Laminar Air Flow Menurut Mahasiswa

Laminar Air Flow Menurut Mahasiswa – Apa perasaan mu jika memiliki meja kerja yang kotor dan tidak tertata? Tidak nyaman bukan? Bahkan bagaimana jika meja kerja itu berada di laboratorium? Sudah pasti ruangan otomatis tidak akan steril dan menghambat pekerjaan dan praktikum bagi para mahasiswa. Lantas, sebenarnya alat apa yang akan dibahas disini? Yuk kita simak bersama.

Alat laboratorium yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa kesehatan, khususnya di mayor kimia dan farmasi. Apalagi ditengah kesibukan aktifitas perkuliahan yang hampir setiap hari berkutat dengan dunia laboratorium, alat yang satu ini sudah jadi santapan sehari-hari bagi para mahasiswa. Eits, tapi menggunakan alat ini juga butuh ketelitian yang tinggi loh, karena alat ini bukan sekedar alat biasa, ukurannya pun tidak kecil.

laminar-air-flow-menurut-mahasiswa

Ya, Laminar Air Flow atau yang biasa disebut LAF ini, merupakan meja kerja steril yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan inokulasi/penanaman. Penanaman yang dimaksud bisa dimulai dari tahapan persiapan bahan tanaman, penanaman, dan pemindahan tanaman dari satu botol ke botol yang lain dalam kultur in vitro.

Laminal Air Flow yang biasanya berada dalam laboratorium mikrobiologi ini digunakan sebagai ruangan untuk pengerjaan aseptis. Sebelum mengenal lebih jauh, kita dapat lihat penampakan LAF yang ada dalam laboratorium di bawah ini.

laminar-air-flow-di-laboratorium

LAF berbentuk petak yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil ini, sangat dijaga dan diawasi keberadaannya di dalam laboratorium, karena ruangan yang satu ini harus sangat terjaga sterilitas dan aseptis nya. Mengapa demikian?

Dalam penggunaannya sendiri, apalagi dalam mata kuliah mikrobiologi yang terdapat dalam mayor farmasi, tekhnik sterilitas harus diterapkan, terutama jika sudah berkutat dengan bakteri, alat yang satu ini menjadi primadona yang sangat dibutuhkan dalam proses inokulasi bakteri tersebut. Sebelum membahas mengenai inokulasi bakteri pada LAF, kita perlu mengetahui tekhnik sterilitas tersebut. Lantas, apa yang dimaksud dengan steril dan sterilitas ini?

Baca juga : Laminar Air Flow Yang Ideal Untuk Kebutuhan Laboratorium Anda

Steril merupakan suatu keadaan dimana suatu alat bebas dari bakteri pathogen, mikroba dan bahan lainnya. Sedangkan Sterilisasi sendiri merupakan tekhnik untu menghilangkan semua bentuk kehidupan, baik patogen, non patogen, vegetative maupun non vegetatif pada suatu objek atau material. Nah, apabila kita sudah menerapkan kedua proses tersebut, barulah dapat dilakukan inokulasi yang prosesnya dikerjakan di dalam Laminar Air Flow.

Inokulasi sendiri dilakukan dengan cara memindahkan bakteri dari medium yang lama ke medium yang baru. Dan media yang digunakan pun harus steril sesuai yang dijelaskan sebelumnya, jika semua sudah dilakukan, barulah kita dapat masuk ke dalam LAF ini. Menyenangkan bukan bermain dengan alat yang satu ini? Terutama mahasiswa yang selalu berkutat di laboratorium. Karena dengan mencintai hal yang kita lakukan, semuanya akan terasa menyenangkan. Semangat terus para Laborians!

Demikian artikel tentang Laminar Air Flow Menurut Mahasiswa semoga bisa membantu memberikan informasi mengenai LAF. By the way, ini artikel yang ditulis oleh mahasiswa lho… Ayo isi kolom komentar, jika kalian punya pemahaman berbeda tentang laminar air flow menurut mahasiwa. Penulis doakan kalian para laboran bisa menjadi ahli di laboratorium sesuai dengan bidang yang diminati.

Ditulis oleh : DNA

Laminar Air Flow Menurut Mahasiswa
5 (100%) 2 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat