Apa Itu Vaksin Booster dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Apa Itu Vaksin Booster dan Manfaatnya Bagi Tubuh – Vaksin booster kini sedang ramai dibicarakan di Indonesia. Vaksin ini merupakan vaksin dosis ketiga yang diutamakan pemberiannya bagi para tenaga kesehatan/nakes. Lalu, apa sebenarnya vaksin booster ini? Dan bagaimana manfaatnya bagi tubuh? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak artikel berikut ini.

ilustrasi-vaksin-booster
Ilustrasi Vaksin Booster

Apa Itu Vaksin Booster?

Beberapa hari ini, vaksin booster sudah disiapkan di Indonesia. Tapi, pemberian vaksin ini untuk sementara hanya diberikan untuk para tenaga kesehatan atau nakes.

Dilansir dari Medical News Today, vaksin booster atau penguat vaksin merupakan dosis vaksin tambahan yang bertujuan memberikan perlindungan terhadap penyakit karena efek dari beberapa vaksin yang mungkin dapat menurun seiring waktu. Sebelum covid-19 menimpa seluruh dunia, vaksin booster ini sudah umum diberikan pada beberapa penyakit, seperti infeksi virus, seperti tetanus, difteri, dan pertusis (DTaP) yang membutuhkan booster setiap 10 tahun sekali.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  PCR, PT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Pemberian vaksin booster ini berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali virus yang masuk. Sehingga, jika tubuh kembali terpapar virus tersebut, antibodi yang sudah terbentuk dapat mengenali dan membunuhnya sebelum menyebabkan kerusakan. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan, bahwa vaksin booster atau dosis ketiga ini dapat melatih tubuh untuk mengenali bakteri atau virus dan mempertahankan diri.  Jangka waktu pemberian dosis vaksin booster ini berbeda-beda, beberapa vaksin memerlukan booster berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun setelah suntikan pertamanya.

Di Indonesia, vaksin booster saat ini baru diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap. Hal ini disebabkan karena peningkatan kasus berat dan kritis di Indonesia mengakibatkan angka kematian meningkat, dan hal tersebut sangat erat dengan para tenaga kesehatan.

Manfaat Vaksin Booster Bagi Tubuh

Vaksin ini bekerja sesuai dengan namanya, booster. Yaitu untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap efek samping tertentu setelah menerima dosis vaksin awal. Terdapat dua kondisi yang membuat seseorang membutuhkan vaksin booster untuk penyakit covid-19, yaitu untuk memperpanjang perlindungan pasca vaksin sebagai langkah untuk mencegah penularan dari varian virus corona yang telah bermutasi, seperti varian yang saat ini dibicarakan, yakni varian alpha, beta, gamma, delta, delta plus, hingga yang terbaru saat ini, yakni varian Mu.

Bagaimana dengan anda? Apakah ada diantara anda yang belum pernah divaksin bahkan untuk dosis 1? Jika ada yang belum, jangan lupa untuk divaksin ya sobat. Karena dengan divaksin, kita sama saja sudah melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Baca Juga : 6 Cara Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referens : Medical Health Today

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apa Itu Vaksin Booster dan Manfaatnya Bagi Tubuh “. Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat