GeNose – Info Lengkap Alat GeNose Untuk Screening Covid19

GeNose adalah alat screening cepat untuk mendeteksi infeksi Sars-Cov2 melalui hembusan nafas. Penggunaan alat genose untuk screening hanya membutuhkan 2 jenis bahan habis pakai, yakni hepa filter genose dan kantong nafas genose. Sebagai informasi awal, PT. Andaru Persada Mandiri selaku distributor alat lab menjual alat genose untuk screening covid19. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Tersedia demo unit jika anda ingin melihat terlebih dahulu. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Gambar stok alat genose per bulan april 2021
Stok Alat Genose April 2021

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang “GeNose – Info Lengkap Alat GeNose Untuk Screening Covid19“. Point pembahasan artikel kali ini akan cukup banyak. Mulai dari mengenal alat genose, fungsi alat genose, bagian-bagian pada alat genose, unboxing alat genose, spesifikasi alat genose, installasi alat genose, cara menggunakan alat genose, kisaran harga alat genose, tempat jual alat genose hingga tanya jawab seputar alat genose. Jika diantara sobat ada yang membutuhkan alat genose bisa menghubungi contact kami. Yuk kita mulai pembahasannya.

genose-c19-distributor-alat-lab
Informasi Lengkap Alat Genose

Mengenal Alat Genose

Oke, pembahasan kita mulai dari apa itu genose ya. Ini mungkin jadi pertanyaan paling awal bagi anda yang belum pernah melihat alat genose. Genose adalah alat screening cepat untuk mendeteksi infeksi Sars-Cov2 melalui hembusan nafas. Genose merupakan kepanjangan dari Gadjah Mada Electronic Nose, salah satu alat yang dikembangkan oleh kampus Gadjah Mada Yogyakarta. Alat ini merupakan pengindera elektronik cerdas yang terdiri dari beberapa system, yakni :

  • Larik sensor
  • Akuisisi data termasuk sistem aliran udara
  • Pengenal pola berbasis AI(artificial intelligence)
mengenal-alat-genose-untuk-screening-covid19
Bentuk Alat Genose Untuk Screening Covid19

Melihat bentuk secara umum, genose memiliki ukuran seperti mini pc, sekitar 25 x 14 x 10 cm. Didominasi oleh warna putih dan biru, terdapat logo bertuliskan GeNose C19 pada bagian atas. Pada bagian depan terdapat layar sederhana berukuran sekitar 4 inchi. Pada alat genose terdapat beberapa socket untuk kabel konektor dengan komputer, power supply, beberapa inlet dan outlet.

Seperti electronic nose pada umumnya, Genose dikhususkan sebagai alat untuk mendeteksi, membedakan, dan mengklasifikasi sampel berdasarkan bau atau aromanya. Genose menggunakan sepuluh sensor gas berbahan metal oxide semiconductor (MOS). Perangkat genose secara umum merupakan alat deteksi aroma dengan larik sensor gas untuk mendeteksi/mengukur aroma sampel, seperti fungsi dari spektroskop FTIR yang mendeteksi interaksi sampel dengan gelombang infrared (IR) menggunakan sensor IR.

Keunggulan Genose

Beberapa keunggulan genose yang penulis ketahui dalam hal screening sample diantaranya:

  • Realibilitas tinggi karena menggunakan sensor yang dapat dipakai hingga ribuan sample dalam jangka yang lama
  • Tidak menggunakan reagen dan bebas bahan kimia
  • Biaya test lebih terjangkau, hanya sekitar 30 ribu rupiah untuk wilayah pulau jawa.
  • Non-invasif karena hanya menggunakan nafas
  • Hasil pembacaan relatif cepat, sekitar 1 hingga 3 menit saja.

Versi terbaru genose adalah GeNose C19-S, merupakan perangkat genose yang dikombinasikan dengan software Ai yang terlatih untuk membedakan sampel nafas positif covid-19 atau negatif covid-19. Keunggulan GeNose C19-S adalah pengujian yang cepat, persiapan sederhana, analisis mudah, dan pengoperasian mudah.

Pada beberapa informasi mengenai genose, kita sering menemukan istilah AI atau Artificial Intelligence. Apa sih artificial intelligence itu? Secara sederhana artificial intelligence adalah kecerdasan buatan yang diterapkan pada suatu hardware atau perangkat keras atau mesin. Nah artificial intelligence ini terhubung dengan sensor-sensor yang terdapat di alat genose sehingga dapat memprediksi mana hembusan nafas yang mengandung virus corona dan mana yang tidak.

Mekanisme alat genose tentu saja berbeda dengan alat pcr dan rapid test dalam mendeteksi sample. Pembahasan mengenai perbedaan mekanisme genose, pcr dan rapid test akan penulis bahas pada bagian tanya jawab seputar genose ya. Sampai disini dulu pembahasan mengenai mengenal alat genose. Apa anda sudah memiliki gambaran mengenai apa itu genose? Point selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi alat genose ya. Yuk kita lanjut pembahasannya.

Fungsi Alat Genose

Oke kita mulai masuk ke pembahasan kedua mengenai fungsi alat genose ya. Jika diantara anda ada yang belum mengerti mengenai apa itu genose bisa membaca point sebelumnya mengenai mengenal alat genose. Fungsi alat genose adalah sebagai alat screening cepat untuk mendeteksi sars-cov2 melalui hembusan nafas pasien covid-19. Hal ini penulis ketahui setelah membaca buku panduan alat genose yang terdapat di ruang testing instrument. Berikut adalah tampilan cover buku panduan alat genose :

buku-panduan-alat-genose
Tampilan depan manual book alat genose

Seperti yang kita telah ketahui bahwa alat genose dikembangkan oleh kampus UGM – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam proses hadirnya alat genose adalah Prof Drs Kuwat Triyana, M.Si., Ph.D. Penulis doakan semoga Prof Kuwat dalam kondisi sehat begitu pula dengan semua mahasiswa UGM. Mudah-mudahan kedepannya lebih banyak inovasi-inovasi alat baru berbasis artificial intelligence. Nah, kalau pak Prof Kuwat butuh alat laboratorium bisa menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium. Kami menjual berbagai alat laboratorium mulai dari HPLC, Spektrofotometer, Microplate Reader, PCR, dll. Untuk diskusi lebih lanjut bisa hubungi via WA : 087777277740 atau Telp : 0251-7504679. Aduh, maaf jadi malah promosi. #marketing.

Balik lagi ke pembahasan mengenai fungsi alat genose ya. Terdapat perbedaan yang sangat jelas antara penggunaan alat genose, rapid test dan swab test pcr. Metode pemeriksaan alat genose membutuhkan sample nafas pasien, metode pemeriksaan dengan rapid test menggunakan sample darah dari jari dan metode pemeriksaan swab test pcr menggunakan sample dari nasofaring pasien. Tentunya dari ketiga metode ini memiliki kelebihan dari setiap masing-masingnya. Penjelasan megenai mekanisme cara kerja genose penulis bahas pada point selanjutnya ya.

Pemanfaatan Genose

Hidung elektronik berbasis sensor dan artificial intelligence sebetulnya bisa digunakan dalam berbagai bidang, seperti :

  • Pertanian. Seperti perlindungan tanaman, penyimpanan daging, makanan laut dan produk ikan, stres hewan, dan otentikasi herbal.
  • Makanan dan Kosmetik. Seperti otentikasi halal, kontaminasi makanan, karakteristik bau, kualitas penilaian kontrol, dan aditif wewangian.
  • Penyalahgunaan Narkoba. Seperti tes cepat untuk ganja, tes cepat untuk prekursor obat, dan tes obat urin.
  • Kesehatan. Seperti deteksi TBC melalui nafas, deteksi pneumonia, terutama dalam bidang diagnostik cepat suatu penyakit.

Dari beberapa informasi mengenai bidang pemanfaatan hidung elektronik, penggunaan genose dikhususkan hanya untuk deteksi covid-19.

Jika anda pernah mendengar istilah VOC dalam dunia medis, senyawa inilah yang digunakan untuk analisa oleh alat genose. Yang itu artinya cara kerja alat genose ialah mendeteksi hembusan nafas pasien yang didalamnya terkandung voc.

Tujuan utama dari pembuatan alat genose ini sendiri awalnya ialah menyediakan alat screening yang murah, cepat, akurat dan non-invasif. Istilah non-invasif disini mengacu pada penggunaan sample berupa hembusan nafas, berbeda dengan swab test pcr dan rapid test.

Nah, sampai sini dulu pembahasan mengenai fungsi alat genose. Artinya kita sudah membahas 2 point, yakni mengenal alat genose dan fungsi alat genose. Pembahasan selanjutnya kita akan masuk ke bagian-bagian pada alat genose ya.

Bagian-Bagian Pada Alat Genose

Oke, kita masuk ke pembahasan yang ketiga mengenai bagian-bagian pada alat genose. Bagian-bagian yang penulis maksud disini adalah item-item yang didapatkan pada paket pembelian alat genose. Berikut adalah itemnya:

  1. Main unit genose
  2. Hepa filter
  3. Mounting / housing hepa filter
  4. Power supply / adaptor
  5. Kabel konektor
  6. Selang referensi
  7. Kit sampling

Agar lebih mengetahui bagian-bagian pada alat genose, pada artikel kali ini penulis sengaja membuat point pembahasan unboxing alat genose.

Unboxing Alat Genose

Berikut ini adalah beberapa gambar yang penulis miliki ketika mempelajari alat genose untuk screening covid-19:

box-kemasan-genose-ketika-tiba-sebelum-unboxing
Box kemasan genose ketika datang sebelum unboxing

Dalam box kemasan alat genose tersusun menjadi dua tingkat. Pada tingkat paling atas terdapat perintilan komponen pendukung, sedangkan pada tingkat bawah terdapat main unit alat genose. Berikut tampilannya:

lapisan-atas-kemasan-alat-genose
Tingkat atas isi kemasan alat genose
lapisan-bawah-kemasan-alat-genose
Tingkat bawah lapisan box genose

Berikut adalah gambar main unit alat genose c19:

tampilan-jelas-alat-genose
Main unit alat genose

Selain main unit alat genose, terdapat beberapa part pendukung agar alat genose dapat peroperasi dengan baik. Berikut adalah gambar beberapa part pendukung alat genose:

Komponen alat genose yang satu ini bentuknya seperti box untuk meletakan hepa filter. Bisa dibuka-tutup untuk keperluan penggantian hepa filter pada alat genose. Berikut adalah gambar mounting hepa filter alat genose dalam keadaan tertutup:

mounting-hepa-filter-alat-genose-tertutup
Mounting hepa filter alat genose

Berikut adalah gambar mounting hepa filter alat genose dalam keadaan terbuka:

mounting-hepa-filter-alat-genose-terbuka
Mounting hepa filter alat genose dalam keadaan terbuka

Fungsi utama mounting hepa filter ini sebetulnya untuk dudukan hepa filter agar tidak terguncang secara ekstrim.

Baca juga : Informasi Lengkap Alat Lab PCR

Gambar selanjutnya adalah hepa filter:

filter-hepa-alat-genose
Gambar Filter Hepa alat genose

Bentuknya cukup unik, memiliki fungsi untuk menyaring udara dari kantong nafas agar bisa masuk ke unit utama genose. Ujung besar akan terhubung ke kantong nafas, dan ujung kecil akan terhubung ke main unit.

Gambar yang selanjutnya adalah kantong nafas. Nama aslinya adalah breathing bag atau genose kit. Fungsi utamanya adalah untuk menampung nafas sebelum diproses oleh alat genose. Berikut adalah beberapa gambar kantong nafas:

kantong-udara-alat-genose-kit
Kantong nafas alat genose – genose kit

Gambar jelas kantong nafas genose sebagai berikut:

kantong-nafas-alat-genose-kit-sebelum-digunakan
Gambar kantong nafas genose sebelum digunakan

Pada kantong nafas genose ini terdapat semacam valve untuk menahan agar udara tidak keluar setelah digunakan dan valve tersebut bisa dibuka jika kantong nafas sudah terhubung dengan hepa filter dan main unit genose. Berikut adalah gambar detail valve pada kantong nafas genose:

valve-kantong-nafas-alat-genose-kit
Gambar valve kantong nafas genose

Part lainnya yang terdapat pada paket pembelian alat genose adalah selang referensi. Berikut adalah gambar selang refernsi alat genose:

selang-referensi-alat-genose
Gambar selang referensi alat genose

Fungsi dari selang referensi pada alat genose ialah untuk menjangkau udara yang bersih sebagai referensi nilai standar alat genose.

Berikut adalah gambar kabel dan power supply yang terdapat pada box genose:

power-supply-alat-genose
Gambar power supply untuk alat genose
kabel-konektor-alat-genose
Kabel konektor alat genose dengan komputer

Kurang lebih itulah part-part yang didapat dalam paket pembelian alat genose. Untuk bahan habisa pakai berupa kantong nafas biasanya bisa dibeli terpisah sesuai dengan jumlah kebutuhan anda.

Masih di point pembahasan unboxing alat genose sekarang kita coba ulas tampilan main unit alat genosenya ya.

Tampilan Alat Genose – Main Unit

Berikut ini adalah gambar tampilan alat genose dari depan, belakang, kanan dan kiri:

genose-tampilan-depan
Tampilan depan alat genose
genose-tampilan-belakang
Gambar tampilan belakang alat genose
genose-tampilan-kanan
Tampilan kanan alat genose
genose-tampilan-kiri
Gambar tampilan kiri alat genose

Berikut adalah gambar fitur pada bagian kanan alat genose:

genose-inlet-sample-reference
Gambar inlet genose sample dan reference

Fungsi dari inlet reference adalah sebagai pasokan udara masuk yang dijadikan referensi terhadap lingkungan sekitar alat. Inlet hepa filter dihubungkan ke hepa filter untuk nantinya dihubungkan juga ke kantong nafas genose. Lubang fan pada alat genose berfungsi untuk buangan udara panas yang disebabkan oleh sensor yang sedang bekerja.

Lanjut ke gambar fitur pada bagian belakang alat genose:

socket-pada-alat-genose-bagian-belakang
Soket-soket pada belakang alat genose

Switch tombol power tersedia pada bagian belakang alat genose. Terdapat slot sd card yang bisa dimasukan pada alat genose. Sebagai penghubung antara main unit genose dengan komputer menggunakan kabel konektor berujung usb type b. Terdapat satu socket rs232 yang digunakan untuk menghubungkan alat genose dengan perangkat lainnya. Socket DC 12 untuk dihubungkan ke power supply. Terakhir outlet udara buangan berupa konektor plug.

Oke, sampai sini kita sudah melakukan unboxing alat genose. Semoga gambar-gambar tersebut bisa mewakili penasaran anda mengenai apa saja yang didapatkan pada paket pembelian alat genose. Yuk kita lanjut ke topik pembahasan spesifikasi alat genose.

Spesifikasi Alat Genose

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan point kelima tentang spesifikasi alat genose. Jika diantara anda masih bingung mengenai alat genose, penulis sarankan untuk membaca terlebih dahulu point mengenal alat genose, fungsi alat genose, bagian-bagian pada alat genose dan unboxing alat genose. Berikut adalah spesifikasi alat genose:

  • Dimensi main unit genose (p x l x t) : 250×145×110mm
  • Dimensi filter hepa (p × l × t) : 85×80×110mm
  • Estimasi berat total : ±5kg
  • Power supply : 12DC, 5A.
  • Suhu operasi(ruang sensor) : ±30–60°C
  • Kelembaban operasi(ruang sensor) : Maksimum 80 %RH ± 5 %RH
  • Jumlah sensor : 10 sensor gas, 1 sensor suhu/kelembaban
  • Laju aliran pompa : [1] 0.95 LPM ± 0.05 LPM, [2] 0.95 LPM ± 0.05 LPM, [3] 0.82 LPM ± 0.02 LPM
  • Koneksi antarmuka : Serial USB 2.0
  • Antar muka : Layar sentuh 4,3 inci(panel info) Perangkat lunak GeNose Ai Dashboard

Perlu anda ketahui, penggunaan daya pada alat genose ternyata cukup hemat. Yakni hanya membutuhkan daya sekitar 60 watt. Hal ini penulis ketahui setelah membaca power supply yang digunakan bertipe DC dengan voltase 12v dan arus maksimum 5 Ampere. Jika mengacu pada penggunaan alat pcr yang perlu menggunakan daya hingga 400 watt, tentu alat genose ini menjadi pilihat tepat screening dapat dilakukan di berbagai tempat.

Pada beberapa sumber disebutkan bahwa waktu proses analisa sample menggunakan alat genose hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit. Mungkin setelah penulis pelajari lebih lanjut mengenai bagaimana cara agar alat genose bisa screening dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang relatif singkat, akan penulis update tulisan ini. Jika diantara sobat ada yang pernah menggunakan alat genose untuk screening dalam jumlah banyak bisa membantu dengan mengisi kolom komentar.

Installasi Alat Genose

installasi-alat-genose-pt-andaru-persada-mandiri
Installasi alat genose – persiapan

Masuk ke pembahasan yang ke enam tentang installasi alat genose. Kembali penulis ingatkan jika diantara pembaca masih kebingungan dengan alat genose silahkan baca kembali point mengenal alat genose, fungsi alat genose, bagian-bagian pada alat genose, unboxing alat genose dan spesifikasi alat genose.

Tahapan dalam proses installasi alat genose sebetulnya dibagi menjadi 4 tahap yakni:

  1. Persiapan dan pemasangan alat
  2. Installasi aplikasi genose di komputer
  3. Registrasi alat genose
  4. Uji coba operasional

Sebagai informasi penting bagi pembaca. Proses installasi alat genose perlu dilakukan oleh tenaga terampil, selain agar proses installasi relatif singkat juga agar bisa diskusi mengenai cara menggunakan alat genose.

Persiapan dan pemasangan alat

cek-kelengkapan-sebelum-installasi-alat-genose-pt-andaru-persada-mandiri
Cek kelangkapan komponen alat genose
cek-kelengkapan-sebelum-installasi-alat-genose-pt-andaru-persada-mandiri-2
Penempatan hepa filter pada housing hepa filter

Pada tahap ini biasanya dilakukan unboxing alat dan melakukan pengecekan kelengkapan alat genose. Jika memang akan dilakukan uji coba operasional, biasanya tenaga teknisi menyampaikan agar individu yang akan discreening mengikuti standar pemeriksaan. Pemasangan alat genose dengan part-partnya sebetulnya relatif mudah, tinggal plug and play. Konektor inlet dan outlet juga sudah didesain mudah lepas-pasang.

Installasi aplikasi genose dan registrasi

registrasi-alat-genose-installasi-2
Proses installasi alat genose

Tahapan ini yang biasanya diperlukan pengetahuan komputer lebih. Karena pada tahap installasi ini kita perlu mendownload file installasi, memilih path yang tepat, menginstall driver FTDI dan CH341SER. Sekilas proses installasi ini seperti menghubungkan komputer dengan microcontroller (mungkin sejenis arduino, esp8266 ataupun nodemcu). Tahapan ini penulis lewati karena belum ada dokumentasi lengkap mengenai tahapan detail point mana saja yang mesti di click untuk setiap tahapan installasi.

registrasi-alat-genose-installasi-1
Registrasi alat genose ke AI

Dalam proses installasi main unit alat genose diperlukan registrasi dengan koneksi internet. Biasanya akan dibutuhkan data teknisi atau penanggung jawab alat. Setelah mendapat genose.key silahkan save pada folder yang telah ditentukan kemudian aktifkan lisensi.

Uji coba operasional

Setelah alat genose dinyalakan dan terhubung dengan komputer sebagai monitoring sensor, perlu dilakukan testing agar pengguna dapat mengerti bagaimana cara kerja alat genose. Dalam waktu paling singkat alat genose perlu di flush selama 30 menit, istilah flush ini mengacu pada proses pemanasan sensor. Jika udara reference tidak cukup baik, makan sambungkan selang refernce untuk menjangkau kualitas udara yang lebih baik. Udara reference mengacu kepada udara sekitar alat atau ruangan dimana alat genose tersebut digunakan.

Demikian pembahasan secara umum mengenai installasi alat genose. Sejauh ini sudah membahas banyak point, mulai dari mengenal alat genose, fungsi alat genose, bagian-bagian pada alat genose, unboxing alat genose dan spesifikasi alat genose. Selanjutnya kita akan coba bahas mengenai cara menggunakan alat genose. Yuk kita lanjutkan.

Cara Menggunakan Alat Genose

Alat genose didesain agar mudah digunakan, sekalipun oleh pengguna pemula. Penulis sarankan agar pengguna alat dapat memperhatikan dengan seksama teknisi yang sedang menjelaskan bagian-bagian dan cara menggunakan alat genose. Berikut adalah tahapan secara umum cara menggunakan alat genose:

  1. Disarankan atau dipastikan individu(pasien) yang akan dites genose tidak makan atau minum selama 1 jam sebelum memberikan sample nafas.
  2. Nyalakan alat genose dan lakukan proses flushing minimal 3o menit.
  3. Buka aplikasi genose dan lihat nilai referensi udara. Pastikan nilai parameter udara berada di bawah 2500mV. Jika ternyata melampaui nilai tersebut, gunakan selang refernce untuk mendapat udara yang lebih baik.
  4. Lakukan proses cleaning hepa filter tanpa kantung udara. Pastikan nilai hasil yang didapat inconclusive atau low signal.
  5. Instruksikan kepada pasien untuk mengambil nafas dan membuang nafas dengan tetap menggunakan masker sebanyak 2 kali. Pada proses selanjutnya nafas perlu ditampung di kantong nafas dengan mekanisme seperti meniup balon. Ketika mengisi kantong nafas pastikan masker dibuka dan diletakan pada tempat yang bersih.
  6. Lakukan pemasangan kantong nafas pasien ke hepa filter dengan benar, click menu analyze, isi biodata pasien, buka valve kantong nafas dan click run.
  7. Hasil pembacaan sensor dapat dilihat pada layar monitor komputer. Click menu print untuk mencetak report pemeriksaan pasien.

Nah begitulah secara umum cara menggunakan alat genose. Jika jumlah sample nafas lebih dari satu, proses perulangan dapat dilakukan dari mulai instruksi nomor 5 hingga nomer 7. Pastikan untuk melakukan pembersihan ruang sensor terlebih dahulu.

Kisaran Harga Alat Genose

Oke masuk ke pembahasan yang ke 8 tentang kisaran harga alat genose. Berapa sih kisaran harga alat genose? Sesuai informasi yang penulis dapat, kisaran harga alat genose ini berada di angka 62 juta rupiah. Ini merupakan (HET)harga eceran tertinggi alat genose. Apakah sudah termasuk pc atau komputer? tentu saja belum. Anda masih memungkinkan menggunakan laptop atau komputer yang sudah anda miliki.

Beberapa bahan habis pakai atau consumable yang mungkin saja anda butuhkan dalam jumlah lebih banyak adalah :

  1. Kantong nafas pasien atau breathing bag atau genose kit
  2. Hepa filter

Untuk mendapatkan penawaran harga terbaik alat genose anda dapat menghubungi contact kami sekarang juga.

Tempat Jual Alat Genose

alamat-lokasi-pt-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-lab-jual-alat-lab
Lokasi PT. Andaru Persada Mandiri

Salah satu tempat jual alat genose untuk screening covid-19 ialah PT. Andaru Persada Mandiri. Anda dapat mengunjungi kantor kami untuk melihat demo unit alat genose. Berikut adalah alamat PT. Andaru Persada Mandiri : Villa Bogor Indah 2 (VBI 2), Blok BB2 No. 6, Kedunghalang, Bogor, INDONESIA. Silahkan hubungi whatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679 untuk informasi produk lebih lanjut.

Berikut adalah link  google maps jika anda berencana untuk berkunjung ke lokasi.

Tanya Jawab Seputar Alat Genose

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar alat genose:

1 – FAQ Alat Genose

Apa itu genose?

Genose adalah alat bantu screening cepat untuk mendeteksi infeksi Sars-Cov2 melalui hembusan nafas. Alat ini dikembangkan di Indonesia oleh salah satu kampus ternama(UGM).

2 – FAQ Alat Genose

Apa fungsi alat genose?

Fungsi alat genose digunakan untuk screening awal keberadaan virus corona.

3 – FAQ Alat Genose

Bagaimana prinsip kerja alat genose?

Prinsip kerja alat genose bekerja layaknya hidung elektronik. Memanfaatkan sensor-sensor dan kecerdasan buatan untuk mendeteksi senyawa volatile pada sample nafas.

4 – FAQ Alat Genose

Apakah penggunaan alat genose cukup mudah?

Ya. Penggunaan alat genose cukup mudah, karena hanya membutuhkan sample nafas untuk screening.

5 – FAQ Alat Genose

Apakah hasil pembacaan alat genose bisa dijadikan standar seseorang terpapar virus corona?

Secara umum alat genose digunakan untuk screening awal. Agar pemeriksaan lebih akurat perlu menggunakan metode pcr jika pasien terindikasi positif oleh alat genose.

6 – FAQ Alat Genose

Mengapa sebelum memberikan sample nafas perlu puasa dulu selama 1 jam?

Hal ini dimaksudkan agar tidak terdapat aroma-aroma tambahan sekitaran hidung, trakea, tenggorokan dan paru-paru. Beberapa aroma yang dapat mengganggu sensor pembacaan genose diantaranya kopi dan rokok.

Oke, jika masih ada point yang belum jelas silahkan isi kolom komentar ya. Penulis usahakan akan menjawab pertanyaan dari anda.

Ditulis oleh : YAP

Demikian artikel “GeNose – Info Lengkap Alat GeNose Untuk Screening Covid19“. Kita sudah membahas mulai dari mengenal alat genose, fungsi alat genose, bagian-bagian pada alat genose, unboxing alat genose, spesifikasi alat genose, installasi alat genose, cara menggunakan alat genose, kisaran harga alat genose, tempat jual alat genose hingga tanya jawab seputar alat genose. Jika diantara anda ada yang memiliki informasi tambahan lainnya, bisa membantu penulis dengan mengisi kolom komentar.

WhatsApp chat