Cara Penggunaan Viskometer Brookfield Dengan Benar

Cara Penggunaan Viskometer Brookfiled – Halo, sobat… Bagaimana kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat selalu, ya.. Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang cara penggunaan viskometer brookfield dengan benar. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel berikut ya..

Sebelum masuk ke pembahasan, penulis ingin menginformasikan jika anda membutuhkan alat laboratorium, anda bisa dapatkan di salah satu distributor alat laboratorium PT. Andaru Persada Mandiri. Distributor PT. Andaru Persada Mandiri ini menyediakan berbagai macam alat general lab seperti viskometer, sieve shaker, vortex mixer, laminar air flow, biosafety cabinet, mikroskop, mikropipet, autoclave, centrifuge, water bath, dan masih banyak lagi. Anda bisa menghubungi kontak yang tersedia via WhatsApp : 0877 7727 7740 atau Telepon (0251) 7504679. Link alamat juga kami cantumkan disini googlemaps

ilustrasi gambar Cara Menggunakan Viskometer Brookfield

Viskometer adalah alat laboratorium untuk mengukur kekentalan atau viskositas zat. Alat ini memiliki jenis yang bervariasi, satunya adalah viskometer brookfield.

Cara Penggunaan Viskometer Brookfiled

  1. Siapkan bahan atau cairan di dalam beaker glass 500 mL (pastikan bahan tersebut terisi dengan penuh di dalam baker).
  2. Pasang spindel pada alat. Nomor spindel dipilih sesuai dengan kebutuhan.
  3. Kemudian putar revolver untuk menurunkan spindel sampai terendam seluruhnya di dalam cairan.
  4. Pilih kecepatan RPM untuk perputarannya.
  5. Amati skala yang terlihat. Bila kecepatannya <10, anda bisa naikkan RPM nya. sedangkan jika kecepatannya lebih dari 100 maka ganti spindelnya dengan nomor lebih besar dari sebelumnya.
  6. Amati kecepatan pada skala tiap 3 kali putaran.
  7. Setelah selesai, keluarkan bahan dari wadah, lalu bersihkan spindle viskometer.

Membersihkan alat setelah digunakan sudah menjadi kebiasaan yang harus dilakukan di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk merawat alat dan mencegah terjadi nya kerusakan.

Lalu, bagaimana cara merawat viskometer ?

Perawatan yang akan dibahas berlaku untuk semua jenis viskometer ya. Jadi, silahkan di simak.

Membersihkan sisa cairan pada viskometer

ilustrasi gambar membersihkan viskometer

Terutama pada viskometer brookfiled, tentu saja anda harus membersihkan bagian spindle yang berkontak langsung dengan sampel. Anda bisa menggunakan alkohol kemudian dibasuh dengan tissue. Pada viskometer ostwald yang memiliki ruang kecil, penggunaan larutan pembersih tergantung dari jenis bahan yang di uji. Jika larutannya atau sampel mudah menguap, maka bisa langsung dibersihkan menggunakan sabun dan air mengalir. Sedangkan, jika menggunakan sampel kental yang sulit keluar dari pipa maka anda harus menggunakan larutan aseton untuk mengangkat sisa sampel tersebut.

Perhatikan bagian viskometer

ilustrasi gambar merawat viskometer

Sebenarnya, cara ini dilakukan ketika belum menggunakannya. Anda harus memastikan bahwa alat tersebut dapat berfungsi dengan baik, Dimulai dari memeriksa beberapa tombol, dan juga bagian penting seperti falling rod pada viskometer brookfield. Pada viskometer yang menghasilkan getaran harus sesekali di cek mesin motornya untuk memastikan bahwa getaran yang dihasilkan masih stabil.

Perhatikan ruang penyimpanan viskometer

ilustrasi gambar penyimpanan viskometer

Viskometer harus disimpan di dalam lemari agar terhindar dari debu. Selain itu, viskometer harus diletakkan diatas permukaan meja yang rata dan terhindar dari benda benda yang menghasilkan getaran. Suhu ruang juga harus diperhatikan agar alat viskometer dapat tersimpan dengan baik. Sebaiknya, jangan menyimpan viskometer di tempat yang sempit karena anda akan kesulitan untuk menggunakan nya.

Penulis : FR

Baik, kalau begitu sampai disini dulu artikel tentang “Cara Penggunaan Viskometer Brookfield Dengan Benar“. Jika anda pernah menggunakan alat viskometer atau memiliki pengetahuan lain mengenai cara penggunaan viskometer brookfield, silahkan berbagi review di kolom komentar ya.. Untuk membaca artikel tentang alat viskometer versi lengkap, bisa menekan link berikut : Viskometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat