Cara Menghindari Timbulnya Jerawat Saat Memakai Masker

Cara Menghindari Timbulnya Jerawat Saat Memakai Masker – Timbulnya jerawat di wajah dapat mengurangi rasa percaya diri pada tiap individu. Timbulnya jerawat dapat disebabkan dengan pemakaian masker dalam jangka waktu yang lama. Tapi, bagaimana dengan masa pandemi seperti sekarang? Nah, untuk mencegahnya, yuk simak cara menghindari timbulnya jerawat saat memakai masker berikut ini.

ilustrasi-jerawat
Ilustrasi Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat 

Apakah selama memakai masker wajah anda menjadi timbul jerawat?

Nah, di tengah pandemi ini semakin banyak orang-orang yang merasakan hal tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, tentu saja karena pandemi covid-19 yang melanda. Dari penelitian pada 833 staf fakultas kedokteran di Thailand, diketahui ada 54% orang mengalami kelainan kulit karena penggunaannya yang terlalu sering.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  PCR, PT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Seperti yang kita tahu, sejak dulu jerawat menjadi satu masalah kulit yang paling mengganggu, karena letaknya yang ada di sekitar wajah. Tapi, sebenarnya anda tak perlu khawatir, jerawat yang muncul tadi biasanya akan membaik dalam beberapa hari, apalagi jika anda terbiasa merawat wajah.

Kenapa bisa muncul jerawat saat memakai masker?

Hal ini dipicu oleh berbagai kemungkinan. Seperti kulit yang lembab karena tertutup masker, munculnya bakteri kulit di area yang tertutup masker, hingga gesekan masker pada kulit yang menyebabkan iritasi .

Kelainan atau infeksi yang dirasakan diantaranya seperti eksim yang disebabkan oleh faktor dari luar, seperti bahan kimia atau fisik. Hal ini terjadi karena biasanya daerah pipi dan hidung kita tertutup masker selama lebih dari 6 jam. Karena tertutup, kulit yang sensitif bisa menimbulkan beberapa reaksi seperti kulit kering, kemerahan, gatal, hingga yang paling sering terjadi adalah timbulnya jerawat.

Cara Menghindari

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan cara-cara berikut ini :

  1. Membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang cocok. Ini menjadi poin penting, karena jika pembersih wajah yang anda gunakan tidak cocok, kemungkinan munculnya jerawat ini akan semakin besar.
  2. Menggunakan pelembab pada kulit 30 menit sebelum menggunakan masker. Ingat, tunggu 30 menit dulu sebelum memakai masker ya.
  3. Gunakan tape silicon/acne tape khusus wajah untuk melindungi hidung dan pipi jika perlu. Acne tape ini berfungsi agar jerawat yang ada di wajah tidak terkena infeksi.
  4. Gunakan masker dengan benar, jangan terlalu ketat ya.
  5. Buka masker secara berkala saat jauh dari kerumunan, untuk mencegah adanya tekanan dan kelembaban.

Selain cara-cara di atas, jangan lupa juga untuk selalu terapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Ada tambahan nih, jangan lupa untuk selalu cukupi kebutuhan cairan dan menjaga kesehatan mulut dengan rutin mencuci gigi dengan baik dan benar.

Baca Juga : Cara Mengenali Masker Palsu dan Cara Mengatasinya

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referensi : Rudd E.2021.BMJ, 2021

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Cara Menghindari Timbulnya Jerawat Saat Memakai Masker “. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat