Apakah Virus Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan?

Apakah Virus Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? – Sobat, mungkin sebagian dari kita pernah berpikir, “apakah virus covid-19 bisa menular lewat makanan?”. Hal ini mungkin akan terasa membingunkan, apalagi membeli makan di restoran/tempat umum menjadi sangat lumrah dilakukan. Nah, lewat artikel ini penulis ingin membagikan informasi terkait hal tersebut. Yuk kita langsung simak artikel nya.

ilustrasi-makanan
Ilustrasi Makanan dan Minuman

Yang Berpotensi dapat Menularkan Virus Lewat Makanan :

Sebenarnya, virus apapun bisa saja berpotensi menular lewat makanan. Ada beberapa hal yang menyebabkan virus itu memiliki kemungkinan menular lewat makanan. Yakni seperti hal-hal di bawah ini :

  1. Tidak mencuci tangan saat hendak makan
  2. Makanan disajikan tanpa penutup
  3. Makanan tidak diolah secara aman dan bersih

Sebelum kita lanjut ke tips yang dapat dilakukan, tentu di masa pandemi seperti sekarang pemeriksaan covid-19 menjadi hal yang lumrah dilakukan. Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat screening covid-19, bisa kunjungi artikel ini ya alat GeNose C19.

Tapi, anda tidak perlu khawatir, virus tidak akan hinggap dalam hidangan makanan, jika kita menerapkan hal-hal berikut :

  1. Selalu menjaga kebersihan alat masak dan makan
  2. Memisahkan pangan matang dan mentah
  3. Memasak makanan hingga matang
  4. Menjaga pangan di suhu aman
  5. Menggunakan air bersih dan bahan baku yang digunakan aman

Makanan sangat jarang dites positif bahkan untuk materi genetik virus. Sejauh ini, satu-satunya laporan tentang makanan yang terkontaminasi berasal dari Asia dan bahkan laporan ini biasanya melaporkan adanya materi genetik virtual dan bukan virus hidup. Jumlah sampel positif dalam laporan ini sangat rendah, sama sekali tidak ada alasan untuk khawatir tentang penularan SARS-CoV-2 melalui makanan.

Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa penanganan atau konsumsi makanan ada hubungannya dengan Covid-19. Mengapa bisa demikian? Karena, covid-19 merupakan virus yang mengandung beberapa komponen tambahan yang biasanya akan diturunkan dan dimodifikasi dari membran inang. Dan virus tersebut akan mati begitu berada di luar tubuh. Sehingga Virus tidak mungkin bertahan hidup pada makanan yang telah disiapkan menggunakan panas, seperti melalui metode memanggang, merebus, menumis, dan microwave.

Hal-Hal Yang Dapat Kita Lakukan

Lalu, apa yang dapat kita lakukan?

Hal yang bisa kita lakukan saat ini tentu saja dengan selalu menerapkan prtokol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. So, selalu jaga kesehatan ya sobat.

Baca Juga : Informasi Lengkap Alat PCR

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apakah Virus Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? “. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat