Patogen – Pengertian, Jenis, dan Contohnya Yang Perlu Diketahui

Patogen – Pengertian, Jenis dan Contohnya – Istilah patogen sudah sering kita dengar, baik dalam pelajaran biologi, kimia hingga mikrobiologi. Patogen merupakan mikroorganisme parasit yang mampu menghasilkan berbagai jenis penyakit. Jenis-jenis patogen diantaranya ada virus, bakteri, jamur dan parasit. Ingin tahu lebih lanjut terkait patogen? Mari simak kelanjutannya dalam artikel berikut ini.

ilustrasi-patogen
Ilustrasi Patogen

Apa Itu Patogen?

Patogen adalah agen biologis atau disebut juga dengan mikroorganisme parasit yang mampu menghasilkan berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang inangnya yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan melalui simbiosis parasitisme, mutualisme, atau komensalisme.

Contoh patogen yang ditemukan pada manusia yaitu Corynebacterium diphteriae . Patogen ini dapat menyebabkan difteri, dan contoh lain yang menyerang hewan yaitu Protozoa toxoplasma gondii . Patogen ini yang menetap pada kucing ini dapat menyebabkan penyakit menular yang disebut Toksoplasmasis.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  Alat PCR, Reagen PCR dan Mesin Ekstraksi RNAPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Jenis-Jenis Patogen

Selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis patogen. Langsung saja kita simak.

Virus

Patogen satu ini memasuki tubuh manusia dan menyerang sel tempat mereka menyalin dirinya sendiri lalu menyebar ke sel lain.
Contoh virus penyakit ringan seperti flu biasa, dan flu perut hingga human immunodeficiency virus (HIV) dan hepatitis C dan serangan virus yang ekstrim seperti yang terjadi pada ratusan tahun silam hingga saat ini seperti antonine, justinian, cacar Jepang, black death, cacar, kolera, flu Rusia, flu Spanyol, flu Asia, flu Hong Kong, HIV/AIDS, Sars, flu babi, Ebola, Mers, dan yang terjadi saat ini Covid-19.

Bakteri

Bakteri adalah organisme mikroskopis yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Mereka dapat hidup di lingkungan yang beragam, baik di dalam maupun di luar tubuh manusia (seperti tanah, air sungai, serta air laut). Meski begitu, banyak bakteri yang tidak menyebabkan penyakit karena bukan termasuk ke dalam patogen.

Contoh infeksi bakteri termasuk radang tenggorokan, meningitis, dan keracunan makanan. Orang-orang lebih rentan terhadap infeksi bakteri setelah sistem kekebalan tubuh mereka telah melemah karena virus.

Jamur

Jamur merupakan spesies patogen yang dapat menyebabkan infeksi tumbuh dengan cepat. Sel yang terdapat pada jamur mengandung inti sel atau nukleus dan komponen lainnya yang dilindungi oleh membran dan dinding sel yang tebal. Jamur yang sudah masuk dan melakukan infeksi akan cenderung sulit diatasi. Hal ini dikarenakan ada banyak membran tebal yang melindungi inti jamur. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur adalah sariawan dan kurap.

Parasit

Parasit bisa diibaratkan seperti hewan kecil yang masuk dan bisa hidup di tubuh inangnya. Tiga jenis utama parasit dapat menyebabkan penyakit pada manusia, seperti istilah- istilah ilmiah berikut nih :

Protozoa : Merupakan organisme sel tunggal yang dapat hidup dan berkembang biak di tubuh.

Helminths : Organisme bersel banyak yang dapat hidup di dalam atau luar tubuh dan umumnya dikenal sebagai cacing.

Ektoparasit : Organisme bersel banyak, contohnya seperti nyamuk dan kutu. Parasit bisa menyebabkan gangguan pencernaan, penyakit menular seksual, malaria dan cacing usus.

Cara Mencegah Patogen Masuk Ke Dalam Tubuh

Untuk mencegah patogen tersebut masuk ke dalam tubuh, anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini :

  1. Sebelum memasak pastikan sudah mencuci bahan makanan anda dengan bersih, untuk menghindari bakteri atau cacing yang terdapat pada sayuran, buah dan daging yang ingin dimasak sehingga tidak menyebabkan keracunan makanan.
  2. Tidak saling bertukar barang dengan orang lain.
  3. Jauhi daerah yang sedang mengalami wabah penyakit.
  4. Menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.
  5. Melakukan vaksinasi covid-19.
  6. Konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Mengenal Trypanophobia dan Cara Mengatasinya

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referensi : Dinkes Kulonprogokab

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Patogen – Pengertian, Jenis dan Contohnya “. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Stay healthy guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat