Pengertian Laminar Air Flow Menurut Para Ahli

Pengertian Laminar Air Flow – Halo para Laborians! Iya,kamu. Hmm “apa tuh Laborians?”. Kamu yang biasa berkutat di laboratorium dan melakukan semua praktikum, yang tak kenal lelah dan selalu semangat berhadapan dengan alat dan bahan kimia. Luar biasa hebat bukan?.

“Itu sih Laboran namanya”. Iya, tapi kata laboran lebih identik dengan asisten dosen, sedangkan Laborians sepertinya lebih cocok untuk mahasiswa seperti kita kebanyakan, bisa dari jurusan farmasi, analis kimia, analis kesehatan dan yang lainnya.

pengertian-laminar-air-flow

Teruntuk kamu para Laborians yang sering sekali bermain di laboratorium, sudah tidak asing dengan yang namanya LAF, Laminar Air Flow lebih tepatnya. Sebenarnya, apa yang dimaksud LAF ini? atau apa pengertian laminar air flow ini?

Laminar Air Flow adalah tempat yang digunakan untuk melakukan inokulasi mikrobiologi. Inokulasi penanaman bakteri atau biasa disebut juga inokulasi adalah pekerjaan memindahkan bakteri dari medium yang lama ke medium yang baru dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Untuk melakukan penanaman bakteri (inokulasi) terlebih dahulu diusahakan agar semua alat yang ada dalam hubungannya dengan medium agar tetap steril, hal ini agar menghindari terjadinya kontaminasi (Dwijoseputro, 1998).

Baca juga : Laminar Air Flow Yang Ideal Untuk Kebutuhan Laboratorium Anda

Dwijoseputro merupakan sosok penulis sekaligus dosen kawakan yang karyanya mengenai mikrobiologi sudah tersebar di penjuru negeri ini. Oleh sebab itu, beliau disebut salah satu ahli dalam bidang ini.

Di dalam Laminar Air Flow sendiri, ditiupkan udara yang sangat bersih Dan steril. Hal ini dilakukan agar saat proses penyaringan tidak terjadi kontaminan, yang bisa dari air bahkan udara. Pada LAF ini pula, terdapat lampu UV yang berfungsi untuk mematikan mikroba yang dapat menyebar melalui air dah udara. Dengan begitu,udara di sekitar LAF nanti akan lebih bersih dan steril.

Laminar Air Flow ini sangat membantu dalam perkuliahan para mahasiswa khususnya di bidang kesehatan, karena dengan mengenal alat yang keren ini, perlakuan terhadap bakteri pun akan terasa lebih spesial. Begitu pula dengan cara penggunaannya. Penggunaan Laminar Air Flow tidaklah sembarangan. Dimana terdapat prosedur dan tata cara agar mahasiswa dan praktisi laboratorium lebih tertata saat menggunakannya.

Nah sobat, itu sedikit pemaparan mengenai Pengertian Laminar Air Flow ini, yang bersumber dari ahli nya. Karena pastinya, sebelum mengenal sesuatu lebih jauh, sudah pasti kita diharuskan untuk mengenal nya dari dasar dulu bukan?. Semangat terus para Laborians!

Ditulis oleh : DNA
Acuan / Pustaka : www.labsmk.com – Sept-19

Pengertian Laminar Air Flow Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat