Mengenal Trypanophobia dan Cara Mengatasinya

Mengenal Trypanophobia dan Cara MengatasinyaApakah anda pernah mendengar trypanophobia? Trypanophobia adalah kondisi ketakutan berlebih yang dialami seseorang terhadap jarum suntik. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan hingga lansia. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita simak ulasannya pada artikel berikut ini.

ilustrasi-jarum-suntik
Ilustrasi Jarum Suntik

Apa Itu Trypanophobia ?

Trypanophobia adalah kondisi ketakutan berlebih yang dialami seseorang terhadap jarum suntik. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan hingga lansia. Apakah kerabat anda ada yang mengalaminya? Yuk kita cari tahu penyebab, gejala dan cara mengatasinya.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  PCR, PT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Penyebab Trypanophobia

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang takut dengan jarum suntik, diantaranya memiliki pengalaman traumatis yang berkaitan dengan jarum suntik, riwayat dalam keluarga, memiliki fobia di masa kecil dengan jarum suntik, hingga memiliki sifat tempramen.  Beberapa penelitian juga ada yang beranggapan bahwa penyebab dari trypanophobia ini bisa dari riwayat pada keluarga atau yang disebut keturunan.

Contoh nyata yang ada di masyarakat saat ini adalah suntik vaksin. Tidak sedikit masyarakat yang enggan melakukan vaksinasi karena memiliki ketakutan akan jarum suntik. Orang-orang dengan ketakutan tersebut akan memiliki gejala-gejala seperti pusing, pingsan, insomnia, sesak napas, mulut kering,mual, badan gemetar, cemas berlebih, kepanikan berlebih, tekanan darah tinggi, hingga jantung berdebar. Gejala tadi bisa muncul secara tiba-tiba, saat itu juga, bahkan beberapa hari sebelum melakukan vaksinasi. Dan ketika gejala tersebut muncul, tentu saja kita tidak boleh melakukan vaksinasi.

Tapi, ketakutan akan jarum suntik ini sebenarnya bisa dihilangkan lho. Dengan cara apa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Trypanophobia

Jika ada kerabat anda yang memiliki trypanophobia saat hendak melakukan vaksinasi, sebaiknya tidak perlu panik dan khawatir. Karena hal ini bisa diatasi dengan cara sebagai berikut :

  1. Bawa pendamping ketika hendak menuju tempat vaksin, bisa keluarga, kerabat hingga teman terdekat.
  2. Alihkan pikiran ketika hendak memiliki jadwal vaksinasi, bisa dengan mendengarkan musik dan menonton film, hal ini bertujuan agar pikiran anda bisa lebih rileks.
  3. Coba untuk tenang dan rileks. Pastikan diri anda untuk tetap tenang ketika hendak divaksin.
  4. Jangan melenturkan otot tempat suntikan akan diberikan. Beberapa suntikan seperti vaksin untuk melawan tetanus atau covid-19 ini diberikan di dalam otot.
  5. Duduk sebentar atau berbaring sebelum masuk ke tempat vaksin, tenangkan diri anda terlebih dahulu.
  6. Jika memang kondisi anda ketika dilakukan pemeriksaan sangat tidak baik, sebaiknya atur ulang jadwal vaksin dan buat persiapan yang lebih matang.

Itu tadi enam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi trypanophobia. Karena di masa pandemi ini, kita harus mematuhi aturan vaksin yang ada agar dapat meminimalisir penyebaran virus covid-19 di lingkungan kita.

Baca Juga : Cara Mengenali Masker Medis Palsu di Pasaran

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referensi : Very Health Well

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Mengenal Trypanophobia dan Cara Mengatasinya “. Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat