Apakah Vaksin Influenza dan PVC Bisa Bermanfaat Untuk Covid-19?

Apakah Vaksin Influenza dan PVC Bisa Bermanfaat Untuk Covid-19? – Vaksin Influenza dan PVC memang diketahui memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, bagaimana dengan covid-19? Untuk yang satu ini, memang masih membutuhkan banyak penelitian lagi. Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

ilustrasi-vaksin
Ilustrasi Vaksin

Akhir-akhir ini sering muncul informasi di media sosial dan masyarakat mengenai vaksin influenza dan PCV yang dapat bermanfaat untuk mencegah Covid-19 . Informasi ini membuat kebingungan di masyarakat apakah memang kedua vaksinasi tersebut memang bisa mencegah Covid-19.

Jadi apakah sebenarnya vaksin Influenza dan PCV benar-benar bisa bermanfaat untuk Covid-19? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya di artikel berikut.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Vaksin Influenza dan PVC Untuk Covid-19?

Informasi ini sempat membuat kebingungan di masyarakat. Mengapa demikian? Karena menurut kabar yang ada, kedua vaksinasi tersebut memang bisa bermanfaat untuk covid-19. Hal ini dikarenakan dalam beberapa penelitian, bahwa orang yang sudah dapat vaksin flu atau influenza, lalu orang tersebut terkena covid-19, ternyata akan mengalami 3 kemungkinan berikut. Diantaranya :

  1. Lebih rendah memiliki risiko kematian
  2. Risiko untuk masuk ICU akan lebih kecil
  3. Lebih rendah risiko untuk membutuhkan alat bantu napas.

Mengapa Vaksin PCV Bisa Diduga Bermanfaat Untuk Covid-19?

Menurut beberapa penelitian yang ada, orang yang sudah dapat vaksin PCV atau pneumonia dan terkena covid-19, ternyata lebih rendah risiko terdiagnosis covid-19, lebih rendah risiko rawat inap hingga lebih rendah risiko kematiannya.

Jadi, jika ada di sekitar anda yang bertanya, apakah vaksin influenza dan PCV ini dapat mencegah covid-19, maka jawabannya adalah belum pasti. Hal ini dikarenakan, bukti mengenai kemampuan vaksin influenza dan PCV ini terhadap covid-19 berasal dari penelitian epidemiologi, dan hingga saat ini belum ada hasil uji klinis vaksin influenza dan PCV terhadap covid-19.

Mekanisme Vaksin Influenza dan PCV

Yang perlu kita garis bawahi, mekanisme vaksin influenza dan PCV yang dapat bermanfaat untuk covid-19 ini masih belum jelas.

Meskipun belum jelas, namun hingga saat ini terdapat dua hipotesis mengenai mekanisme utamanya, yakni dapat meningkatkan kemampuan sistem imun bawaan dari tiap individu tersebut. Orang yang mendapat vaksin influenza, akan lebih baik kesehatannya secara umum dibanding yang tidak melakukan vaksin influenza. Tapi, meskipun begitu vaksin influenza dan PCV ini tetap direkomendasikan untuk menurunkan beban rumah sakit di era pandemi ini. Tak hanya itu, hal ini juga menurunkan risiko dari terinfeksi virus influenza dan streptococcus pneumoniae.

Bagi anda yang sedang membaca artikel ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga : Informasi Lengkap Alat PCR

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referensi : Petersen E.Lancet, 2020

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apakah Vaksin Influenza dan PVC Bisa Bermanfaat “. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat