Fungsi Mikroskop Sebagai Alat Bantu Melihat Benda Berukuran Kecil

Mengamati sebuah sample atau objek praktikum laboratory memang menjadi menyenangkan, terlebih jika objek yang diamati berukuran sangat kecil. Mikroskop, sebut saja mempermudah kita mengamati objek-objek yang berukuran kecil. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi mikroskop. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian mikroskop dan sejarah mikroskop, sekarang yuk kita baca lebih lanjut tentang fungsi mikroskop.

Fungsi-mikroskop-laboratorium

Apa sih sebetulnya fungsi mikroskop itu? Jika kita mengacu pada wikipedia untuk mencari tahu informasi tentang fungsi dari mikroskop, tentu kita menemukan secara garis besar adalah untuk melihat benda kecil.

Kalau kalian sebelumnya telah membaca pengertian mikroskop, tentu sudah ada gambaran tentang fungsi mikroskop secara umum.

Fungsi Utama Mikroskop

Gambaran umum atau fungsi utama dari mikroskop adalah untuk melihat benda dalam ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Nah… kira-kira apa saja objek yang biasa dilihat dengan mikroskop?

Berikut adalah beberapa objek berukuran mikroskopis yang biasa diamati dengan mikroskop:

  1. Jaringan pada hewan
  2. Jaringan pada tumbuhan
  3. Virus
  4. Bakteri
  5. Protozoa

Beberapa jenis mikroskop yang beredar dipasaran memiliki tingkat perbesaran yang berbeda-beda, namun secara umum perbesaran mikroskop yang paling umum digunakan pada sekolah dan kampu adalah 4x, 10x, 40x dan 100x.

Berdasarkan pada sumber cahayanya sebetulnya mikroskop dibagi menjadi 2 jenis, yakni mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Trus apa sih perbedaan antara mikroskop cahaya dan mikroskop electron?

Mikroskop cahaya merupakan jenis mikroskop yang memanfaatkan cahaya(alami atau buatan) sebagai sumber energi untuk memperbesar bayangan objek, sedangkan mikroskop elektron merupakan jenis mikroskop yang memanfaatkan elektron sebagai sumber energi untuk memperbesar bayangan objek.

Beberapa jenis mikroskop yang mungkin anda perlu ketahui fungsi dan aplikasi penggunaannya seperti mikroskop monokuler, mikroskop binokuler dan mikroskop trinokuler. Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis-jenis mikroskop silahakan lihat pada link berikut : jenis-jenis mikroskop

Memilih Mikroskop Yang Tepat

Bagaimana jika anda membutuhkan mikroskop untuk keperluan laboratorium anda? Pastikan anda menyampaikan kebutuhan laboratorium anda kepada kami. Dapatkan penawaran terbaik dengan harga yang kompetitif dan layanan purna jual  hingga lima tahun.

Hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor resmi alat laboratorium di :

  • WhatsApp & Hotline : +6287777277740
  • Tel : (0251) 7504679

Andaru Persada Mandiri – Integrated Solution for Your Laboratory

Fungsi Mikroskop Sebagai Alat Bantu Melihat Benda Berukuran Kecil
5 (100%) 16 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat