Water Bath – Pengertian, Fungsi, Prinsip dan Cara Menggunakan

Water Bath adalah alat laboratorium berbentuk wadah yang digunakan untuk proses pemanasan cairan dengan cara merendamnya pada air yang telah dipanaskan sebelumnya. Pada artikel kali ini PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium akan membahas tentang Water Bath. Supaya pembahasan artikel ini lebih mudah dipahami oleh orang awam, kita akan mulai pembahasannya dari pengertian water bath, fungsi dan kegunaan water bath, prinsip atau cara kerja water bath, jenis-jenis water bath, bagian-bagian pada water bath, cara menggunakan water bath, perawatan sederhana untuk water bath, teknik kalibrasi water bath, harga water bath, merk atau brand water bath, spesifikasi water bath yang ideal, tempat jual water bath, dan kumpulan gambar water bath.

PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang memiliki produk water bath ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan alat water bath bisa menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link produk water bath tersedia pada tautan : Analog Water Bathjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

water-bath-pengertian-fungsi-prinsip-dan-cara-menggunakan

Baca juga : Daftar Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Pengertian Water Bath

Apa itu water bath? Mungkin itu yang sedang ada di pikiran kita semua. Beberapa pengertian water bath yang mungkin bisa kita lihat dari situs luar diantaranya :

Water bath menurut en.wikipedia.org

A water bath is laboratory equipment made from a container filled with heated water. It is used to incubate samples in water at a constant temperature over a long period of time. Most water baths have a digital or an analogue interface to allow users to set a desired temperature, but some water baths have their temperature controlled by a current passing through a reader. Utilisations include warming of reagents, melting of substrates or incubation of cell cultures.

Water bath adalah peralatan laboratorium yang terbuat dari wadah berisi air panas. Alat ini digunakan untuk menginkubasi sampel dalam air pada suhu konstan selama periode waktu yang lama. Sebagian besar water bath memiliki antarmuka digital atau analog untuk memungkinkan pengguna mengatur suhu yang diinginkan, tapi beberapa water bath memiliki suhu yang dikontrol oleh arus yang melewati sensor(anggap saja mikrokontroller). Pemanfaatan water bath meliputi pemanasan reagen, peleburan substrat atau inkubasi kultur sel.

Water bath menurut hasil tulisan Tayyab Tariq8 pada SlideShare.net

Water bath is an instrument used for maintaining a uniform temperature throughout the fluid contained in a glass container by keeping it in pre–heated water. It also prevents excessive evaporation of the fluid being heated. So it allows the heating of small amounts of fluids over a period of time without changing the concentration of constituents by evaporation. And it is also used when several tubes are to be handled while maintaining the temperature of the contents,e.g., in coagulation tests.

Water bath adalah alat yang digunakan untuk mempertahankan suhu yang seragam di seluruh cairan yang terkandung dalam wadah kaca dengan menjaganya dalam air yang dipanaskan terlebih dahulu. Alat ini juga mencegah penguapan yang berlebihan dari cairan yang dipanaskan. Dengan alat ini memungkinkan pemanasan sejumlah kecil cairan selama periode waktu tanpa mengubah konsentrasi konstituen dengan penguapan. Alat water bath ini juga digunakan ketika beberapa tabung harus ditangani sambil mempertahankan suhu konten, misalnya, dalam tes koagulasi.

pengertian-water-bath

Dari dua acuan referensi tadi bisa kita simpulkan, pengertian water bath adalah sebuah alat laboratorium berbentuk wadah yang digunakan untuk proses pemanasan cairan dengan cara merendamnya pada air yang telah dipanaskan sebelumnya. Water bath bisa diilustrasikan sebagai sebuah alat yang berisi air yang dapat mempertahankan suhu air dalam kondisi tertentu pada selang waktu tertentu. Dengan alat water bath diharapkan dapat mengurangi jumlah penguapan cairan yang sedang dipanaskan.

Oh, ya… water bath juga memiliki nama lain penangas air, beberapa orang di Indonesia kadang menyebut water bath sebagai oven. Sampai saat ini penulis masih belum tahu asal-muasalnya sih(water bath = oven) tapi yasudahlah.

Baca Juga : Alat Alat Laboratorium Yang Perlu Anda Ketahui Sekarang

Fungsi dan Kegunaan Water Bath

Setelah memahami sedikit tentang pengertian water bath, lalu apa sih fungsi dan kegunaan water bath di laboratorium? Fungsi utama dari water bath adalah untuk menciptakan suhu konstan air di kisaran 30-100°C, untuk kemudian digunakan pada proses pemanasan reagen atau cairan lainnya.

fungsi-water-bath

Beberapa contoh penerapannya sebetulnya sudah tertulis pada pengertian water bath, seperti :

  • Pemanasan reagen
  • Peleburan substrat, dan
  • Inkubasi sel kultur

Nah, secara nyata kalau di laboratorium kampus biasanya digunakan untuk apa sih waterbath itu?

Misal pada fakultas farmasi terdapat matakuliah farmakokimia, anggaplah ada sebuah praktikum tentang biomolekul yang mengharuskan mahasiswa bisa melakukan transformasi genetik. Nah, water bath ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk inkubasi transforman. Dan tentu saja water bath tidak hanya sediri, melainkan di temani berbagai alat laboratorium lainnya seperti :

  • Centrifuge
  • Mikropipet
  • Oven Laboratorium
  • Inkubator

Pada kegiatan praktikum lainnya, misal pada mata kuliah kimia analisis terdapat tes kompetensi yang mengharuskan mahasiswa bisa melakukan sintesis, isolasi dan pemurnian senyawa organik. Tentu pada praktikum ini juga memerlukan waterbath.

Prinsip atau Cara Kerja Water Bath

Secara sederhana prinsip atau cara kerja waterbath adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas tersebut disalurkan ke air pada bak, yang kemudian akan digunakan untuk memanaskan larutan utama.

prinsip-kerja-water-bath

Pada setiap waterbath sudah dipastikan terdapat sensor suhu yang digunakan untuk memonitor suhu air pada bak. Bak air inilah yang nantinya digunakan untuk memanaskan larutan yang sudah ditempatkan pada labu Erlenmeyer.

Jenis-Jenis Water Bath

Setelah mengerti tentang apa itu water bath, fungsi, kegunaan, prinsip dan cara kerjanya. Sekarang kita perlu tahu jenis-jenis water bath. Jika dilihat dari sudut kemudahan cara menggunakannya, maka dibagi menjadi 2 jenis yakni:

water-bath-analog

Analog water bath

Analog water bath merupakan waterbath yang cara pengoperasiannya masih analog, yakni memutar tuas indikator suhu yang berisi potensiometer untuk memberikan energi listrik yang sesuai dengan kebutuhan suhu yang diminta oleh laboran. Jenis waterbath ini bisa dikatakan cukup klasik dan sudah jarang digunakan karena agak sulit untuk mensetting pada suhu yang presisi.

Mekanisme Kerja Analog water bath

Jenis water bath ini akan bekerja saat mesin diberi catu daya, indikator listrik akan menyala. Kemudian arus akan pergi ke termostat. Dari termostat, arus akan mengalir melalui water immersion heater. Ketika suhu air kurang dari nilai yang ditetapkan, termostat akan memungkinkan arus mengalir melalui batang pemanas. Dengan demikian, suhu air akan mulai naik. Setelah suhu air mencapai nilai yang ditetapkan, termostat akan terputus. Dengan demikian, arus tidak akan mengalir melalui batang pemanas. Kemudian, suhu air mulai turun. Indikator pemanasan juga akan berhenti menyala.

water-bath-digital

Digital water bath

Jenis digital water bath merupakan water bath yang cara pengoperasiannya sudah digital. Maksud digital disini adalah terdapat parameter penunjuk(display) baik berupa seven segmen maupun LCD Display. Dengan adanya LCD display dan beberapa tombol operasional tentu akan sangat memudahkan bagi laboran untuk mendapatkan ke-presisi-an suhu yang diinginkan. Hal lainnya yang bisa di setting dengan mudah pada digital water bath adalah waktu yang berhubungan dengan lama waktu pemanasan.

Mekanisme Digital water bath

Proses kerja dari digital water bath sebenarnya hampir sama dengan analog water bath. Di sini, pengontrol PID dan solid-state relay (SSR) bertindak sebagai pengontrol untuk pemanas air imersi. Ketika suhu air lebih rendah dari nilai yang ditetapkan, pengontrol akan memasok tegangan DC tertentu ke relai. Kemudian relai akan diaktifkan menyebabkan aliran arus AC ke batang pemanas. Dengan demikian pemanas mulai memanaskan air.

Ketika suhu aktual air mendekati nilai yang ditetapkan, pengontrol PID akan mengaktifkan dan menonaktifkan relai secara terus menerus. Dengan demikian batang pemanas akan ON/OFF terus menerus. Jadi, dengan mengontrol durasi tahap ON dan OFF, penangas air membantu mempertahankan hasil yang hampir akurat dengan variasi tidak lebih dari 1°C.

Jika dilihat dari banyaknya kolam atau bak atau bath pada water bath, bisa dikelompokan menjadi 2 jenis, yakni:

Single chamber dan Multi chamber  water bath

Memiliki makna bahwa pada water bath tersebut memiliki hanya satu kolam. Sedangkan pada multi chamber water bath memiliki jumlah kolam lebih dari satu, bisa dua atau tiga. Kelebihan dari multi chamber water bath tentunya kita bisa menggunakan dua kolam yang berbeda pada waktu yang bersamaan dengan suhu yang berbeda. Kekurangannya tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dari single chamber waterbath.

Baca Juga : Alat Laboratorium Farmasi Dilengkapi Fungsi dan Gambar

Bagian-Bagian Pada Water Bath

bagian-bagian-pada-water-bath

Sebelum membahas tentang cara menggunakan waterbath, tentunya kita perlu mengetahui dulu bagian-bagian pada waterbath. Berikut adalah bagian-bagian yang perlu kita ketahui sebelum menggunakan waterbath:

water-bath-switch-saklar

Saklar atau switch atau tombol power merupakan tombol utama yang penting diketahui oleh pengguna, hal ini berkaitan dengan proses penggunaan di awal dan akhir sebagai pengaman setelah sumber daya di hubungkan.

water-bath-panel-operasional

Panel Operasional dan indikator merupakan bagian dari waterbath yang digunakan untuk mengoperasikan waterbath. Pada bagian ini akan terdapat tuas putar, atau tombol-tombol sesuai dengan jenis waterbath itu sendiri.

water-bath-chamber

Bath atau kolam atau chamber biasanya berbentuk persegi ataupun persegi panjang. Terbuat dari material stainless steel agar tahan terhadap korosi atau karat.

water-bath-tutup-lid-3-jenis

Tutup waterbath memiliki berbagai jenis, mulai dari tipe tutup segi tiga, rata(flat) dan tutup berlubang. Supaya lebih mudah, silahkan liat ilustrasi. tutup waterbath sering juga disebut lid.

water-bath-rack

Rak Tube merupakan rak dengan ukuran yang ideal untuk dimasukan ke dalam bak waterbath dan bisa digunakan untuk menempatkan tabung reaksi. Biasanya terbuat dari material stainless steel.

water-bath-pipa-outlet-ilustrasi

Pipa Outlet merupakan bagian penting dari waterbath, karena dengan adanya pipa pembuangan ini proses membersihkan atau membuang air pada chamber menjadi lebih mudah. Pada beberapa jenis waterbath pipa outlet ini memiliki kran yang bisa di buka atau tutup.

Baca juga : Konsultan Alat Laboratorium

Cara Menggunakan Water Bath

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan waterbath adalah membaca buku petunjuk penggunaan. Hal ini menjadi penting, karena mungkin saja ada perbedaan cara pengoperasian waterbath satu dengan yang lainnya. Lain halnya ketika anda di laboratorium instansi swasta, pastinya sudah ada instruksi kerja menggunakan waterbath. Bagi teman-teman mahasiswa biasanya akan di-demokan dulu oleh dosen atau laboran senior tentang cara menggunakan waterbath. Berikut adalah uraian secara umum tentang cara menggunakan waterbath :

  1. Buka penutup waterbath dan isi dengan menggunakan air suling atau aquadest. Sebisa mungkin hindari penggunaan air sumur atau air PDAM untuk menghindari korosi pada chamber waterbath. Pastikan mengisi sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak juga berlebihan. Lihat indikator penunjuk jumlah air pada sisi chamber waterbath.
  2. Tempatkan cairan yang akan di panaskan pada labu Erlenmeyer atau tabung reaksi. Kemudian masukan kedalam chamber waterbath, pastikan labu Erlenmeyer terendam oleh air sekitar 1 atau 2 cm.
  3. Hubungkan waterbath ke sumber daya atau listrik, kemudian nyalakan tombol power ke posisi on.
  4. Lakukan pengaturan suhu sesuai dengan kebutuhan dan lakukan pula pada pengaturan waktu pemanasan. Tekan tombol start dan biarkan proses pemanasan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  5. Setelah proses berakhir, tekan tombol stop, angkat labu Erlenmeyer dengan menggunakan capit kayu atau alat safety laboratorium lainnya. Hati-hati, mungkin saja suhu waterbath panas dan bisa saja mengagetkan anda.
  6. Ulangi proses di nomor 2, 4 dan 5 jika ternyata ada banyak sample yang perlu di panaskan.
  7. Tambahkan air suling jika dirasa sudah melewati batas minimum.
  8. Kosongkan waterbath jika sudah tidak digunakan. Hati-hati ketika membuang air dari pipa outlet, dikhawatirkan masih panas dan membahayakan sekitar.
  9. Matikan power dan cabut sumber daya pada waterbath jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Tutup supaya chamber tetap bersih.

Berikut adalah video yang menjelaskan tentang  waterbath secara umum dan cara menggunakannya :

Perawatan Sederhana Untuk Water Bath

Untuk menjaga waterbath pada kondisi yang baik tentu perlu melakukan perawatan secara berkala. Apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga waterbath dalam kondisi baik, berikut uraian singkatnya:

  • Pastikan bath dalam keadaan selalu tertutup jika tidak digunakan
  • Sebisa mungkin kosongkan bath jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Akan lebih baik jika dalam keadaan kering
  • Gunakan selalu air suling atau aquades untuk mencegah korosi.
  • Jika waterbath dalam keadaan kotor atau terkena percikan sample, segera bersihkan dengan lap basah agar tidak meninggalkan noda.

Teknik Kalibrasi Water Bath

Suhu pada waterbath merupakan hal yang sangat penting, untuk itu terkadang perlu dilakukan kalibrasi. Lalu, bagaimana cara sederhana untuk melakukan kalibrasi waterbath? Cara ini tentunya hanya gambaran sekilas saja, karena tim teknisi biasanya memiliki perhitungan-perhitungan detailnya. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Carilah thermometer atau sensor suhu yang anda miliki. Pastikan sensor suhu yang anda miliki memang memiliki fitur untuk cairan, bukan sensor suhu untuk udara.
  2. Nyalakan water bath dan setting pada suhu 50°C(misal), kemudian tekan tombol start.
  3. Tunggu sekitar 5 hingga 10 menit agar suhu naik. Jika dirasa suhu sudah stabil di angka 50°C, maka celupkan sensor suhu yang anda miliki, tunggu 5 hingga 10 detik dan lihat apakah menunjukan angka 50°C juga?
  4. Apabila nilainya sama, maka dapat dikatakan water bath masih berfungsi dengan baik.
  5. Jika nilainya tidak sama, bukan berarti water bath rusak, namun mungkin saja butuh waktu lebih lama untuk mencapai angka 50°C atau angka lainnya yang kita inginkan.
  6. Lakukan proses pengukuran ini di beberapa rentan suhu, misalnya 50°C, 70°C dan 90°C.

Informasi tambahannya, tentu akan ada banyak variable lain yang perlu diperhitungkan ketika melakukan kalibrasi pada waterbath.

Kendala Yang Sering Terjadi Pada Waterbath

Penggunaan waterbath seringkali mengalami kemdala yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya. Pada point ini, penulis akan membahas beberapa dan metode untuk mengatasi kendala yang terjadi pada alat waterbath ini.

Tidak dapat terhubung pada catu daya

Jika mesin tidak dapat terhubung dengan catu daya, anda tidak akan melihat tampilan di pengontrol suhu . Begitu pula dengan indikator saklar listrik dan indikator pemanas tidak menyala. Mungkin ada masalah dengan catu daya di laboratorium. Masalahnya juga bisa karena koneksi kabel listrik yang longgar ke catu daya. Jadi, coba pasang kabel di colokan yang sesuai. Kabelnya juga bisa putus. Selain itu, dapat terjadi kerusakan pada sakelar atau sekring. Demikian pula, indikator sakelar listrik dan sakelar pemanas juga dapat rusak. Dalam hal ini, Anda mungkin atau mungkin tidak menggantinya dengan yang baru

Batang pemanas tidak berfungsi

Jika batang pemanas tidak berfungsi, maka suhu air tidak akan naik. Maka batang pemanas terbakar/rusak, maka batang tidak akan beroperasi. Anda dapat mengamati kondisi batang. Jika rusak, bentuk batang akan tidak beraturan. Itu juga akan berubah menjadi hitam. Dalam hal ini, ganti batang dengan yang sesuai. Umumnya, batang 1KW, 2KW, atau 3KW tersedia di pasar.

Anda dapat meletakkan tongkat apa pun yang anda suka. Tetapi jika batangnya wattnya rendah, proses pemanasan airnya menjadi lambat. Demikian pula, jika batang memiliki watt tinggi, proses pemanasan air menjadi cepat. Tapi, ada kemungkinan membakar sistem kabel internal. Karena kelebihan beban, sekring (MCB) ruangan bisa putus.

Air tidak panas dengan stabil

Terkadang, air akan memanas, tetapi suhunya tidak mencapai nilai yang ditentukan. Penyebab utamanya adalah batang pemanas. Jika batang pemanas rusak, mungkin berfungsi sebagian. Demikian pula, jika tegangan suplai dari steker lebih rendah dari spesifikasi, maka batang tidak akan mendapatkan tegangan yang cukup untuk beroperasi pada kapasitas penuh. Dalam hal ini, gunakan pengatur tegangan untuk mengontrol tegangan input. Sensor suhu (sensor Pt 100) mungkin tidak berfungsi. Dalam hal ini, anda perlu memeriksanya.

Harga Water Bath

Berapa kisaran harga water bath di tahun 2020 ini? Tentu itu menjadi pertanyaan besar bagi anda yang akan membeli waterbath. Harga water bath laboratorium di tahun 2021 ini berkisar di 3.000.000 hingga 40.000.000. Kisaran hari ini didapatkan sekitar januari 2021. Fitur, kualitas, spesifikasi dan brand merupakan hal yang berpengaruh terhadap harga sebuah water bath. Jika anda membutuhkan waterbath silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai Distributor Alat Laboratorium di WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : 0251-7504679

Merk atau Brand Water Bath

Ketika anda mencari waterbath yang sesuai untuk kebutuhan di laboratorium anda, tentu perlu banyak referensi terkait fitur, spesifikasi, fungsi dan brand. Brand atau merk waterbath yang sering ditemukan di laboratorium adalah :

  • Memmert
  • Daihan Labtech
  • As One

Beberapa produk waterbath mungkin saja dibuat secara lokal sehingga tidak diketahui brand-nya. Produk lokal mungkin saja memiliki harga yang lebih murah. Silahkan menghubungi kami untuk mendiskusikan kebutuhan waterbath anda.

Spesifikasi Water Bath Yang Ideal

Digital Water Bath Type : LWB-106D

spesifikasi-water-bath-digita

Merupakan waterbath biasa digunakan untuk kebutuhan di bidang industri, farmasi, klinik dan bio-medis yang membutuhkan tingkat presisi tinggi di pengaturan suhu. Beberapa fitur yang disematkan didalamnya sebagai berikut :

  • Menggunakan microprocessor untuk mengatur tingkat presisi
  • Dilengkapi dengan Timer, Alarm, Auto-Tuning Function
  • Aman dan mudah digunakan
  • Terdapat 3 model dengan kapasitas 6 liter, 11 liter dan 12 liter
  • Terbuat dari stainless steel berkualitas.

Berikut adalah spesifikasi teknis waterbath LWB-106D:

Dimensi Dalam : 300mm x 155mm x 150mm
Dimensi Luar : 327mm x 178mm x 280mm
Kapasitas : 6 Liter
Konsumsi Heater : 500Watt
Material Dalam :  Seamless Stainless Steel (SUS304)
Material Luar :  Powder Coated Steel
Pengaman : Over Temp. Cutt-Off
Sumber Daya : 110V, 60Hz or 220V, 50/60Hz

Tempat Jual Water Bath

Bagi anda yang ingin membeli waterbath, tentunya ingin mengunjungi lokasi secara langsung. Salah satu distributor alat laboratorium yang berlokasi di kota bogor adalah PT. Andaru Persada Mandiri. Silahkan kunjungi langsung untuk melihat produk alat laboratorium.

Alamat : Villa Bogor Indah 2 (VBI 2), Blok BB2 No. 6, Kedunghalang, Bogor, INDONESIA

Catatan : biasanya terdapat beberapa jenis produk display yang bisa dilihat untuk kebutuhan pelanggan.

Kumpulan Gambar Water Bath

Berikut adalah gambar-gambar waterbath yang mungkin saja anda butuhkan untuk memilih jenis waterbath seperti apa yang anda perlukan untuk di laboratorium.

water-bath-analog-gambar-1
Water Bath Analog
water-bath-digital-gambar-2
Water Bath Digital
water-bath-multi-chamber-gambar-3
Multi Chamber Water Bath
water-bath-digital-oil-bath-gambar-4
Digital Oil Bath
water-bath-viscosight-bath-gambar-5
Viscosight Bath
water-bath-cooling-viscosight-bath-gambar-6
Cooling Viscosight Bath
water-bath-extraction-gambar-7
Extraction Water Bath
water-bath-immersion-bath-circulator-gambar-8
Immersion Bath Circulator
water-bath-shaking-water-bath-gambar-9
Shaking Water Bath
water-bath-refrigerated-bath-circulator-gambar-10
Refrigerated Bath Circulator
water-bath-cooling-bath-circulator-gambar-11
Cooling Bath Circulator
water-bath-ultra-low-cooling-bath-circulator-gambar-12
Ultra Low Cooling Bath Circulator
water-bath-cool-trap-gambar-13
Cold Trap
water-bath-ultrasonic-cleaner-gambar-14
Ultrasonic Cleaner

 

FAQ Waterbath

Apa yang dimaksud dengan waterbath ?

Water bath adalah sebuah alat laboratorium berbentuk wadah yang digunakan untuk proses pemanasan cairan dengan cara merendamnya pada air yang telah dipanaskan sebelumnya.

Apa fungsi waterbath ?

Untuk melakukan pemanasan dan penguapan bahan seperti :

  • Pemanasan reagen
  • Peleburan substrat, dan
  • Inkubasi sel kultur

Bagaimana prinsip kerja dari waterbath ?

prinsip atau cara kerja waterbath adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas tersebut disalurkan ke air pada bak, yang kemudian akan digunakan untuk memanaskan larutan utama.

Apa saja jenis jenis waterbath yang sering digunakan di laboratorium?

  • analog water bath
  • digital water bath
  • single chamber water bath
  • multi chamber water bath

Bagaimana cara menggunakan waterbath ?

  1. Buka penutup waterbath dan isi dengan menggunakan air suling atau aquadest. Sebisa mungkin hindari penggunaan air sumur atau air PDAM untuk menghindari korosi pada chamber waterbath. Pastikan mengisi sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak juga berlebihan. Lihat indikator penunjuk jumlah air pada sisi chamber waterbath.
  2. Tempatkan cairan yang akan di panaskan pada labu Erlenmeyer atau tabung reaksi. Kemudian masukan kedalam chamber waterbath, pastikan labu Erlenmeyer terendam oleh air sekitar 1 atau 2 cm.
  3. Hubungkan waterbath ke sumber daya atau listrik, kemudian nyalakan tombol power ke posisi on.
  4. Lakukan pengaturan suhu sesuai dengan kebutuhan dan lakukan pula pada pengaturan waktu pemanasan. Tekan tombol start dan biarkan proses pemanasan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  5. Setelah proses berakhir, tekan tombol stop, angkat labu Erlenmeyer dengan menggunakan capit kayu atau alat safety laboratorium lainnya. Hati-hati, mungkin saja suhu water bath panas dan bisa saja mengagetkan anda.
  6. Ulangi proses di nomor 2, 4 dan 5 jika ternyata ada banyak sample yang perlu di panaskan.
  7. Tambahkan air suling jika dirasa sudah melewati batas minimum.
  8. Kosongkan water bath jika sudah tidak digunakan. Hati-hati ketika membuang air dari pipa outlet, dikhawatirkan masih panas dan membahayakan sekitar.
  9. Matikan power dan cabut sumber daya pada water bath jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Tutup supaya chamber tetap bersih.

Hal apa saja yang dilakukan dalam merawat waterbath ?

  • Pastikan bath dalam keadaan selalu tertutup jika tidak digunakan
  • Sebisa mungkin kosongkan bath jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Akan lebih baik jika dalam keadaan kering
  • Gunakan selalu air suling atau aquades untuk mencegah korosi.
  • Jika water bath dalam keadaan kotor atau terkena percikan sample, segera bersihkan dengan lap basah agar tidak meninggalkan noda.

Bagaimana cara melakukan kalibrasi pada alat water bath ?

  1. Carilah thermometer atau sensor suhu yang anda miliki. Pastikan sensor suhu yang anda miliki memang memiliki fitur untuk cairan, bukan sensor suhu untuk udara.
  2. Nyalakan water bath dan setting pada suhu 50°C(misal), kemudian tekan tombol start.
  3. Tunggu sekitar 5 hingga 10 menit agar suhu naik. Jika dirasa suhu sudah stabil di angka 50°C, maka celupkan sensor suhu yang anda miliki, tunggu 5 hingga 10 detik dan lihat apakah menunjukan angka 50°C juga?
  4. Apabila nilainya sama, maka dapat dikatakan water bath masih berfungsi dengan baik.
  5. Jika nilainya tidak sama, bukan berarti water bath rusak, namun mungkin saja butuh waktu lebih lama untuk mencapai angka 50°C atau angka lainnya yang kita inginkan.
  6. Lakukan proses pengukuran ini di beberapa rentan suhu, misalnya 50°C, 70°C dan 90°C.

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Demikian pembahasan tentang Water Bath yang berisi pengertian water bath, fungsi dan kegunaan water bath, prinsip atau cara kerja water bath, jenis-jenis water bath, bagian-bagian pada water bath, cara menggunakan water bath, perawatan sederhana untuk water bath, teknik kalibrasi water bath, harga water bath, merk atau brand water bath, spesifikasi water bath yang ideal, tempat jual water bath, dan kumpulan gambar water bath. Jika berkenan silahkan mengisi kolom komentar, sekian dan terima kasih.

One Comment

  1. Artikel yang bagus, panjang dan mendetail.
    Tambah terus artikel informatif seperti ini ya.
    Terima kasih, semoga bisa membantu kami para pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat