Cara Menggunakan Mikroskop Yang Benar Bagi Para Laboran Pemula

Cara menggunakan mikroskop yang benar itu gimana yah? Mungkin bagi kita yang udah expert dalam bidang melihat benda kecil udah jadi hal yang biasa dengan istilah :

  • Revolver
  • Makrometer
  • Mikrometer dan tuas lainnya.

Namun bagi teman-teman pemula mungkin akan ada kesulitan jika pertama kali menggunakan mikroskop, untuk itu yuk kita baca artikel ini lebih lanjut.

cara-menggunakan-mikroskop-untuk-pemula

Gambar pada artikel ini mungkin saja pernah anda lihat pada artikel tentang bagian bagian mikroskopsilahkan dibaca yah.

Cara menggunakan mikroskop yang benar tentu harus mengikuti instruksi yang terdapat pada manual book. Jika anda baru saja membeli atau memiliki mikroskop pastikan anda membaca buku petunjuk sebelum melakukan pemasangan komponen mikroskop. Beberapa bagian pada mikroskop yang harus diperhatikan lebih dalam proses penggunaannya adalah pada meja preparat, revolver, pemutar kasar dan pemutar halus.

Berikut adalah tahapan cara menggunakan mikroskop secara umum pada mikroksop dengan jenis mikroskop cahaya(bukan mikroskop elektron)

Cara Menggunakan Mikroskop

  1. Letakan mikroskop pada meja yang datar dan stabil, pastikan meja kokoh dan tidak mudah goyah.
  2. Jika mikroskop menggunakan sumber listrik untuk media pengamatan objek, pastikan kabel mikroskop menjangkau sumber listrik dan hubungkan.
  3. Sediakan objek yang akan diamati dengan mikroskop dan letakan dekat dengan mikroskop.
  4. Kendurkan terlebih dahulu makrometer supaya penempatan objek pada meja preparat bisa dilakukan dengan mudah.
  5. Preparasi sample atau objek yang akan diamati dengan mikroskop lalu letakan pada meja preparat dan jepit.
  6. Putar revolver untuk memilih perbesaran yang dibutuhkan (4x, 10x, 40x atau 100x) untuk mengamati objek.
  7. Nyalakan lampu untuk mengamati objek pada meja preparat, jika anda menggunakan mikroskop dengan pencahayaan alami(cahaya matahari) anda perlu melakukan setting cermin untuk memfokuskan cahaya pada objek.
  8. Mulai amati objek yang telah ditempatkan pada meja preparat, jika anda menggunakan mikroskop tipe monokuler, anda hanya bisa mengamati dengan salah satu mata. Jika anda menggunakan mikroskop tipe binokuler anda bisa mengamati dengan kedua mata. Dan jika anda menggunakan tipe mikroskop trinokuler dengan kamera yang sudah terpasang dengan baik, anda bisa melihat dalam monitor yang tersedia.
  9. Beberapa jenis mikroskop memiliki beberapa makrometer dan mikrometer pada satu unit mikroskop, hal ini memudahkan anda dalam mengamati objek.
  10. Putar makrometer atau mikrometer pada pada preparat(geser kanan-kiri) untuk menempatkanya pada posisi yang sesuai.
  11. Putar makrometer atau micrometer pada lengan mikroskop(geser atas-bawah) untuk memfokuskan objek yang sedang diamati.
  12. Mikroskop yang baik memiliki fitur lampu yang bisa di atur tingkat kecerahannya(terang-redup).
  13. Aturlah revolver lensa untuk memilih perbesaran yang diinginkan, pastikan ketika mengatur revolver lensa perbesaran, jarak antara meja preparat dengan lensa objektif cukup jauh, sehigga tidak terjadi gesekan antara keduanya.
  14. Seiring dengan seringnya menggunakan mikroskop, tentu kita akan lebih mahir memainkan instrument-instrument pada mikroskop, namun tetaplah berhati-hati dalam menggunakannnya.

Demikian artikel menganai 14 tahap cara menggunakan mikroskop, untuk artikel referensi lain bisa anda buka pada link ini.

Mohon bantuan share dan rate 5 bintang pada artikel ini, untuk membaca artikel lainnya tentang mikroskop bisa klik link berikut.

Cara Menggunakan Mikroskop Yang Benar Bagi Para Laboran Pemula
5 (100%) 16 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat