroskop

Nah, dari beberapa paparan singkat tentang sejarah mikroskop tadi kira-kira kalian apakah sudah bisa mengambil kesimpulan siapa penemu mikroskop? untuk membaca lebih lengkap artikel tentang mikroskop silahkan klik link berikut : mikroskop.

Namun jika kalian ingin membaca perbagian silahkan klik link-link berikut :  pengertian mikroskop, fungsi mikroskop, jenis-jenis mikroskop, bagian-bagian mikroskop, cara menggunakan mikroskop, perawatan dan pemeliharaan mikroskop, spesifikasi mikroskop.

Untuk mendapatkan penawaran mikroskop dengan harga yang kompetitif dan garansi hingga lima tahun silahkan hubungi kami di WhatsApp & Hotline : +6287777277740  Tel : (0251) 7504679

Sekian, mohon bantuan rate 5 bintang dan tentu saja terima kasih.

Sejarah Mikroskop Ditemukan Oleh Bangsa Romawi Di Abad Ke Satu
5 (100%) 19 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat