Jenis Viskometer Yang Ada di Laboratorium

Jenis Viskometer – Halo, sobat… Bagaimana kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat selalu, ya.. Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai jenis viskometer yang ada di laboratorium. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel berikut ya..

Sebelum masuk ke pembahasan, penulis ingin menginformasikan jika anda membutuhkan alat laboratorium, anda bisa dapatkan di salah satu distributor alat laboratorium PT. Andaru Persada Mandiri. Distributor PT. Andaru Persada Mandiri ini menyediakan berbagai macam alat general lab seperti viskometer, sieve shaker, vortex mixer, laminar air flow, biosafety cabinet, mikroskop, mikropipet, autoclave, centrifuge, water bath, dan masih banyak lagi. Anda bisa menghubungi kontak yang tersedia via WhatsApp : 0877 7727 7740 atau Telepon (0251) 7504679. Link alamat juga kami cantumkan disini googlemaps

Jenis Jenis Viskometer

Sama seperti alat laboratorium lainnya, viskometer juga memiliki banyak jenis seperti viskometer ostwald, viskometer rotasi, viskometer brookfield, viskometer vibrasi, viskometer hoppler dan viskometer cone and plate.

1). Viskometer Ostwald atau Capillary Viscometer

Alat viskometer ostwald termasuk jenis viskometer yang sudah banyak digunakan baik di laboratorium atau industri. Viskometer ostwald biasa digunakan untuk cairan newtonian atau cairan yang kekentalannya tidak berubah dengan laju alir nya. Di laboratorium, viskometer ostwald lebih dikenal sebagai viskometer tabung U yang terbuat dari bahan kaca transparant sehingga anda mudah mengamati nya.

ilustrasi gambar Viskometer Ostwald

Jika lihat gambar diatas, larutan akan diisi sampai batas A setelah itu dihisap atau dipompa dengan bulp hingga melewati bohlam melalui pipa kapiler hingga batas B. Sampel yang melewati tabung kapiler sangat berpengaruh pada tekanan hidrostatik. Jangan lupa amati dan catat waktu yang dibutuhkan sampel untuk mencapai ke batas C.

2).Viskometer Rotasi (Rotational Viscometer)

ilustrasi gambar Viskometer Rotasi

Jenis viskometer rotasi bekerja dengan gaya yang menghasilkan putaran di dalam larutan atau fluida. Jumlah daya yang diperlukan pada perputaran spindle menunjukkan nilai viskositas nya, karena saat penggunaan viskometer ini tidak membutuhkan gravitasi sehingga proses kerjanya bergantung pada tegangan internal.

3). Viskometer Brookfield

ilustrasi gambar Viskometer Brookfield

Nah, kalau viskometer brookfield ini prinsip kerjanya sama dengan viskometer rotasi. Biasanya, alat ini banyak ditemui di beberapa laboratorium pendidikan. Hal ini menyatakan bahwa viskometer brookfiled paling umum digunakan untuk mengukur viskositas zat. Alat ini memiliki daya yang dapat memutar spindel dengan kecepatan kosntan saat di dalam sampel.

4). Viskometer Vibrasi (Vibration Viscometer)

ilustrasi gambar Viskometer Vibrasi

Pada viskometer vibrasi, benda di dalam sampel akan terhalang karena getaran yang dihasilkan. Besarnya getaran sangat berhubungan dengan kekentalan. Getaran yang dihasilkan dapat digunakan dengan pecahan peluru di detektor nya. Gaya akan membuat peluru menjadi pecah dan menghasilkan pecahan  yang berhubungan dengan densitas.

5). Viskometer Hoppler

ilustrasi Viskometer Hoppler

Selanjutnya, viskometer hoppler dikenal sebagai “falling ball viscometer”. Sesuai dengan namanya, alat ini berhubungan dengan pergerakkan bola ke dalam cairan fluida. Anda hanya memasukkan bola kecil ke dalam wadah yang miring, kemudian bola tersebut akan mengalir menempuh jarak L sehingga dapat menemukan nilai viskositas nya.

6). Cone and Plate Viscometer

ilustrasi Cone and Plate Viscometer

Viskometer cone and plate memiliki bentuk menyerupai kerucut yang diletakkan pada plat dengan permukaan datar horizontal. Jumlah sampel yang di uji menggunakan alat ini sangat sedikit sehingga mudah dibersihkan dan cepat. Viskometer ini adalah salah satu alat pengukur kekentalan paling canggih karena memiliki ketelitian yang tinggi.

Penulis : FR

Baik, kalau begitu sampai disini dulu artikel tentang “Jenis Viskometer Yang Ada di Laboratorium“. Jika anda pernah menggunakan alat viskometer atau memiliki pengetahuan lain mengenai jenis viskometer yang sering digunakan di laboratorium, silahkan berbagi review di kolom komentar ya.. Untuk membaca artikel tentang alat viskometer versi lengkap, bisa menekan link berikut : Viskometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat