Cara Menggunakan HPLC Dengan Baik dan Benar

Cara Menggunakan HPLC – High Performance Liquid Chromatography atau sering disingkat HPLC. Termasuk kategori alat laboratorium dengan klasifikasi specific laboratory equipment. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit tentang Cara Menggunakan HPLC. Untuk membaca artikel lebih lengkap ada pada link : HPLC. Yuk kita lanjut baca artikel ini!

 

cara-menggunakan-hplc-andaru-persadas-mandiri-distributor-alat-laboratorium

Oke, pada point ini penulis akan sedikit mengulas tentang cara menggunakan HPLC. Langkah-langkah yang penulis buat mungkin saja sedikit berbeda dengan prosedur yang biasa anda lakukan di laboratorium, namun secara global masih sama. Untuk anda yang terbiasa menggunakan instrument yang satu ini, silahkan berikan masukan cara menggunakan HPLC di tempat anda ya.

Oh ya, mungkin saja terdapat perbedaan saat mengoperasikan alat labotarotium yang satu ini. Hal itu biasa, karena di pasaran negara Indonesia saat ini terdapat beberapa brand HPLC, seperti :

  • Shimadzu
  • Rigol
  • Waters
  • Agilent, dan lainnya.

Persiapan Awal Sebelum Menggunakan HPLC

Berikut ini tahapan awal yang perlu dilakukan, sebelum menggunakan HPLC :

  1. Lakukan persiapan sample yang yang akan dianalisa dengan menggunakan instrument ini, pastikan jumlahnya sesuai dan anda mengerti metode apa yang perlu digunakan.
  2. Lakukan pengecekan kabel ke sumber daya(listrik). Pastikan setiap kabel sudah terhubung, baik komputer ke listrik, instrumen ke listrik atau komputer ke instrumen.
  3. Jika dirasa tegangan listrik di wilayah anda tidak stabil, disarankan menggunakan stabilizer untuk memastikan sumber daya stabil.
  4. Nyalakan komputer dan setiap modul pada alat HPLC. Perhatikan sejenak setiap modul dan komputer, apakah menyala dengan baik. Jika terdapat modul yang tidak menyala atau komputer tidak menyala, lakukan pengecekan kabel yang terhubung ke sumber daya.
  5. Saat anda merasa sudah menyalakan instrument sesuai prosedur, namun tidak menyala. Tidak perlu menekan tombol power berulang kali, hubungi saja teknisi laboratorium anda.
  6. Buka atau double click icon software yang HPLC di komputer anda. Lakukan pengecekan sederhana, apakah instrument dan komputer sudah saling terhubung dan bisa berkomunikasi. Pada beberapa kasus, jika instrument sudah terhubung dengan komputer ditandai dengan bunyi beep pada instrument.

Baca juga artikel lebih lengkap : HPLC

Pengoperasian HPLC Dengan Sample

Perlu diketahui di awal, penggunaan HPLC dengan konfigurasi manual injector dan auto sampler memiliki sedikit perbedaan, namun masih dalam alur yang sama. Berikut ini adalah tahapan cara mengguna HPLC secara global :

  1. Perhatikan pipa atau selang outlet sudah terletak pada penampung yang benar. karena ini penting untuk menampung limbah proses analisa.
  2. Fokus ke software yang ada di komputer. Sebelum dan setelah menggunakan alat laboratorium ini, anda diharapkan melakukan flush atau purge atau dikenal dengan istilah pencucian kolom. Hal ini dilakukan agak kondisi kolom selalu dalam keadaan bersih dan tidak tersumbat. Pastikan membuka katup tekanan sebelum melakukan pembersihan kolom.
  3. Perhatikan dan pastikan larutan yang digunakan untuk fase gerak tersedia dalam jumlah yang cukup. Beberapa jenis larutan yang digunakan diantaranya adalah : Asetonitril, Metanol atau Aquabidest.
  4. Lakukan setting method pada software HPLC. Pada tahap ini anda diminta untuk melakukan setting detail mengenai aplikasi, komposisi dan waktu injeksi. Jika sebelumnya anda sudah memiliki method, tidak perlu membuat baru, gunakan saja yang sudah ada.
  5. Operasikan instrument untuk mendapatkan base line yang stabil. Jika belum mendapatkan base line yang stabil, perhatikan langkah-langkah sebelumnya. Jika diantara anda ada yang masih pemula, mintalah seseorang yang lebih ahli untuk membantu dalam hal ini.
  6. Pastikan tidak terdapat gelembung pada cairan fase gerak. Salah satu hal yang membuat base line menjadi tidak stabil adalah adanya gelembung. Beberapa jenis HPLC biasanya dilengkapi dengan degasser.
  7. Setelah base line didapat, anda bisa mulai memasukan sample. Dengan cara injeksi manual atau auto sampler, itu tergantung konfigurasi dari alat anda. Kelebihan menggunakan auto sampler tentunya lebih otomatis dan presisi.
  8. Detektor akan menangkap data dari sample dan menampilkannya di software. Pada beberapa kasus mungkin saja anda menemukan puncak ganda, dan belum langsung menemukan puncak tunggal pada chromatogram. Lakukan optimasi jika diperlukan.
  9. Save atau print hasil pengukuran.

Tahapan Setelah Penggunaan HPLC

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah menggunakan alat laboratoriu ini adalah :

  1. Keluarkan vial dari auto sampler
  2. Lakukan flush atau membersihkan kolom.
  3. Mematikan instrument sesuai dengan alur yang ditetapkan. Jika perlu melakukan disconnecting instrument, lakukan itu terlebih dahulu sebelum menonaktifkan switch power.
  4. Matikan komputer dan cabut sumber daya, jika tidak digunakan dalam waktu lama.
  5. Tutup HPLC dengan cover atau case lainnya untuk mencegah debu dan kotoran menempel.

Oh ya,.. pada beberapa kasus sering ada yang bertanya : bagaimana cara membersihkan HPLC? tentu setelah membaca cara menggunakan HPLC ini, anda jadi mengetahui cara membersihkan HPLC yang benar. Sebelum dan setelah menggunakan melakukan flush kolom oven.

Semoga bisa memberikan gambaran bagi anda yang belum pernah menggunakan alat laboratorium ini. Pastikan membaca buku panduan atau manual book jika anda ingin mengetahui lebih detail masing-masing instrument.

Untuk anda yang membutuhkan alat HPLC silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679. Link produk ada : disini.

Jika diantara anda para pembaca, belum memahami tentang alat HPLC hanya dengan membaca point cara menggunakan HPLC saja. Sabar, anda tidaklah sendiri, penulis ketika pertama kali memahami alat ini di bangku kuliah juga butuh beberapa hari. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu anda memahami alat HPLC. Jika diantara anda ada yang lebih ahli dengan alat laboratorium yang satu ini, silahakan komentar di kolom komentar ya. Sekian, dan tentu saja terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat