Furniture Laboratorium Yang Sesuai Untuk Kebutuhan Anda

Furniture Laboratorium – Pernahkah anda mempelajari perbedaan antara furniture laboratorium dan furniture kantor pada umumnya? Jika belum, tentu ada harus memahami hal tersebut. Karena ada perbedaan mendasar antara kebutuhan furniture laboratorium dan furniture pada umumnya, terlebih jika anda sekarang sedang mendesain laboratorium untuk kebutuhan laboratorium baru. Yuk kita bahas mengenai Furniture Laboratorium Yang Sesuai Untuk Kebutuhan Anda

furniture-laboratorium-yang-sesuai-untuk-kebutuhan-anda

Pengertian Furniture Laboratorium

Apa sih furniture laboratorium itu? Secara sederhananya, furniture laboratorium itu segela jenis perabot yang ada di laboratorium. Nah, jika di furniture kantor kita biasa mengenal meja, kursi, komputer, rak, lemari dan perabot lainnya. Maka di laboratorium hanya namanya yang sedikit berbeda. Beberapa furniture laboratorium yang mungkin asing istilahnnya di telinga kita adalah :

  • Fume Hood
  • Laminar Air Flow
  • Biological Safety Cabinet
  • Flammable dan Corrosive Storage Cabinet
  • Bench

Fume Hood

Adalah salah satu dari furniture laboratorium yang memiliki kegunaan sangat penting untuk para laboran. Fume hood digunakan untuk mencampur berbagai cairan atau reagen berbahaya. Furniture yang satu ini juga sering disebut dengan lemari asam, karena kegunaannya untuk membuang uap berbahaya ketika proses pencampuran.

furniture-laboratorium-bio-safety-cabinet

Baca Juga : Lemari Asam yang Sesuai untuk Kebutuhan Laboratorium Anda

Laminar Air Flow

Laminar Air Flow adalah suatu furniture laboratorium yang digunakan untuk beberapa kegiatan seperti persiapan media tanam, inokulasi atau penanaman. Alat yang satu ini biasanya terdapat di laboratorium biologi atau kedokteran. Laminar air flow memiliki fungsi yang sangat penting, yakni berfungsi untuk menjaga media dari kotoran berupa debu, spora ataupun yang lainnya sehingga tidak mengkontaminasi sample utama.

furniture-laboratorium-laminar-air-flow

Biological Safety Cabinet

Biological Safety Cabinet memiliki bentuk yang hampir sama dengan Laminar Air Flow. Perabot yang satu ini juga sering di sebut dengan istilah Bio Safety Cabinet(BSC). Jika pada LAF hanya terdapat 1 filter, pada BSC terdapat 2 Filter. BSC sebagai furniture laboratorium bukan hanya menjaga sample dari material yang mungkin mengkontaminasi, tapi juga menjaga laboran atau user dalam keselamatannya(jika berhubungan dengan virus dan bakteri).

furniture-laboratorium-bio-safety-cabinet2

 

Flammable dan Corrosive Cabinet

Kedua furniture laboratorium ini sebetulnya hampir mirip, namun memiliki fungsi yang berbeda. Flammable Storage Cabinet adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan material yang mudah terbakar, sedangkan Corrosive Storage Cabinet adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan material yang bisa menyebebkan korosi atau karat.

furniture-laboratorium-storage-cabinet-flammable

furniture-laboratorium-fume-hood

 

Bench

Bench sebetulnya istilah yang digunakan pada furniture laboratorium untuk menjelaskan sebuah meja. Jika meja di dunia perkantoran hanya berorientasi dengan file kertas, komputer dan alat tulis, maka lain halnya jika di dunia laboratorium. Di atas meja laboratorium tentu ada banyak instrument laboratorium, baik yang general seperti timbangan analitik, mikroskop, mikropipet ataupun seperti yang spesifik seperti moisture analyzer, HPLC, FTIR dan lainnya.

furniture-laboratorium-bench

Meja laboratorium biasanya memiliki spesifikasi tertentu, baik dalam ukuran dimensi maupun dalam material penyusun. Beberapa kepala laboratorium justru mendesain sendiri meja untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Berbagai jenis meja yang mungkin anda perlukan untuk mendesain laboratorium yang sesuai diantaranya :

  • Island Bench
  • Wall Bench
  • L Bench

furniture-laboratorium-island-bench

Material Penyusun Furniture Laboratorium

Berbagai jenis laboratorium tentu memiliki kebutuhan berbeda-beda, tentu saja kita mengerti laboratorium untuk pelajar dan laboratorium untuk tenaga ahli berbeda. Bagaimana dengan material penyusunny. Mana material penyusun yang paling tepat untuk kebutuhan laboratorium anda? Jika anda bingung dengan material yang tepat, kami mengenal salah satu workshop pembuat furniture laboratorium yaitu : qoalca

Berikut adalah beberapa material yang biasa digunakan untuk membuat furniture laboratorium :

  • Plastic Laminate Casework
  • Metal Casework
  • Polypropylene Casework
  • Wood Casework
  • Phenolic Resin Casework
  • Stainless Steel Casework

Plastic Laminate Casework

Material ini merupakan material yang paling murah, mudah dan hemat biaya. Material plastic laminate casework ini juga sering digunakan sebagai material penyusun furniture laboratorium karena menawarkan berbagai warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pola dan tekstur.

furniture-laboratorium-plastic-laminate

Metal Casework

Metal case work sebagai material penyusun furniture laboratorium menjadi pilihan yang ideal, karena kokoh dan mudah dalam perawatan maupun pembersihan.

furniture-laboratorium-metal

Polypropylene Casework

Sebagai material penyusun furniture laboratorium polypropylene casework pilihan yang tepat digunakan untuk lemari asam, laminar air flow maupun bio safety cabinet. Hal ini dikarenakan polypropylene memberikan ketahanan asam yang tinggi, unggul untuk area steril dan bedah.

furniture-laboratorium-polypropylene

Wood Casework

Wood atau kayu merupakan material yang mudah didapat, kadang membuat furniture laboratorium menggunakan kayu memberikan kesan natural pada furniture yang dibuat. Kayu menjadi pilihan tepat untuk aplikasi furniture laboratorium berbahan kimia yang akan merusak logam.

furniture-laboratorium-wood

Phenolic Resin Casework

Jika anda masih belum familiar dengan material yang satu ini, mungkin anda perlu mempertimbangkannya untuk membuat furniture laboratorium dengan material ini. Material felonik resin ini kuat dan tahan terhadap berbagai jenis asam dan pelarut lainnya.

furniture-laboratorium-phenolic-resin

Stainless Steel Casework

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan stainless steel, bahan ini sangat sering digunakan baik di laboratorium maupun dunia medis. Hal yang menyebabkan stainless steel menjadi pilihan yang tepat adalah : tahan terhadap panas, tahan karat, noda dan mudah dibersihkan.

furniture-laboratorium-stainless-steel

Bagaimana menurut anda, mana material yang paling tepat untuk furniture laboratorium? Semoga dengan artikel ini, kami bisa memberikan gambaran tentang furniture laboratorium yang tepat untuk kebutuhan anda.

Untuk anda yang membutuhkan diskusi tentang furniture laboratorium silahkan hubungi kami di :

WhatsApp : 087777277740 atau Telepon :  (0251) 7504679

Sekian, dan tentu saja terima kasih.

Furniture Laboratorium Yang Sesuai Untuk Kebutuhan Anda
5 (100%) 72 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat