Fungsi FTIR – Fourier Transformed Infrared

FTIR adalah singkatan dari Fourier Transform Infra Red, merupakan sebuah alat laboratorium yang digunakan untuk analisis gugus fungsi secara kualitatif ataupun kuantitatif dalam suatu senyawa. Pada artikel kali ini penulis akan mengulas tentang “Fungsi FTIR – Fourier Transformed Infrared“. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang memiliki produk autoclave ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan alat autoclave bisa menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link produk autoclave tersedia pada tautan :  Compact FTIR 311

 

jual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

fungsi-ftir-fourier-transformed-infrared

Baca juga : Daftar Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Oke, kita lanjut ke topik utama. Fungsi FTIR mirip dengan alat spektrofotometer, hanya saja pada FTIR ini didominasi oleh sinar inframerah dalam mengidentifikasi gugus-gugus fungsional yang terdapat dalam suatu senyawa. Jika diantara anda para pembaca belum mengetahui alat spektrofotometer, silahakan baca artikel kami sebelumnya ya.

Fungsi Utama FTIR – Fourier Transformed Infrared

Selain gugus fungsi, FTIR juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi senyawa dan menganalisis campuran dari sampel yang dianalisis tanpa merusak sampel. FTIR juga memiliki daerah inframerah pada spektrum gelombang elektromagnetik dimulai dari panjang gelombang 14000 cm-1 hingga 10-1.

Dalam penggunaannya, FTIR menggunakan metode bebas reagen, tanpa penggunaan radioaktif dan dapat mengukur kadar hormon secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis gugus fungsi suatu sampel dilakukan dengan membandingkan pita absorbsi yang terbentuk pada spektrum infra merah menggunakan spektrum senyawa pembanding yang tentunya sudah diketahui sebelumnya.

Baca juga : Konsultan Alat Laboratorium

Jika bicara prinsip kerja FTIR, alat yang satu ini memiliki interaksi antara energi dan materi. Infrared yang melewati celah ke sampel, dimana celah tersebut berfungsi mengontrol jumlah energi ysng disampaikan kepada sampel. Kemudian beberapa infrared diserap oleh sampel dan yang lainnya di transmisikan melalui permukaan sampel sehingga sinar infrared lolos ke detektor dan sinyal yang terukur kemudian dikirim ke komputer dan direkam dalam bentuk puncak-puncak.

Nah, kalau sudah tahu prinsipnya, pasti kita juga penasaran kan bagaimana aplikasi FTIR ini dalam pembelajaran ataupun laboratorium?. Yap, alat ini digunakan ketika hendak melakukan penelitian dalam mencari atau memastikan suatu senyawa kimia yang terkandung dalam obat atau senyawa alam. Biasanya, proses FTIR ini merupakan proses akhir dari penemuan atau identifikasi senyawa dalam bahan alam, walau tak sedikit pula yang berlanjut pada proses pencarian karakterisasi senyawa menggunakan alat GC-MS.

Perlu juga diketahui, metode dalam FTIR ini tidak memerlukan preparasi sampel yang rumit dimana baik sampel padatan maupun cairan bisa langsung dianalisa untuk menghasilkan spektrum serta dapat mengukur intensitas pada berbagai panjang gelombang secara serempak, sehingga akan lebih cepat dan efisien nih sobat.

Jadi, sudah paham kan bagaimana fungsi FTIR ini? Semoga artikel “Fungsi FTIR – Fourier Transformed Infrared” bisa membantu anda memahami apa fungsi instrument yang satu ini. Pastikan untuk selalu mejaga keselamatan dan kebersihan FTIR setelah digunakan. Bagi para pembaca yang lebih ahli dengan instrument FTIR, bantu penulis dengan mengisi kolom komentar ya. Semangat terus sobat labs!

Ditulis oleh : DNA

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Demikian pembahasan tentang Autoclave, yang berisi mulai dari pengertian ftir, fungsi ftir, cara menggunakan ftir, rekomendasi ftir untuk laboratorium anda, harga ftir 2022 dan hal lainnya yang berhubungan dengan autoclave. Cukup sekian dan tentu saja terima kasih.

4 Comments

    1. Terima kasih Kak Ardianti atas komentarnya. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya Kak.

  1. Terima kasih artikelnya sangat membantu, jadi tau metode FTIR ternyata ga serumit itu. Jadi ngerti karena penjelasannya lengkap

    1. Terima kasih kembali Kak Fara. Jangan lupa baca juga artikel lainnya dari website kami mengenai alat-alat laboratorium Kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat