Water Purification System – Pengertian dan Penggunaannya

Water Purification System adalah alat yang digunakan untuk memurnikan air sehingga bebas dari kotoran atau partikel. Biasanya, pemurnian yang dilakukan dengan alat ini akan menghasilkan air yang bersih sehingga aman untuk di konsumsi. Alat water purification system juga bisa digunakan dalam bidang medis, farmakologi, kimia bahkan industri. Pada artikel kali ini penulis akan membahas beberapa point penting tentang metabolic cage seperti Pengertian Water Purification System, Fungsi Water Purification System, Prinsip Kerja Water Purification System, Bagian Water Purification System, Cara Menggunakan Water Purification System, Spesifikasi Water Purification System, Harga Water Purification System dan Tempat Jual Water Purification System. 

PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang memiliki produk Water Purification System ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan alat Water Purification System bisa menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link produk Water Purification System tersedia pada tautan : Water Purification System Smart N-II

jual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

ilustrasi gambar water purification system

Jaman sekarang, teknologi mulai canggih dan berkembang, salah satunya dalam pemurnian air. Proses pemurnian air hanya membutuhkan alat otomatis yang bernama “Water Purification System’. Bagaimana bentuknya ?? Dan apa fungsi sebenernya dari water purification system ??? Langsung saja kita bahas, yuk…

Apa itu Water Purification System ??

ilustrasi gambar Water Purification System

Jika dilihat dari namanya, water purification system adalah alat yang berhubungan dengan air. Yup,,, water purification system adalah alat yang digunakan untuk memurnikan air agar terbebas dari kotoran seperti bakteri, parasit, fungi dan sebagainya sehingga bisa dikonsumsi oleh manusia. Terkadang, air yang kita masak untuk diminum pun belum tentu bersih, sehingga penggunaan water purification ini sangat diperlukan.

Berbicara tentang cara memurnikan air dengan water purification system, anda sudah tau belum pemurnian air itu apa sih ??? dan tujuannya untuk apa ?? Kita bahas sedikit yuk..

Pemurnian Air

ilustrasi gambar Pemurnian Air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup seperti manusia, hewan bahkan tumbuhan. Kebutuhan air untuk manusia pastinya harus diperhatikan kebersihannya, apalagi air tersebut untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada manusia.

Biasanya, kebanyakan masyarakat yang hidup di desa selalu mengkonsumsi air yang dimasak, air tersebut berasal dari sumur. Padahal, air yang sudah di masak belum tentu terhindar dari bakteri. Oleh karena itu perlu dilakukan pemurnian air menggunakan alat water purification system. Pemurnian air adalah suatu upaya dan proses untuk memisahkan bakteri, partikel kasar atau bahan kotor dari air tersebut.

Selain itu, pemurnian air juga bukan hanya untuk di konsumsi. Tetapi untuk diperlukan di beberapa tempat seperti industri yang akan digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan produk. Penggunaan air yang bersih akan membantu meningkatkan kualitas produk.

Tujuan pemurnian air

Ada beberapa tujuan yang menjadi hal penting dilakukannya pemurnian air, yaitu :

  • membuat warna air menjadi bening dan mengurani kekeruhan
  • menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap
  • membunuh mikroorganisme
  • mengurangi kadar bahan kimia yang sudah terlarut dalam air
  • memperbaiki pH air

Fungsi water purification system

ilustrasi gambar Fungsi water purification system

Sesuai dengan pembahasan diatas, water purification ini berfungsi untuk memurnikan air proses dimana senyawa kimia yang tidak diinginkan, bahan organik dan anorganik, dan kontaminan biologis dikeluarkan dari air. Proses tersebut juga mencakup destilasi (pengubahan cairan menjadi uap untuk mengembunkan nya kembali ke bentuk cair) dan deionisasi (penghilangan ion melalui ekstraksi garam terlarut). Salah satu tujuan utama pemurnian air adalah untuk menyediakan air minum yang bersih. Pemurnian air juga memenuhi kebutuhan aplikasi medis, farmakologi, kimia, dan industri untuk air bersih dan minum.

Penggunaan water purification system di Industri

Selain untuk minum dan keperluan rumah tangga, industri juga mengkonsumsi air dalam jumlah yang sangat besar. Industri kimia, minyak bumi, pengolahan makanan, dan tekstil, misalnya, membutuhkan air untuk pembuatan, pemrosesan, pemanasan, pendinginan, pencucian, pembilasan, dan aplikasi lainnya. Sistem industri semacam itu memerlukan air yang diolah, dan kurangnya pemurnian yang tepat dapat menyebabkan masalah seperti penskalaan, korosi, pengendapan, pertumbuhan bakteri dalam perpipaan atau peralatan pemrosesan, dan kualitas produk yang buruk.

Selain proses pengolahan air konvensional, pemurnian air industri juga dapat melibatkan teknik khusus seperti elektrodeionisasi, pertukaran ion, sistem membran, pengolahan ozon, penguapan, dan penyinaran ultraviolet. Pemilihan teknologi tergantung pada kualitas air baku dan tujuan penggunaan industri. Oleh karena itu, water purification system juga berperan penting dalam bidang industri.

Prinsip kerja water purification system

Alat water purification system pada dasarnya bekerja berdasarkan prinsip yang dikenal sebagai Reverse Osmosis (RO). Dalam teknologi ini, air dibuat untuk melewati membran selektif sehingga kotoran yang lebih kecil melewati membran dan air murni tetap berada di sisi lain membran. Proses ini disebut reverse osmosis karena di sini tekanan diterapkan pada arah sebaliknya untuk mengatasi kecenderungan air untuk pergi ke sisi yang memiliki lebih sedikit air dan lebih banyak zat terlarut sehingga dengan menerapkan tekanan dalam arah sebaliknya air murni tetap berada di satu sisi yang dapat digunakan.

Untuk lebih jelasnya, kita bahas sedikit yuk tentang Reserve osmosis (RO).

Reverse Osmosis

ilustrasi gambar Reverse Osmosis

Sistem Reverse Osmosis melibatkan mekanisme penyaringan air sederhana. Sistem filtrasi mencakup aliran air atau pelarut lain melalui membran semipermeabel. Membran memblokir zat terlarut terlarut yang mencemari air. Proses menyaring semua jenis kontaminan seperti ion, pestisida, mikroorganisme dan bahan kimia lainnya dari air. Proses filtrasi ini adalah salah satu metode pemurnian air yang paling efektif. Desalinasi adalah proses penghilangan garam dari air laut Banyak pabrik pengolahan air sekarang mulai menggunakan teknik Reverse Osmosis ini untuk menangani banyak masalah yang berhubungan dengan air.

Ada berbagai komponen yang terlibat dalam sistem Reverse Osmosis serta fungsi dari komponen-komponen yang menjadi bagian integral dalam sistem RO adalah sebagai berikut:

Pra-filter

ilustrasi gambar Pra-filter

Air yang mengalir melalui katup saluran air dingin melewati Pra-Filter Reverse Osmosis. Beberapa pra-filter yang umum digunakan adalah filter sedimen dan karbon. Filter ini membantu menghilangkan kotoran, kandungan klorin, dan sedimen lain yang ada dalam air untuk melindungi membran dari kerusakan.

Membran Reverse Osmosis

ilustrasi gambar Membran Reverse Osmosis

Membran RO merupakan komponen penting dari sistem. Selain itu, membran membantu menghilangkan kontaminan dari air. Air masuk ke tangki penyimpanan setelah tahap pemurnian ini.

Storage Tank

ilustrasi gambar Storage Tank

Seperti namanya, tangki ini memurnikan air olahan. Kapasitas penyimpanan pemurni berbeda, itulah alasan mengapa Anda perlu memeriksa penggunaannya sebelum membuat keputusan akhir.

Post-Filter

ilustrasi gambar Post-Filter

Sebelum air yang disimpan di tangki penyimpanan keluar dari faucet Reverse Osmosis, ia masuk melalui post-filter terakhir. Ini sebenarnya adalah filter karbon. Filter karbon membantu menghilangkan bau tak sedap dari air yang Anda minum dan juga meningkatkan rasa air.

Jenis Water Purification System

Ada berbagai teknologi pemurnian air yang tersedia di pasaran. Alat water purification system ini terdiri dari 3 jenis yaitu RO Water Purifiers, UV Water Purifiers, and UF (gravity based) water purifiers. Bagaimana bentuk dan kegunaannya ? Kita bahas satu persatu yaaa.

RO Water Purifiers

ilustrasi gambar RO Water Purifiers

Reverse Osmosis Purifiers adalah salah satu jenis water purification system yang paling umum digunakan dan ideal untuk area yang memiliki tingkat TDS tinggi. Jenis RO ini mampu membantu menghilangkan logam berat, flouride, arsenik, dan kotoran beracun lainnya dari air. Selain itu, jenis RO juga membantu menghilangkan beberapa mineral penting dari air, yang membuatnya penting untuk memastikan bahwa pemurni air memiliki kontrol TDS.

Gravity Based Water Purifiers

ilustrasi gambar Gravity Based Water Purifiers

Selanjutnya ada gravity based water purifiers yang sangat murah dan tidak memerlukan daya untuk proses penggunaannya.  Biasanya, penggunaan alat jenis ini digunakan untuk daerah yang tingkat TDS nya rendah. Tentu saja, gravity based ini mampu menghilangkan bakteri, debu hingga klorin yang terkandung di dalam air.

UV Water Purifiers

ilustrasi gambar UV Water Purifiers

Yang terakhir ada UV Water Purifier. Pada proses kerjanya, alat ini menggunakan lampu UV berdaya tinggi yang mampu mendisinfeksi air dan membantu menghilangkan kontaminan dari air. UV Water Purifiers ini sangat ideal untuk memurnikan keran dan air perusahaan kota seperti industri. Sayangnya, water purifiers jenis UV tidak dapat menghilangkan kotoran terlarut dari air.

Proses Kerja Water Purifiation System Dalam Memurnikan Air

ilustrasi gambar Proses Kerja Water Purifiation System

Saat beroperasi, tentu saja anda tertuju dengan proses kerja atau cara alat tersebut dapat memurnikan air. Bagaimana tidak ?? karena air yang kita anggap belum bersih bisa menjadi bersih dan aman dikonsumsi setelah di murnikan menggunakan alat ini. Bagaimana prosesnya ??? Dalam proses kerja nya, alat water purification system membutuhkan beberapa tahap seperti koagulasi, folukasi, sedimentasi, filtrasi dan desinfeksi.

Koagulasi

ilustrasi gambar Koagulasi

Koagulasi adalah langkah utama yang digunakan dalam pengolahan air. Selama proses koagulasi, bahan kimia yang memiliki muatan positif akan ditambahkan ke dalam air. Muatan positif nantinya akan menetralkan muatan negatif dari kotoran dan partikel yang terlarut di dalam air. Kemudian, partikel akan berikatan dengan bahan kimia untuk membentuk partikel yang berukuran besar. Pada koagulasi juga pastinya membutuhkan beberapa bahan kimia seperti garam, alumunium atau besi tertentu.

Flokulasi

ilustrasi gambar Flokulasi

Setelah melalui proses koagulasi, selanjutnya ada tahap flokulasi. Proses flokulasi adalah pencampuran air yang lembut untuk membentuk partikel yang lebih besar dan lebih berat yang dikenal sebagai “flok”. Seringkali, pada penggunaan water purification system akan menambahkan bahan kimia tambahan selama flokulasi berlangsung untuk membantu pembentukan flok.

Sedimentasi

Sedimentasi adalah salah satu langkah yang digunakan dalam pengolahan atau pemurnian air untuk memisahkan padatan dari air. Selama sedimentasi, flok akan mengendap di dasar air karena memiliki massa lebih berat daripada air.

Filtrasi

Setelah hasil flok mengendap di dasar air, air yang jernih di atas kemudian disaring untuk memisahkan padatan tambahan dari air. Selama penyaringan, air jernih melewati filter yang memiliki ukuran pori berbeda dan terbuat dari bahan yang berbeda (seperti pasir, kerikil dan arang). Filter ini menghilangkan partikel dan kuman terlarut seperti debu, bahan kimia, parasit, bakteri dan virus. Filter karbon yang aktif juga dapat menghilangkan bau tak sedap.

Alat pemurnian air dapat menggunakan proses yang disebut ultrafiltrasi sebagai tambahan atau sebagai pengganti filtrasi tradisional. Selama ultrafiltrasi, air akan melewati membran filter dengan pori pori yang sangat kecil. Nah, filter ini hanya memungkinkan melalui air dan molekul kecil lainnya (seperti garam dan molekul kecil bermuatan).

Disinfeksi

Setelah air disaring, anda dapat menambahkan satu atau lebih desinfektan kimia (klorin, kloramin atau klorin dioksida) untuk membunuh parasit, bakteri atau virus yang masih tersisa. Untuk membantu dan menjaga air tetap aman saat mengalir, pabrik pengolahan air akan memastikan air memiliki tingkat desinfektan kimia yang rendah.

Perawatan Water Purification System

Perawatan yang dilakukan terhadap alat water purification system akan menjaga alat agar tetap awet, mencegah kerusakan serta memperpanjang masa penggunaannya. Lalu, apa saja yang harus dilakukan dalam merawat water purification system ?

  • Ganti semua filter setiap tahun atau maksimal 12 bulan
  • Ganti membran RO setiap tahun
  • Sanitasi tangki penyimpanan air
  • Pastikan untuk membersihkan dan mensanitasi pipa setiap 2 tahun

Kenapa harus menggunakan water purification system ??

Setelah mengetahui tentang pengertian, fungsi hingga cara menggunakannya,, ada beberapa point penting yang menjadi alasan untuk menggunakan alat water purification system..Dibawah ini adalah beberapa alasan yang menjadi kelebihan water purification system ketika digunakan, antara lain :

Menghilangkan bahan kimia beracun dari air

Sobat sudah tau belum?? Ternyata ada lebih dari 2000 bahan kimia beracun yang terdapat di dalam air. Dengan adanya alat water purification system ini akan membantu untuk menyaring dan menghilangkan 99,9% bahan kimia yang terkandung di dalam air tersebut.

Sangat ramah lingkungan

Oh iya, warga di negara Amerika juga hampir seluruhnya menggunakan alat water purufication system. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat percaya bahwa alat tersebut dapat membuat air menjadi lebih bersih sehingga aman untuk dikonsumsi. Mereka selalu mengkonsumsi air dari alat tersebut daripada harus membeli air minum kemasan botol yang akan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

Menurunkan resiko masalah kesehatan tertentu

Studi menunjukkan bahwa orang yang minum air yang disaring 33% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan infeksi gastrointestinal daripada mereka yang minum air keran secara langsung. Selain itu, kalsium dalam air keran dapat menyebabkan batu ginjal yang menyakitkan pada banyak orang. Air yang disaring juga jauh lebih mudah dalam keseimbangan kimia alami perut daripada air keran. Ini dapat membantu mengurangi risiko tukak lambung dan refluks asam.

Brand Water Purification System

Alat water purification system telah banyak dikembangkan oleh beberapa brand. Salah satu brand yang direkomendasikan adalah “Heal Force”. Brand ini mengembangkan alat permunian air dengan berbagai tipe. Dibawah ini adalah gambar water purification system dari brand Heal Force :

ilustrasi gambar water purification system dari brand Heal Force

Selain itu, ada juga nih beberapa brand lainnya yang ikut mengembangkan water purifier, diantaranya :

Thermo Scientific

ilustrasi gambar Thermo Scientific

Dibawah ini adalah gambar water purification system dari brand Thermo Scientific :

Biometer

ilustrasi gambar Biometer

Dibawah ini adalah gambar water purification system dari brand Biometer :

Spesifikasi water purification system

Berikut ini adalah spesifikasi water purification system dari brand Heal Force tipe Smart N II :

Model Smart N 15UV-II N 15VF-II Smart N 30UV-II Smart N 30VF-II
Feed Water Requirement
Source Tap water
Conductivity* <400us/cm
Hardness** <450ppm as CaCO3
Pressure 0.05~0.5MPa(7-72psi)
Temperature 5~40℃
High Purification Water(Class II)
Ionic Rejection >99.9%
Bacteria Rejection >99%
Resistivity At 25℃ >5MΩ.cm
TOC Level <30ppb
Productivity Rate 15L/h 30L/h
Ultrapurification Water(Class I)
Resistivity At 25℃ 18.2MΩ.cm
Conductivity At 25℃ 0.055us/cm
TOC Level*** 1~5ppb
Endotoxin(Pyrogens)**** N/A <0.001EU/ml N/A <0.001EU/ml
Particulate(≥0.02um) <1pc/ml
Bacteria*** <0.1cfu/ml
Rnase / Dnase** N/A Free N/A Free
Manual dispense flow rate 1.5~2.0L/min
Automatic dispense volume 100~60000ml
Electrical Requirements
Electrical Voltage 110V/220V±10%
Electrical Frequency 50HZ/60HZ
Packing Information
Net Weight Main units 24kg
Water tank (30L) 7kg
External Dimensions(W×D×H) Main units 315×525×570mm
Water tank (30L) 380×380×595mm
Shipping weight Main units 37kg
Water tank (30L) 15kg
Shipping Dimensions(W×D×H) Main units 525×610×770mm
Water tank (30L) 520×440×615mm
* If feed water quality is poor(Conductivity>1000us/cm), strengthened pretreatment module and RO-2 type is highly recommended *
** When hardness of feed water is high(>450ppm as CaCO3), 0.5T water soften is recommended
*** Dual wave UV module need to be adopted. Also dependent on feed water, recommended feed TOC<30ppb *
****Ultra-filtration module need to be adopted. Feed water need to be satisfied as above

Harga water purification system tahun 2022

Karena banyaknya jenis water purification yang sudah dikembangkan, maka harganya pun bervariasi. Setelah ditelusuri, harga water purufication system tahun 2022 berkisar Rp. 30.000.000 hingga Rp. 50.000.000.

Tempat jual water purification system

ilustrasi gambar jual water purification system

Alat water purification system ini telah banyak dijual di pasaran termasuk distributor alat laboratorium seperti PT. Andaru Persada Mandiri. Anda juga bisa membeli nya di berbagai aplikasi marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia serta website distributor nya.

FAQ Water Purification System

Pada point ini kita akan membahas tentang beberapa kumpulan pertanyaan beserta jawabannya tentang water purification system sesuai dengan pembahasan diatas.

Apa itu water purification system ?

water purification system adalah alat yang digunakan untuk memurnikan air agar terbebas dari kotoran seperti bakteri, parasit, fungi dan sebagainya sehingga bisa dikonsumsi oleh manusia.

Bagaimana prinsip kerja water purification system ?

Alat water purification system pada dasarnya bekerja berdasarkan prinsip yang dikenal sebagai Reverse Osmosis (RO). Dalam teknologi ini, air dibuat untuk melewati membran selektif sehingga kotoran yang lebih kecil melewati membran dan air murni tetap berada di sisi lain membran. Proses ini disebut reverse osmosis karena di sini tekanan diterapkan pada arah sebaliknya untuk mengatasi kecenderungan air untuk pergi ke sisi yang memiliki lebih sedikit air dan lebih banyak zat terlarut sehingga dengan menerapkan tekanan dalam arah sebaliknya air murni tetap berada di satu sisi yang dapat digunakan.

Apa fungsi water purification system ?

water purification ini berfungsi untuk memurnikan air proses dimana senyawa kimia yang tidak diinginkan, bahan organik dan anorganik, dan kontaminan biologis dikeluarkan dari air.

Bagaimana penggunaan water purification system di industri ?

Selain untuk minum dan keperluan rumah tangga, industri juga mengkonsumsi air dalam jumlah yang sangat besar. Industri kimia, minyak bumi, pengolahan makanan, dan tekstil, misalnya, membutuhkan air untuk pembuatan, pemrosesan, pemanasan, pendinginan, pencucian, pembilasan, dan aplikasi lainnya. Sistem industri semacam itu memerlukan air yang di olah, dan kurang nya pemurnian yang tepat dapat menyebabkan masalah seperti penskalaan, korosi, pengendapan, pertumbuhan bakteri dalam perpipaan atau peralatan pemrosesan, dan kualitas produk yang buruk.

Selain proses pengolahan air konvensional, pemurnian air industri juga dapat melibatkan teknik khusus seperti elektrodeionisasi (teknologi pengolahan air yang digerakkan secara elektrik yang menggunakan listrik), pertukaran ion, sistem membran, pengolahan ozon, penguapan, dan penyinaran ultraviolet. Pemilihan teknologi tergantung pada kualitas air baku dan tujuan penggunaan industri. Oleh karena itu, water purification system juga berperan penting dalam bidang industri.

Apa tujuan pemurnian air ?

  • membuat warna air menjadi bening dan mengurangi kekeruhan
  • menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap
  • membunuh mikroorganisme
  • mengurangi kadar bahan kimia yang sudah terlarut dalam air
  • memperbaiki pH air

Bagaimana proses filtrasi pada water purification system dalam memurnikan air ?

Setelah flok mengendap di dasar air, air jernih di atas disaring untuk memisahkan padatan tambahan dari air. Selama penyaringan, air jernih melewati filter yang memiliki ukuran pori berbeda dan terbuat dari bahan yang berbeda (seperti pasir, kerikil, dan arang). Filter ini menghilangkan partikel dan kuman terlarut, seperti debu, bahan kimia, parasit, bakteri, dan virus. Filter karbon aktif juga menghilangkan bau tak sedap.

Alat permunian air dapat menggunakan proses yang disebut ultrafiltrasi sebagai tambahan atau sebagai pengganti filtrasi tradisional. Selama ultrafiltrasi, air melewati membran filter dengan pori-pori yang sangat kecil. Filter ini hanya memungkinkan melalui air dan molekul kecil lainnya (seperti garam dan molekul kecil bermuatan).

Perawatan apa saja yang dilakukan terhadap alat water purification system ?

  • Ganti semua filter setiap tahun atau maksimal 12 bulan
  • Ganti membran RO setiap tahun
  • Sanitasi tangki penyimpanan air
  • Pastikan untuk membersihkan dan mensanitasi pipa setiap 2 tahun

Apa fungsi Reverse Osmosis Purifiers ?

Reverse Osmosis Purifiers adalah salah satu jenis water purification system yang paling umum digunakan dan ideal untuk area yang memiliki tingkat TDS tinggi. Jenis RO ini mampu membantu menghilangkan logam berat, flouride, arsenik, dan kotoran beracun lainnya dari air. Selain itu, jenis RO juga membantu menghilangkan beberapa mineral penting dari air, yang membuatnya penting untuk memastikan bahwa pemurni air memiliki kontrol TDS.

Tahapan apa saja yang dibutuhkan water purification system dalam memurnikan air ?

  • koagulasi
  • flokulasi
  • sedimentasi
  • filtrasi
  • desinfeksi

Bagaimana manfaat water purification system untuk kesehatan ?

Studi menunjukkan bahwa orang yang minum air yang disaring 33% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan infeksi gastrointestinal daripada mereka yang minum air keran secara langsung. Selain itu, kalsium dalam air keran dapat menyebabkan batu ginjal yang menyakitkan pada banyak orang. Air yang disaring juga jauh lebih mudah dalam keseimbangan kimia alami perut daripada air keran. Ini dapat membantu mengurangi risiko tukak lambung dan refluks asam.

Apa fungsi post filter pada alat pemurni air (water purification system) ?

Filter karbon membantu menghilangkan bau tak sedap dari air yang Anda minum dan juga meningkatkan rasa air.

Berapakah harga water purification system tahun 2022 ?

Setelah ditelusuri, harga water purufication system tahun 2022 berkisar Rp. 30.000.000 hingga Rp. 50.000.000.

Dimana kita bisa membeli water purification system ?

Alat water purification system ini telah banyak dijual di pasaran termasuk distributor alat laboratorium seperti PT. Andaru Persada Mandiri. Anda juga bisa membeli nya di berbagai aplikasi marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia serta website distributor nya.

Penulis : FR

Sebagai informasi tambahanPT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemapsmenghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Demikian pembahasan tentang water purification system, yang berisi tentang seperti Pengertian Water Purification System, Fungsi Water Purification System, Prinsip Kerja Water Purification System, Bagian Water Purification System, Cara Menggunakan Water Purification System, Spesifikasi Water Purification System, Harga Water Purification System dan Tempat Jual Water Purification System.  Jika berkenan silahkan mengisi kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat