Alat Laboratorium Farmasi Dilengkapi Fungsi dan Gambar

Alat Laboratorium Farmasi – Halo labs! Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu dan dimudahkan dalam segala urusan ya. Artikel kali ini kita akan membahas tentang “Daftar Alat Laboratorium Farmasi Dilengkapi Fungsi dan Gambar”. Mulai dari Mengenal Laboratorium Farmasi, Daftar Alat Laboratorium Farmasi, Dissolution Test, Disintegration Test, Hardness Test dan Friability Test.

Mengenal Laboratorium Farmasi

Tentunya diantara kalian sudah familiar dong dengan laboratorium. Yap, laboratorium emang ada banyak jenisnya, mulai dari laboratorium kimia, fisika dan biologi. Namun, pada pembahasan kita kali ini, kita akan berfokus pada alat laboratorium farmasi ya. By the way diantara kalian apakah sudah tahu apa pengertian farmasi?

Pengertian farmasi dikutip dari beberapa sumber di internet dapat di definisikan sebagai salah satu bidang profesi yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Farmasi sendiri sebuah kata serapan dari bahasa inggris yakni pharmacy dan asal kata dari bahasa Yunani yakni pharmakon yang memiliki arti obat. Definisi lainnya tentang farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membuat(meracik atau memformulasi), mengidentifikasi(menganalisa sifat sifat) dan mengkombinasi supaya penggunaannya tetap aman.

By the way, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium memiliki produk untuk kebutuhan laboratorium farmasi baik keperluan kampus maupun industry. Silahkan hubungi kami di WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679 untuk diskusi kebutuhan lebih lanjut.

Setelah mengetahui pengertian farmasi yang sangat erat hubungannya dengan obat, tentu kita jadi bertanya-tanya alat laboratorium apa saja yang berhubungan dengan obat?

Daftar Alat Laboratorium Farmasi

Beberapa alat laboratorium farmasi yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah :

  1. Dissolution Test
  2. Dissintegration Test
  3. Hardness Test
  4. Friability Test

Mungkin anda akan bertanya-tanya tentang kenapa Spektrofotometer, HPLC dan alat alat laboratorium lainnya tidak ikut disertakan? Jawabannya, karena artikel kali ini membahas tentang alat laboratorium farmasi yang berhubungan dengan uji fisik.

Dissolution Test

Dissolution test adalah salah satu alat laboratorium farmasi yang biasa digunakan untuk mengukur kelarutan zat aktif obat pada media larutan. Alat laboratorium yang satu ini sangat erat hubungannya dengan uji kelarutan pada sediaan padat. Dissolution Test memiliki beberapa nama lain seperti alat uji disolusi, dissolution tester atau dissolution testing.

alat-laboratorium-farmasi-dissolution-test

Link produk : Dissolution Tester DIS 6000

Pengertian dissolution tester sendiri adalah sebuah alat laboratorium famasi yang digunakan untuk mengetahui proses melarutnya zat atau senyawa aktif(obat) dalam media pelarut. Alat dissolution test sangat erat kaitannya dengan sediaan padat dan semi padat, beberapa jenis sediaan yang sering dilakukan pengujian dengan dissolution tester adalah :

  • Tablet
  • Kaplet
  • Kapsul
  • Serbuk
  • Salep

Fungsi dissolution tester adalah alat yang digunakan untuk menganalisa banyaknya jumlah zat aktif larut dalam cairan tubuh(simulasi). Pada bidang industri dissolution tester memiliki fungsi untuk merumuskan bentuk dosis obat dan mengembangkan spesifikasi kualitas. Dissolution test merupakan uji biofarmasetik penting untuk menjamin efektifitas obat dan memiliki korelasi dengan profil farmakokinetik. Pada dissolution test terdapat bagian bagian yang perlu anda ketahui, misalnya vessel memiliki ukuran kecil dan normal. silahkan lihat ilustrasi gambar berikut :

alat-laboratorium-farmasi-dissolution-test-basket

Artikel lengkap tentang dissolution tester terdapat pada link berikut : Dissolution Tester – Pengertian, Fungsi, Bagian, Cara Menggunakan

Disintegration Test

Disintegration test adalah sebuah alat laboratorium farmasi yang memiliki bentuk hampir sama dengan dissolution test. Alat disintegration test memiliki nama lain seperti alat uji disolusi atau disintegration tester. Disintegrasi sendiri adalah proses pemecahan sediaan padat(seperti tablet atau pil) menjadi partikel-partikel yang lebih kecil.

alat-laboratorium-farmasi-disintegration-test

Link produk : Disintegration Tester

Fungsi alat disintegration test berbeda dengan alat dissolution test. Jika pada alat dissolution test digunakan untuk mengukur kelarutan zat aktif pada sediaan padat. Maka pada disintegration test digunakan untuk mengukur waktu hancur tablet menjadi ukuran yang lebih kecil.

Jika diilustrasikan ke model yang lebih sederhana ialah:

Suatu hari ada seorang wanita yang sedang sakit maag, dia mencari obat maag dan memasukan ke mulut dan mengunyah obat maag tersebut. Proses mengunyah tersebut dikategorikan sebagai disintegration, karena merubah ukuran obat maag menjadi ukuran lebih kecil. Sedangkan proses dissolution adalah ketika obat itu ditelan dan zat aktif pada obat mulai terlarut di cairan lambung.

Ilustrasi keranjang pada alat disintegration tester seperti pada gambar berikut:

alat-laboratorium-farmasi-disintegration-test-image-basket

Hardness Test

Hardness test atau hardness tester merupakan alat laboratorium farmasi yang digunakan untuk mengukur kekerasan sebuah tablet. Istilah dalam bahasa inggris adalah hardness test, namun jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi alat uji kekerasan tablet. Mekanisme atau cara kerja alat yang satu ini ialah dengan memberikan tekanan(kompresi) pada tablet dan mengukur pada tekanan berapa tablet menjadi retak atau hancur.

alat-laboratorium-farmasi-hardness-test

Link produk : Hardness Tester

Fungsi hardness test tentunya digunakan untuk mengukur kekerasan sebuah tablet. Lalu tentunya orang awam bertanya-tanya kenapa kekerasan sebuah tablet mesti diukur? Jawabannya untuk menghindari rusaknya obat sebelum ke tangan konsumen. Bayangkan saja jika anda membeli obat di apotek, ketika akan di konsumsi, obat tersebut sudah hancur. Selain sulit untuk mengambil dan mengkonsumsinya, anda juga tentu menjadi khawatir apakah obat itu masih bagus atau sudah expired.

Banyak hal yang mempengaruhi kekerasan sebuah tablet, seperti : material penyusun tablet, suhu dan kelembaban. Disisi lain ada juga alat yang digunakan untuk mengukur kerapuhan tablet. Ingatlah bahwa kekerasan dan kerapuhan adalah dua hal yang berbeda. Sama seperti kita yang sudah memahami bahwa disolusi dan disintegrasi adalah dua hal yang berbeda. Bentuk alat hardness test juga memiliki bentuk yang beragam, salah satu yang familiar di Indonesia adalah seperti pada gambar berikut :

alat-laboratorium-farmasi-hardness-test-gambar-2

Friability Test

Friability test merupakan sebuah alat laboratorium farmasi yang biasa digunakan untuk menguji kerapuhan sebuah tablet. Fungsi utama dari alat friability test adalah menghitung seberapa kuat tablet, atau kaplet atau pil terhadap proses guncangan yang diberikan.

Cara kerja alat laboratorium farmasi yang satu ini sangatlah mudah. Kita perlu memasukan tablet yang akan diuji kerapuhannya pada media seperti piringan tabung, menutupnya dengan rapat, memasangkan pada alat pemutar. Nyalakan alat pemutar dan setting waktu atau kecepatan putaran sambil mengamati proses berlangsung.

alat-laboratorium-farmasi-friability-test

Link produk : Friability Tester

Desain alat friability test sebetulnya sangatlah sederhana, berikut adalah sketsa alat friability tester :

alat-laboratorium-farmasi-friability-test-design

Berikut adalah video gambaran cara kerja alat friability tester:

Demikian adalah adalah 4 alat laboratorium farmasi penting yang perlu anda ketahui, semoga bisa memberikan wawasan kepada pembaca mengenai pengetahuan alat laboratorium. Sebetulnya masih ada beberapa alat laboratorium farmasi lainnya yang belum penulis jelaskan, seperti :

  • Powder Test

alat-laboratorium-farmasi-powder-test

  • Semisolid Test

alat-laboratorium-farmasi-semisolid-test

  • Suppository Test

alat-laboratorium-farmasi-suppository-testing

  • Thickness Test

alat-laboratorium-farmasi-thickness-test

Jika diantara anda para ahli memiliki informasi tambahan seputar alat laboratorium farmasi silahkan isi di kolom komentar. Jika perlu konsultasi kebutuhan alat laboratorium silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium di WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679.

Sekian dan tentu saja Terima Kasih.

Alat Laboratorium Farmasi Dilengkapi Fungsi dan Gambar
5 (100%) 2 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat