Apakah Penderita Sakit Lambung Aman Untuk Divaksin?

Apakah Penderita Sakit Lambung Aman Untuk Divaksin? – Halo sobat laborians, bagaimana nih kabarnya? Semoga anda semua sehat selalu ya. Bicara penyakit lambung, gejala yang timbul satu ini memang sangat mengganggu ya sobat, apalagi jika gejala tersebut kambuh. Lalu, bagaimana dengan penerapan vaksinasi saat ini? Apakah individu dengan penderita sakit lambung boleh di vaksin? Nah, untuk mengetahui jawabannya,ikuti dan simak baik-baik artikel ini ya.

ilustrasi-sakit-lambung
Ilustrasi Penderita Sakit Lambung

Siapa Saja Yang Boleh Divaksin ?

Penerapan vaksin di Indonesia kini sudah mulai merata. Diantaranya ada vaksin AstraZeneca dan Sinovac. Bicara mengenai vaksin, tentu kita juga ingin mengetahui, siapa saja sih yang boleh divaksin?

Untung menjaga keamanan dari individu, kita harus mengetahui syarat dalam melakukan vaksinasi tersebut. Yang pertama, tentu saja kita tubuh kita harus sedang dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit. Menurut beberapa penelitian, mengenai keamanan pemberian vaksin Covid-19 pada individu dengan penyakit autoimun masih dalam penelitian. Sehingga individu yang memiliki penyakit autoimun tersebut baru bisa dianjurkan untuk diberikan vaksinasi Covid-19 sampai hasil penelitian telah dipublikasi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia atau PAPDI, individu dengan penyakit autoimun pada dasarnya tidak masalah jika diberikan vaksin, hanya saja pemberian obatnya harus diawasi dengan baik. Namun, respon imun yang terjadi bisa tidak seperti yang diharapkan. Oleh karenanya, jika mengalami beberapa kondisi yang kurang baik, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter terdekat untuk mengetahui apakah vaksin dapat diberikan atau tidak.

Penderita Sakit Lambung Aman Divaksin

Lalu, bagaimana dengan penderita sakit lambung?

Di Indonesia sendiri, jumlah penderita penyakit asam lambung semakin meningkat  dari tahun ke tahun. Penyebab utamanya yakni tentu saja gaya hidup yang kurang sehat. Penyakit asam lambung yang dimaksud disini diantaranya ada maag, dispepsia, dan GERD. Penderita penyakit asam lambung sebenarnya diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin covid-19 asalkan orang tersebut tidak memiliki riwayat alergi terhadap vaksin atau komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Dan hal tersebut bisa diketahui jika individu tersebut sudah mendapatkan vaksin pertama.

Hal ini juga harus diperhatikan bagi pemilik reaksi alergi, karena jika sudah alergi terhadap komponen-komponen vaksin, dapat memicu adanya beberapa keluhan seperti sesak napas, urtikaria atau muncul kemerahan pada kulit diseluruh badan, hingga bengkak. Apabila terdapat beberapa riwayat alergi vaksin, maka vaksinasi pun bisa dilaksanakan dengan pengawasan yang ketat.

Keluhan Yang Mungkin Dirasakan

Karena masih menjadi perdebatan, sebaiknya bagi anda penderita sakit lambung diharuskan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.  Jika tidak, mungkin tidak mungkin anda akan merasakan beberapa keluhan, seperti di bawah ini :

  1. Nyeri perut yang hebat
  2. Gejala saluran cerna, seperti mencret yang kronis (lebih dari 14 hari).
  3. Perubahan pola BAB, diantaranya BAB berdarah hingga penurunan berat badan.
  4. Adanya infeksi lain seperti demam diatas 37,5 derajat celcius. Jika muncul gejala demam seperti ini, maka sebaiknya anda menunda pemberian vaksin.

Jadi, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter. Untuk anda yang sedang membaca artikel ini, jangan lupa untuk terapkan 5M ya, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Baca Juga : Informasi Lengkap Alat PCR

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA 

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apakah Penderita Sakit Lambung Aman Untuk Divaksin?   . Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya terkait artikel ini di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat