Apa Saja Gejala Penyakit Jamur Hitam India?

Apa Saja Gejala Penyakit Jamur Hitam India? – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? Semoga anda semua yang sedang membaca artikel ini dalam keadaan sehat ya. Jika sebelumnya kita sudah mengenal wabah penyakit jamur hitam India, kali ini penulis akan memberikan informasi terkait gejala yang dialami oleh seseorang yang terpapar wabah tersebut. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

apa-saja-gejala-penyakit-jamur-hitam-india
Apa Saja Gejala Penyakit Jamur Hitam India?

 

Gejala Penyakit Wabah Jamur Hitam India

Di artikel sebelumnya, kita sudah mengenal sekilas mengenai jamur hitam India. Menurut Menteri Kesehatan India, Mansukh Mandayiva ini akan menyerang pasien dan penyintas covid-19. Infeksi jamur hitam atau yang lebih dikenal mucormycosis ini merupakan penyakit yang akan menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh, mulai dari hidung dan sinus ke wajah, rahang, hingga otak.Wabah jamur hitam India yang satu ini memiliki beberapa gejala penyakit karena infeksi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention atau CDC di Amerika Serikat, penderita mucormycosis akan merasakan beberapa gejala, diantaranya infeksi yang menyerang saluran pernapasan, hingga kulit. Apa saja gejala-gejala yang akan dirasakan tersebut :

Infeksi Menyerang Pernapasan

Yang perlu kita ketahui, wabah jamur hitam India ini menyerang sejumlah bagian tubuh, diantaranya ada pernapasan dan kulit. Untuk bagian yang menyerang gejala pernapasan, infeksi yang dirasa bisa berupa batuk, sesak napas, hingga sinusitis. Bahkan dari pembengkakan wajah di satu sisi bisa menyebabkan sakit kepala, hidung dan sinusitis berat. Karena berhubungan dengan pernapasan, infeksi ini lama-lama akan mulai menjalar ke paru-paru dan dapat menimbulkan infeksi yang berat.

Infeksi Menyerang Kulit

Tak hanya pernapasan, infeksi pun bisa menyerang bagian kulit. Diantaranya ada lecet, bisul, dan lama kelamaan area yang terinfeksi akan berubah menjadi hitam. Bahkan pada beberapa individu, infeksi kulit ini dapat memberikan luka yang disertai dengan rasa sakit, hangat dan pembengkakan yang berlebihan.

Infeksi Menyerang Gastrointestinal

Wabah jamur hitam ini memang memiliki efek penularan dan dapat menyebabkan kematian. Untuk mucormycosis gastrointestinal sendiri, gejala yang dialami dapat berupa sakit perut, mual dan muntah, hingga pendaftaran. Lalu, apakah ada kondisi lain?

Ya, yakni pada mucormycosis diseminata. adalah kondisi ketika infeksi menyebar menyerang kondisi lain karena kondisi medis lain membuat sulit mengetahui gejalanya.

Gejala ini memang belum ditemukan di berbagai negara, meski begitu, gejala tersebut harus tetap kita waspadai karena bukan tidak mungkin wabah ini akan menyerang Indonesia.

Pandemi belum berakhir, jangan lupa untuk selalu terapkan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Karena protokol kesehatan yang kalian jalani saat ini tak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang sekitar lingkungan anda.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Reagen Bagi Pemeriksaan Covid-19

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Diantaranya, ada biosafety cabinet, alat PCR, hingga reagen pcr. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA 

Sumber dan Referensi : World Health Organization (WHO)

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apa Saja Gejala Penyakit Jamur Hitam India? . Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya terkait artikel ini di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat