Pengertian Water Bath Bagi Pengguna Awam

Pengertian water bath – Halo labs, pernah denger istilah water bath? Yap, betul! Water bath merupakan sebuah instrument yang sering kita temui di laboratorium. Nah, pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang pengertian water bath.

By the way, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan berbagai alat alat laboratorium, dan tentu salah satunya water bath. Untuk anda yang membutuhkan alat water bath silahkan menghubungi kami di WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : 0251-7504679

water-bath-pengertian-fungsi-prinsip-dan-cara-menggunakan

 

Pengertian Water Bath

Apa itu water bath? Mungkin itu yang sedang ada di pikiran kita semua. Beberapa pengertian water bath yang mungkin bisa kita lihat dari situs luar diantaranya :

Water bath menurut en.wikipedia.org

A water bath is laboratory equipment made from a container filled with heated water. It is used to incubate samples in water at a constant temperature over a long period of time. Most water baths have a digital or an analogue interface to allow users to set a desired temperature, but some water baths have their temperature controlled by a current passing through a reader. Utilisations include warming of reagents, melting of substrates or incubation of cell cultures.

Water bath adalah peralatan laboratorium yang terbuat dari wadah berisi air panas. Alat ini digunakan untuk menginkubasi sampel dalam air pada suhu konstan selama periode waktu yang lama. Sebagian besar water bath memiliki antarmuka digital atau analog untuk memungkinkan pengguna mengatur suhu yang diinginkan, tapi beberapa water bath memiliki suhu yang dikontrol oleh arus yang melewati sensor(anggap saja mikrokontroller). Pemanfaatan water bath meliputi pemanasan reagen, peleburan substrat atau inkubasi kultur sel.

Water bath menurut hasil tulisan Tayyab Tariq8 pada SlideShare.net

Water bath is an instrument used for maintaining a uniform temperature throughout the fluid contained in a glass container by keeping it in pre–heated water. It also prevents excessive evaporation of the fluid being heated. It allows the heating of small amounts of fluids over a period of time without changing the concentration of constituents by evaporation. It is also used when several tubes are to be handled while maintaining the temperature of the contents,e.g., in coagulation tests.

Water bath adalah alat yang digunakan untuk mempertahankan suhu yang seragam di seluruh cairan yang terkandung dalam wadah kaca dengan menjaganya dalam air yang dipanaskan terlebih dahulu. Alat ini juga mencegah penguapan yang berlebihan dari cairan yang dipanaskan. Dengan alat ini memungkinkan pemanasan sejumlah kecil cairan selama periode waktu tanpa mengubah konsentrasi konstituen dengan penguapan. Alat water bath ini juga digunakan ketika beberapa tabung harus ditangani sambil mempertahankan suhu konten, misalnya, dalam tes koagulasi.

pengertian-water-bath

Dari dua acuan referensi tadi bisa kita simpulkan, pengertian water bath adalah sebuah alat laboratorium berbentuk wadah yang digunakan untuk proses pemanasan cairan dengan cara merendamnya pada air yang telah dipanaskan sebelumnya. Water bath bisa diilustrasikan sebagai sebuah alat yang berisi air yang dapat mempertahankan suhu air dalam kondisi tertentu pada selang waktu tertentu. Dengan alat water bath diharapkan dapat mengurangi jumlah penguapan cairan yang sedang dipanaskan.

Oh, ya… water bath juga memiliki nama lain penangas air, beberapa orang di Indonesia kadang menyebut water bath sebagai oven. Sampai saat ini penulis masih belum tahu asal-muasalnya sih(water bath = oven) tapi yasudahlah.

Untuk anda yang membutuhkan produk water bath silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium pada nomor WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : 0251-7504679

Demikian artikel tentang pengertian water bath bagi pengguna awam. semoga bisa membatu anda memahami tentang apat itu water bath. Sekian dan tentu saja Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat