Fungsi Laboratorium Yang Perlu Diketahui

Halo sobat labs, bagaimana kabarnya ? Semoga anda semua sehat selalu ya. Labs, laboratorium memiliki fungsi yang beragam di berbagai bidang. Ada di laboratorium kimia, biologi, mikrobiologi, fisika hingga farmasi. Lewat artikel ini, penulis ingin menjelaskan mengenai beberapa fungsi dari laboratorium tersebut. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

ilustrasi laboratorium
Fungsi Laboratorium Yang Perlu Diketahui

Sebelum kita masuk ke pembahasan, penulis ingin menginformasikan jika anda membutuhkan berbagai macam alat laboratorium, bisa anda dapatkan di distributor alat laboratorium.  PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan berbagai macam alat general laboratorium lainnya seperti disintegration tester, friability tester, hardness tester, dissolution tester, biosafety cabinet, mikroskop, mikropipet, autoclave, centrifuge, water bath.

Untuk informasi lebih lanjut, anda  bisa menghubungi kontak yang tersedia via WhatsApp : 0877 7727 7740 atau Telepon (0251) 7504679. Link alamat juga kami cantumkan disini googlemaps.

Fungsi Laboratorium Yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui sejarah alat ini, lalu apa sih fungsi laboratorium sebenarnya ? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Laboratorium ini memiliki banyak sekali fungsi yang berbeda lho. Namun secara umum, laboratorium ini berfungsi untuk melakukan suatu kegiatan atau penelitian. Penelitian yang dimaksud pun dapat bermacam-macam. Bagaimana dengan laboratorium di dalam lingkungan Sekolah ataupun Universitas? Ya, keduanya biasanya digunakan untuk melakukan berbagai penelitian ataupun media belajar bagi para siswa dan mahasiswa. Agar tidak bingung, penulis akan jabarkan mengenai fungsi laboratorium dalam bidang saintek di Sekolah ataupun Universitas tadi.

Apa saja sih laboratorium yang familiar ditelinga kita ? Laboratorium yang familiar diantara kita, terutama pada Sekolah ataupun Universitas diantaranya ada laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium mikrobiologi dan laboratorium farmasi.

Laboratorium Kimia

contoh gambar laboratorium Kimia
Praktikum di Laboratorium Kimia

Pertama ada laboratorium kimia. Laboratorium ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian bukan? Ya, laboratorium kimia sudah pasti ada di dalam Sekolah-Sekolah, baik itu SMA ataupun SMK. Laboratorium ini biasanya dibuat untuk melakukan berbagai jenis pembelajaran di bidang kimia, seperti praktikum-praktikum kecil dengan mereaksikan bahan kimia misalnya.

Laboratorium Biologi

Yang kedua ada laboratorium biologi. Saat SMA, anda pasti pernah mengikuti pelajaran yang satu ini bukan? Ya, berbeda dengan laboratorium kimia yang memiliki banyak alat dan juga instrumen, laboratorium biologi ini hanya memiliki sedikit alat atau instrumen. Karena biasanya alat ini lebih banyak diisi oleh alat peraga tubuh ataupun alat-alat kecil.

Laboratorium Fisika

Untuk fisika ini, apakah anda pernah memasukinya ? Memang, laboratorium fisik tidak sepopuler laboratorium biologi dan kimia. Tunggu, bukan berarti laboratorium ini tidak populer ya sob. Hanya saja, instrumen atau alat laboratorium yang satu ini tidak begitu banyak, atau tidak menggunakan alat laboratorium yang besar.

Laboratorium Mikrobiologi

contoh gambar laboratorium mikrobiologi
Laboratorium Mikrobiologi

Oke, selanjutnya ada laboratorium mikrobiologi. Jika mendengar namanya, apa yang ada di dalam pikiran kalian? Mikro? Biologi? Yuk kita simak perlahan.

Mikrobiologi ini merupakan cabang ilmu turunan dari biologi lho sob. Yang dimana mikrobiologi adalah cabang ilmu dari biologi yang mempelajari berbagai makhluk hidup atau organisme yang memiliki ukuran kecil. Organisme berukuran kecil tersebut disebut juga dengan mikroorganisme/mikroba. Apa sih yang dimaksud dengan mikroba ? Mikroba ini adalah organisme makhluk hidup seperti protozoa, jamur, virus dan juga bakteri. Tapi, karena mikroba tadi bersifat mikro (sangat kecil), maka untuk melakukan penelitian harus dilakukan berbagai proses yang lebih panjang dibandingkan dengan menggunakan makhluk hidup biasanya (seperti tumbuhan misalnya).

Bentar, apa sih perbedaannya dari segi lingkungan dibanding tiga laboratorium sebelumnya ? Perbedaannya, laboratorium mikrobiologi ini biasanya akan jauh lebih steril dibandingkan dengan yang lainnya. Memangnya kenapa harus steril? Tentu saja harus, karena mikroba yang digunakan sebagai sampel ini sangat sensitif, jadi harus diperlakukan dengan sangat steril.

Laboratorium Farmasi

Nah, kalau yang satu ini tentu saja merupakan laboratorium yang digunakan untuk segala proses penelitian dengan menggunakan instrumen yang berkaitan dengan pembuatan obat.

Bagi anda yang sudah sering bekerja di dalam laboratorium, silahkan bagikan pengalamannya di kolom komentar untuk diskusi bersama.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Fungsi Laboratorium “. Untuk informasi lengkap mengenai alat ini, anda bisa kunjungi artikel Laboratorium . Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat