Fungsi HPLC – High Performance Liquid Chromatography

Fungsi HPLC – High Performance Liquid Chromatography atau sering disingkat HPLC. Termasuk kategori alat laboratorium dalam  klasifikasi specific laboratory equipment. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit tentang fungsi HPLC. Untuk membaca artikel lebih lengkap ada pada link : HPLC. Yuk kita lanjut baca artikel ini!

fungsi-hplc-secara-sederhana-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium

Penggunaan alat HPLC sangat erat kaitannya dengan dunia industri obat dan makanan. Fungsi HPLC adalah untuk menentukan atau mengukur atau menganalisa kadar bahan aktif  pada suatu sample(obat, makanan atau herbal). Pada beberapa kasus yang berhubungan dengan obat herbal, alat ini digunakan untuk menentukan marker pada suatu obat herbal.

Dari sekian banyak alat-alat laboratorium yang pernah anda gunakan, masih ingatkah anda beberapa uji kompetensi saat kuliah. Misalnya ketika anda diharapkan mampu melaksanakan prosedur dan teknik ekstraksi, isolasi dan pemurnian serta karakterisasi awal senyawa metabolit sekunder tumbuhan obat. Sebut saja senyawa piperin dari merica hitam. Terdapat banyak alat laboratorium yang perlu anda gunakan, diantaranya :

  1. Rotary Evaporator
  2. Timbangan Analitik
  3. Spektrofotometer
  4. Kolom kromatografi
  5. Hotplate. dan lainnya

Pada point nomor empat, terdapat kolom kromatografi.  Memang bukanlah alat yang sama dengan HPLC, namun bermula dari sinilah kita akan memahami apa itu fungsi HPLC. Jika pada kolom kromatografi hanya memanfaatkan gravitasi untuk proses pemisahannya, pada alat  HPLC terdapat pompa yang memberikan tekanan pada proses pemisahan. Selain tekanan atau pressure, ada beberapa aspek lagi yang perlu diperhatian, seperti : suhu atau temperature.

Baca juga artikel lebih lengkap : HPLC

Analogi Sederhana Fungsi HPLC

Nah, supaya masuk dengan kondisi saat ini, penulis coba buatkan analogi sederhana ya. Supaya anda ada gambaran tentang fungsi HPLC. Misalnya terdapat sebuah obat bernama decol**n, pada komposisi bungkus obat tersebut tertulis komposisi :

  • Paracetamol 400mg
  • Phenylpropanolamine HCL 12,5mg
  • Chlorphenamine Maleate 1mg

Dengan menggunakan alat HPLC seorang laboran berpengalaman bisa saja melakukan serangkaian kegiatan untuk mengecek detail komposisi dari obat tersebut. Adapun proses dan tahapannya mungkin saja berbeda antara sample yang satu dengan sample yang lainnya. Semoga dengan analogi sederhana tersebut pembaca memahami bahwa fungsi HPLC digukan untuk mengukur kadar suatu zat pada suatu sample.

Untuk anda yang membutuhkan alat HPLC silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium via Whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679. Link produk ada : disini.

Jika diantara anda para pembaca, belum memahami tentang alat HPLC hanya dengan membaca fungsinya saja. Sabar, anda tidaklah sendiri, penulis ketika pertama kali memahami alat ini di bangku kuliah juga butuh beberapa hari. Semoga dengan adanya artikel “Fungsi HPLC – High Performance Liquid Chromatography“, bisa membantu anda memahami alat HPLC. Mohon bantuan beri komentar jika anda lebih ahli dengan instrument laboratorium yang satu ini. Sekian, dan tentu saja terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat