Kegunaan Rotary Evaporator Yang Perlu Anda Ketahui Sekarang

Kegunaan Rotary Evaporator – Halo sobat laborians, kembali lagi nih di topik rotary evaporator. Bahasan kali ini cukup menarik dan dalam lho sobat. Karena prinsip yang dimiliki oleh alat yang satu ini sangat erat dengan kehidupan sehari-hari kita. Benarkah demikian? yuk kita lanjut baca.

kegunaan-rotary-evaporator

Supaya anda tahu, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium memiliki berbagai jenis rotary evaporator. Hubungi kami via WhatsApp 087777277740 atau Telepon : (0251) 7504679 untuk mendapat solusi terintegrasi laboratorium anda.

Yap, pernahkah kalian memasak air panas? pastinya pernah bukan?

Ternyata salah satu prinsip dalam memasak air panas juga ada kaitannya lho dengan kegunaan dari rotary evaporator itu sendiri. Jika dalam memasak air panas, pertama-tama kita pasti memasukkan air ke dalam panci yang hendak digunakan untuk memasak, dan pastinya dengan nyala api kompor yang sedang alias tidak terlalu panas juga rendah. Namun, kaitannya bukan dari hal tersebut, melainkan dari proses penguapan yang terjadi pada saat memasak air, kita pasti sudah tahu kan kalau air yang kita panaskan akan menyusut sedikit dan mengeluarkan uap yang panas.

Yap, hal diatas memiliki korelasi dengan rotary evaporator.

Pada rotary evaporator, hal ini lebih dikenal dengan istilah kondensasi dan destilasi. Apa itu kondensasi?

Pengertian kondensasi pada rotary evaporator

Kondensasi sendiri adalah proses perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat. Kondensasi terjadi ketika uap dikompresi menjadi cairan. Sedangkan destilasi atau yang lebih dikenal juga dengan penyulingan adalah suatu metode pemisahan zat atau suatu senyawa berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (votlatilitas) bahan.

Untuk kegunaan rotary evaporator juga tak jauh dari kata-kata pemisahan. Pemisahan sendiri merupakan proses pemindahan massa dan digunakan untuk mendapatkan dua atau lebih senyawa ataupun ekstrak yang lebih murni dan kental, dan biasanya dalam kasus ini senyawa kimia berada dalam keadaan tercampur dengan senyawa lain.

Rotary evaporator memiliki kegunaan sebagai alat pemisah untuk memdapatkan ekstrak yang lebih kental. Dalam prosesnya, kita juga mengenal istilah ekstraksi. Dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi ekstraksi itu sendiri, diantaranya sampel yang digunakan, baik dari segi pelarut yanng dikenakan atau pun tekstur awal sampel tersebut, waktu ekstraksi sesuai dengan litelatur, suhu dan juga tipe pelarut, apakah dia pelarut polar ataupun non polar.

Dan secara umum, tujuan dari proses tersebut adalah untuk mendapatkan senyawa kimia sesuai kebutuhan. Rotary evaporator sendiri dapat mengubah air menjadi uap, dan menyisakan residu yang ada dalam labu.

Kelebihan rotary evaporator

Bila dibandingkan dengan teknik pemisahan lainnya, seperti teknik manual ataupun waterbath, rotary evaporator jelas memiliki keunggulan yang lebih. Karena selain dari segi instrumen yang berbeda, keunggulan terletak dari sistem tekanan yang ada pada labu. Tekanan yang terdapat pada labu alas yang memutar dapat diatur dengan kecepatan tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. Sehingga kecepatan dan ekstrak yang dihasilkan pun akan sesuai, dan suatu pelarut akan menguap sehingga senyawa yang larut dalam pelarut tersebut tidak ikut menguap namun mengendap.

Nah, hal ini sangat membantu dalam praktikum-praktikum baik di mata kuliah ataupun penelitian mandiri. Jika dalam praktikum, dalam beberapa kali, kerapkali kita menggunakan cara manual untuk mengetahui prinsip awal dari alat yang satu ini, namun seiring berkembangnya teknologi yang pasti akan lebih canggih, rotary evaporator harus bisa digunakan bagi para mahasiswa ataupun praktisi laboratorium, selain lebih unggul, juga lebih menghemat waktu, bukan begitu?

Bagi anda memiliki informasi lebih atau ahli ketika menggunakan alat rotary evaporator, silahkan tinggalkan komentar di bagian bawah.

Demikian pembahasan tentang Kegunaan Rotary Evaporator Yang Perlu Anda Ketahui Sekarang, semoga bisa membantu anda dalam memahami kegunaan rotary evaporator dan alat alat laboratorium lainnya.

Sekian dan tentu saja terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat