Pengertian Moisture Analyzer, Fungsi, Gambar dan Cara Kerja

Moisture Analyzer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar kelembaban pada suatu sample, sample yang bisa diukur kelembabannya bisa berupa serbuk cair, maupun granular. Supaya pembahasan artikel ini lebih mudah dipahami oleh orang awam, kita akan mulai pembahasannya dari pengertian moisture analyzer, fungsi moisture analyzer, gambar moistire analyzer dan cara kerja dari moisture analyzer. 

PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang memiliki produk moisture analyzer ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan moisture analyzer untuk laboratorium, silahkan menghubungi customer service Andaru via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679 untuk diskusi produk dan harga terbaik. Link produk penulis sertakan disini : Moisture Analyzer i-Thermo A64M

jual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

moisture-analyzer-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-lab

Baca juga : Daftar Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Pengertian Moisture Analyzer

Moisture Analizer merupakan satu dari sekian banyak alat alat laboratorium yang perlu diketahui fungsi utamanya. Alat ini digunakan untuk mengukur kadar kelembaban pada suatu sample, sample yang bisa diukur kelembabannya bisa berupa serbuk cair, maupun granular.

Hal ini kadang masih menjadi perbincangan di antara para praktisi dan laboran. Karena sebagian orang menganggap kelembaban selalu berorientasi pada air, sebagian yang lainnya berorientasi pada zat cair, bisa air, alkohol, minyak atau pelarut jenis lainnya.

Prinsip kerja dari alat moisture analyzer berfokus pada pengukuran massa sample sebelum dan sesudah di panaskan. Teknis pemanasan pada sample dilakukan dengan beberapa cara, salah satu yang biasa dilakukan adalah dengan memanaskannya dengan lampu Halogen.

Proses pemanasan sample dengan lampu halogen pada moisture analyzer akan menyebabkan massa dari sample berkurang, proses ini akan berakhir ketika massa sample tidak dapat lagi berkurang.

Dalam hubungannya dengan pengukuran tingkat kelembaban suatu zat, akan berhubungan dengan istilah LOD((Loss Of Drying) atau metode Karl Fisher.

Fungsi Moisture Analyzer

Fungsi dari alat moisture analyzer berfokus pada pengukuran LOD(Lost Of Drying). Pada case ini, LOD akan menghitung air dan segala jenis pelarut lainnya yang hilang pada proses pemanasan. LOD juga dikatakan sebagai pengukuran yang tidak spesifik, karena mengukur segala jenis zat yang menguap.

Pada kasus yang mudah, simulasinya seperti ini :

Sepotong kue yang masih basah, terkandung tepung, air, mentega dan telur. Kue tersebut kita masukan ke alat moisture analyzer, dengan berat awal 10 gram. Kemudian dipanaskan dalam waktu tertentu hingga didapatkan berat akhir menjadi 6 gram. Artinya pada proses pemanasan(pengukuran) ini terjadi penguapan zat air, mentega dan telur.

Lalu bagaimana jika kita ingin menghitung, berapa jumlah massa air yang terkandung dalam kue tersebut?

Jawabannya, menggunakan metode Karl Fisher.

Baca juga : Konsultan Alat Laboratorium

Gambar Moisture Analyzer

Baca juga : Konsultan Alat Laboratorium

Cara Kerja Moisture Analyzer

Cara kerja moisture analyzer sebetulnya telah disampaikan pada point sebelumnya secara umum. Namun secara ilmiah menggunakan metode Thermogravimetri. Menurut website farmasi industry Thermogravimetri adalah teknik dimana berat sampel direkam sebagai fungsi dari temperatur sesuai dengan program dalam alat.

Prinsip kerjanya :

  1. Sample dimasukan ke alat, lalu dicatat berat awal sample
  2. Sample akan dipanaskan hingga kelembaban menjadi hilang ketika proses pemanasan
  3. Pada waktu yang bersamaan kehilangan berat sample dicatat terus menerus.
  4. Proses akan berakhir ketika massa sample tidak berkurang lagi.

Lain halnya dengan moisture analyzer, terdapat alat moisture meter yang menggunakan metode Konduktometri. Metode ini menerapkan pengukuran sample pada nilai konduktifitas dan hantaran arus listrik.

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Demikian pembahasan tentang moisture analyzer, yang berisi tentang pengertian moisture analyzer, fungsi moisture analyzer, gambar moistire analyzer dan cara kerja dari moisture analyzer. Jika berkenan silahkan mengisi kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat