Alat Gas Chromatography – Sekilas Tentang Alat Gas Chromatography

Halo labs, gimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu ya! Hari ini penulis mau membahas secara santai tentang alat gas chromatography. Judul artikelnya : “Sekilas Tentang Alat Gas Chromatography”. Kalau kalian mau membaca versi lengkap tentang alat gas chromatography, penulis sertakan linknya disini : Gas Chromatography. Oh ya, untuk para pembaca yang lebih ahli atau sering menggunakan alat ini, tolong bantu saran di kolom komentar ya. Yuk kita lanjut baca!

alat-gas-chromatography-sekilas-tentang-alat-gc

Beberapa orang sering menyebut alat yang satu ini dengan sebutan GC, varian jenis lainnya ialah GC-MS. GC adalah singkatan dari Gas Chromatography, sedangkan GC-MS adalah singkatan dari Gas Chromatography Mass Spectrometry. Nah, sampai sini dulu udah mulai ngerti tentang kepanjangannya kan! Alat gas chromatography ini bekerja dengan bantuan gas, beberapa gas yang sering digunakan pada alat gas chromatography diantaranya :

  • Helium
  • Nitrogen
  • Argon
  • Hidrogen

Pertanyaan selanjutnya ialah, apa fungsi alat gas chromatography ini? Nah, dari sini udah mulai agak serius sih. Fungsi alat gas chromatography adalah untuk menganalisa senyawa organik pada suatu sample. Lalu kenapa harus menggunakan alat gas chromatography? apakah tidak cukup di handle dengan HPLC? Bagi anda yang belum tahu, HPLC merupakan singkatan dari High Performance Liquid Chromatography. Artikel tentang HPLC kami sertakan di link ini : HPLC

Alasan utama penggunaan gas chromatography untuk analisa senyawa pada suatu sample adalah karena kemampuan lebih pada senyawa yang mudah menguap. Beberapa orang juga sering bertanya, apa pengertian gc? Dalam bahasa yang sangat simple : Gas Cromatography adalah alat yang digunakan untuk menganalisa senyawa organik yang bersifat volatile dan semi volatile.

Penggunaan Alat Gas Chromatography

Beberapa aplikasi nyata penggunaan gas chromatography pada dunia industri atau penelitian :

  1. Penentuan kadar gas sulfur pada gas bumi
  2. Analisa senyawa limonene dalam pelet HDPE daur ulang
  3. Analisis gas oil transformer melalui headspace sampling (ASTM D3612), dll

Oke, kita lanjutkan ke prinsip kerja gas chromatogarphy. Pembahasan mengenai detail ini mungkin akan cukup panjang dan akan dijelaskan pada artikel lainnya. Namun, secara sederhana prinsip kerja alat gas chromatography ini menggunakan gas untuk membawa sample melalui kolom. Nah senyawa-senyawa tadi akan keluar dan ditangkap oleh detektor, dari hasil detektor tersebut akan didapat data mengenai jenis senyawa, suhu menguap dan lainnya.

Prosedur penggunaan alat gas chromatography tidaklah mudah, artinya ada beberapa bagian yang memang mesti dimengerti sebelum menggunakan. Penulis menyarankan kepada pengguna baru untuk fokus dan lebih memperhatikan tenaga ahli ketika menggunakan alat ini.

PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menjual instrument gas chromatography untuk kebutuhan anda. Bagi anda yang membutuhkan alat ini, silahkan menghubungi kontak kami via WhatsApp : +6287777277740 atau Telepon (0251) 7504679 ke office kami. Link produk kami sertakan disini : Jual Gas Chromatography

Sepertinya artikel mengenai : “Sekilas Tentang Alat Gas Chromatography akan penulis cukupkan sampai disini. Jika dirasa kurang lengkap, silahkan membaca artikel lengkap mengenai gas chromatography pada link berikut : Gas Chromatography.  Sekian dan tentu saja terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat