Fungsi Washer Pada Microplate Reader

Fungsi Washer Pada Microplate Reader – Halo sobat laborians, kali ini kita akan membahas mengenai microplate reader lagi nih. Masih ingat bukan? Yap, instrumen microplate reader terdiri dari berbagai macam, ada microplate reader, washer, wash solution, wash buffer, plat mikro dll. Nah, yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah fungsi dari washer pada microplate reader. Bagaimana ulasannya? Simak terus ya.

fungsi-washer-pada-microplate
Fungsi Washer Pada Microplate Reader

Fungsi Washer Pada Microplate Reader

Washer. Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata washer? pembersih? Ya, jika diartikan washer memang merupakan suatu pembersih. Tapi, dalam microplate ini berbeda sobat. Washer dalam microplate reader merupakan instrumen yang memiliki ukuran besar tak beda jauh dari microplate reader. Seperti yang kita tahu, pengujian dengan microplate reader ditujukan untuk sampel yang berupa darah, spesimen atau serum.

Instrumen washer ini berfungsi untuk mencuci sampel yang hendak dicari konsentrasi dan nilai absorban. Penggunaan washer ini sangat membantu dalam proses pengujian dengan microplate reader, bagaimana tidak, tanpa washer, pengujian dengan microplate reader bisa memakan waktu dua jam setengah, belum lagi ditambah dengan perlakuan inkubasi sampel yang berlangsung 30 menit. Untuk proses inkubasi pada microplate reader akan kita bahas berbeda di artikel lainnya ya.

Larutan Wash Solution Pada Washer

Dalam menjalankan washer, kita membutuhkan larutan wash solution. Larutan wash solution juga bisa disebut dengan larutan wash buffer.

Pernah mendengar larutan buffer?. Larutan penyangga (buffer) adalah larutan yang dapat mempertahankan pH nya dari penambahan asam, basa, maupun pengenceran oleh air . Nah, hal ini yang juga dibutuhkan dalam komponen Elisa Kit. Pada pengujian dengan microplate reader, wash buffer berfungsi untuk membuang antibodi atau antigen yang tidak berikatan. Untuk mengetahui tentang antibodi dan antigen lebih lanjut, kalian bisa kunjungi artikel ini ya ” Pengertian Antigen – Apa Itu Antigen

Dalam proses menentukan nilai absorbansi dan juga konsentrasi, jika menggunakan washer, maka proses pengerjaan nya akan lebih singkat dari segi waktu. Ya, kita hanya membutuhkan waktu 90 menit, jadi pengerjaan pun bisa lebih cepat dan mudah.

Ditulis Oleh : DNA

Sobat, sebagai distributor alat laboratoriumPT. Andaru Persada Mandiri memiliki alat microplate reader tersebut. Berikut link produk microplate reader amr-100. Untuk diskusi lebih lanjut  kalian bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Telp : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Sampai disini dulu artikel mengenai fungsi washer pada microplate reader ya, jika masih penasaran dengan artikel mengenai microplate reader yang lain, bisa kunjungi link blog andaru yang ini. Sampai jumpa sobat, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat