Fungsi Viskometer Pada Kekentalan Zat

Fungsi Viskometer – Halo, sobat… Bagaimana kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat selalu, ya.. Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai fungsi viskometer pada kekentalan zat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel berikut ya..

Sebelum masuk ke pembahasan, penulis ingin menginformasikan jika anda membutuhkan alat laboratorium, anda bisa dapatkan di salah satu distributor alat laboratorium PT. Andaru Persada Mandiri. Distributor PT. Andaru Persada Mandiri ini menyediakan berbagai macam alat general lab seperti viskometer, sieve shaker, vortex mixer, laminar air flow, biosafety cabinet, mikroskop, mikropipet, autoclave, centrifuge, water bath, dan masih banyak lagi. Anda bisa menghubungi kontak yang tersedia via WhatsApp : 0877 7727 7740 atau Telepon (0251) 7504679. Link alamat juga kami cantumkan disini googlemaps

Viskometer adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur nilai kekentalan atau viskositas pada suatu zat atau fluida. Alat viskometer sudah banyak dimiliki oleh beberapa lembaga penelitian. Lalu, bagaimana fungsi viskometer ?

Fungsi Viskometer

ilustrasi gambar fungsi viskometer

Ternyata, viskometer bukan hanya digunakan di laboratorium farmasi saja. Namun, ada beberapa industri makanan, minuman dan obat yang memiliki viskometer untuk menguji kekentalan bahan atau produk nya. Selain itu, penggunaan viskometer menjadi salah satu parameter penting untuk menentukan kualitas bahan. Dibawah ini adalah penggunaan viskometer di berbagai tempat :

Penggunaan Viskometer di Laboratorium

Laboratorium farmasi menjadi salah satu tempat yang sering ditemui penggunaan viskometer nya. Tentu saja alat ini digunakan untuk mengukur kekentalan dari suatu sediaan obat yang dibuat. Laboratorium farmasi ini bisa tertuju pada lab. kampus serta industri obat dan kosmetik. Pada bidang farmasi, alat viskometer sangat berperan terhadap kekentalan sediaan obat seperti emulsi, pasta, sampo, dan produk kosmetik handbody.

Pasti kebayang kan bagaimana bentuk sediaan yang kental ?? Sediaan atau produk kental yang dijual berarti telah lulus pengujian viskositas nya. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap sifat alir zat. Dibawah ini adalah salah satu contoh penggunaan viskometer di laboratorium :

ilustrasi gambar penggunaan viskometer di laboratorium

Kekentalan atau viskositas suatu zat haru pas. Karena zat yang memiliki viskositas rendah akan sulit menyerap dan digunakan. Viskositas yang tinggi juga tidak baik guys, karena sediaan akan semakin encer dan sulit diaplikasikan.

Penggunaan Viskometer di Industri

Sama dengan industri obat dan kosmetik, industri cat atau tinta juga memiliki alat viskometer untuk menguji kekentalan produk nya. Pengujian viskositas pada cat atau tinta sangat berpengaruh pada proses pencelupan dan pelapisan nya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa viskometer berperan penting pada sifat atau karakteristik material dari suatu produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, pengujian viskositas menjadi salah satu cara alternative untuk menentukan kulitas dari produk.

Penggunaan alat viskometer akan dipertimbangkan pada kondisi dari material yang perlu disalurkaan melalui pipa atau di pompa. Dibawah ini adalah gambar pengukuran viskositas di industri obat dan cat.

ilustrasi gambar penggunaan viskometer di industri

ilustrasi gambar penggunaan viskometer di industri

Alat atau instrumen laboratorium viskometer juga dapat digunakan untuk mengetahui konsistensi batch dan kualitas produk. Selain itu, viskometer juga digunakan untuk memantau aktivitas enzim seperti selulase, protease, amilase dan pektinase.

Penulis : FR

Baik, kalau begitu sampai disini dulu artikel tentang “Fungsi Viskometer Pada Kekentalan Zat“. Jika anda pernah menggunakan alat viskometer atau memiliki pengetahuan lain mengenai Fungsi viskometer pada kekentalan zat, silahkan berbagi review di kolom komentar ya.. Untuk membaca artikel tentang alat viskometer versi lengkap, bisa menekan link berikut : Viskometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat