Pengertian GC – Gas Chromatography

Pengertian GC – Halo labs, gimana kabar anda hari ini? Semoga sehat selalu ya! Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang instrument Gas Chromatography atau sering disebut GC. Artikel kali ini cukup sederhana, yakni membahas tentang pengertian gc. Artikel versi lengkap mengenail instrument laboratorium gas chromatography penulis letakan disini : gas chromatography. Untuk para pembaca yang lebih ahli atau sering menggunakan alat ini, tolong bantu saran di kolom komentar ya.

gas-chromatography-pengertian-fungsi-prinsip-kerja-harga-jual

Pengertian GC(Gas Chromatography) Secara Bahasa

Jika dilihat dari sudut pandang bahasa GC tersusun dari 2 kata, yakni Gas dan Chromatography. Keduanya merupakan diambil dari bahasa Inggris. Dalam versi bahasa Indonesia bisa saja disebut gas kromatografi atau kromatografi gas.

Arti Gas Pada Gas Chromatography

Gas disini diartikan sebagai salah satu wujud materi, selain padat dan cair. Beberapa contoh gas yang biasa digunakan pada proses gas chromatography diantaranya:

  • Helium
  • Nitrogen
  • Argon
  • Hidrogen

Arti Chromatography

Chromatography dapat diartikan sebagai metode atau teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan. Dalam proses mempelajari chromatography anda akan menemukan istilah-istilah seperti : fase gerak, fase diam, kolom dan lainnya.

Kita kembali ke pengertian gc. Dari dua definisi tadi dapat disimpulkan bahwa gas chromatography adalah suatu teknik chromatography dengan bantuan media gas. Mengutip dari wikipedia : “Gas chromatography adalah jenis kromatografi yang umum digunakan dalam analisis kimia untuk pemisahan dan analisis senyawa yang dapat menguap tanpa mengalami dekomposisi.”

Artikel GC versi lengkap tersedia : Gas Chromatography

Dari penjelasan di atas, kita menemukan 2 kata kunci, yakni : pemisahan dan dekomposisi. Kedua kata tersebut mengacu kepada proses penguraian. Dekomposisi merupakan proses pemisahan suatu senyawa menjadi dua atau lebih bagian atau menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Setelah proses dekomposisi terjadi, tentu saja tinggal dianalisa berapa banyak komposisi masing-masing senyawa pada sebuah sample.

Contoh :

Sample A terdiri dari senyawa B dan senyawa C

A → B + C

Sample air terdiri dari senyawa Hidrogen dan Oksigen

2 H2O → 2 H2 + O2

Setelah mengetahui tentang pengertian gc, ternyata ada juga liquid chromatography. Jika gas chromatography memiliki alat bernama GC, maka liquid chromatography memiliki nama alat HPLC. Bagi anda yang ingin membaca artikel tentang High Performance Liquid Chromatography silahkan klik link berikut : HPLC

PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan alat GC(Gas Chromatography) dan GC-MS(Gas Chromatography Mass Spectrometry) untuk kebutuhan anda. Bagi anda yang membutuhkan alat ini, silahkan menghubungi kontak kami via WhatsApp : +6287777277740 atau Telepon (0251) 7504679 ke office kami. Link produk kami sertakan disini : Jual Gas Chromatography

Sejarah Chromatography

Sedikit sejarah yang berhubungan dengan chromatography. Terdapat beberapa nama yang memang berhubungan dengan proses terciptanya teknik chromatography, diantanya:

gas-chromatography-sejarah-mikhail-semenovich-tswett    gas-chromatography-sejarah-archer-john-porter-martin    gas-chromatography-sejarah-erika-cremer    gas-chromatography-sejarah-fritz-prior

  1. Mikhail Semenovich Tswett. Merupakan seorang pria kelahiran Italy sekitar tahun 1872 dan wafat sekitar tahun 1919. Beliau memiliki menemukan teknik chromatography sekitar tahun 1900an pada penelitiannya yang berhubungan dengan pigmen pada tanaman.
  2. Fritz Prior. Merupakan seorang pria kelahiran German tahun 1921 dan tutup usia sekitar tahun 1996. Karya tulis ilmiah yang terkenal berjudul : “Determination of Adsorption Heats of Gases and Vapors by the Application of the Chromatographic Method in the Gas Phase”.
  3. Archer John Porter Martin. Merupakan seorang pria kelahiran Inggris tahun 1910 dan tutup usia sekitar tahun 2002. Dalam proses pengembangan chromatography beliay menggunakan kertas saring berpori. Hal ini memungkinkan mengisolasi dan mengenali bahan kimia yang mirip asam amino.
  4. Erika Cremer. Merupakan seorang wanita kelahiran German tahun 1900 dan tutup usia sekitar tahun 1996. Beliau merupakan seorang ahli kimia dan salah satu profesor di universitas Innsbruck. Beliau juga orang penting yang mempelopori teknik gas chromatography.

Nah, dari empat orang tersebut mungkin anda bisa membaca biografi masing-masing yang berhubungan dengan chromatography.

Tahukah kamu jenis-jenis chromatography? Ternyata gas chromatography atau GC sering juga dihubungkan dengan GC-MS. Pembahasan tentang perbedaan instrument tersebut akan kita bahas pada point lainnya ya.

Semoga pembahasan mengenai pengertian gc ini bisa memberikan informasi kepada anda. Terutama bagi mahasiswa yang mencari dengan kata kunci “pengertian gc”, “gas kromatografi adalah” atau “kromatografi gas adalah”. Silahkan baca juga artikel fungsi gas chromatography dan prinsip kerja gas chromatography. Sekian dan tentu saja, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat