Pengertian HPLC – High Performance Liquid Chromatography

Pengertian HPLC – High Performance Liquid Chromatography atau sering disingkat HPLC. Termasuk kategori alat laboratorium dengan klasifikasi specific laboratory equipment. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit tentang pengertian HPLC. Untuk membaca artikel lebih lengkap tersedia pada link : HPLC. Yuk kita lanjut baca!

pengertian-hplc-bahasa-indonesia-andaru-persada-mandiri

Pengertian HPLC Berdasarkan Bahasa

Dilihat dari sudut pandang bahasa, HPLC berasal dari bahasa Inggris. Awalnya HPLC memiliki kepanjangan High Pressure Liquid Chromatography. Keempat suku kata tersebut jika diartikan perkata :

  • High berarti tinggi
  • Pressure berarti tekanan
  • Liquid memiliki arti cairan, dan
  • Chromatography merupakan suatu metode tentang pemisahan molekul.

Jika disimpulkan secara sederhana High Pressure Liquid Chromatography dapat diartikan sebagai suatu metode pemisahan molekul dengan media cair yang diberikan tekanan tinggi. Seiring dengan perkembangannya, HPLC(High Pressure Liquid Chromatography) bertransformasi menjadi High Performance Liquid Chromatography. Hingga kini beberapa diantara kita lebih familiar dengan istilah High Performance Liquid Chromatography.

Baca juga artikel lebih lengkap : HPLC

Kembali ke pembahasan tentang Pengertian HPLC, beberapa sumber di internet umumnya membahas tentang alat yang satu ini. Salah satunya dikutip dari wikipedia indonesia tentang pengertian HPLC adalah : sumber

HPLC merupakan salah satu teknik kromatografi untuk zat cair yang biasanya disertai dengan tekanan tinggi.

Dari kutipan singkat tersebut tentu kita mengerti, bahwa HPLC sangat erat kaitannya dengan kromatografi. Apa  itu kromatografi?

Pengertian Kromatografi

Kromatografi merupakan sebuah teknik atau metode pemisahan molekul yang didasarkan pada perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam. Kromatografi digunakan untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada suatu larutan.

Pengertian HPLC Berdasarkan Istilah

HPLC adalah alat laboratorium yang bekerja dengan metode fisikokimia, didasarkan pada teknik kromatografi dimana fase geraknya berupa cairan dan fase diamnya bisa berupa memiliki bentuk padat atau cair.

Dalam proses memahami alat HPLC (High Pressure Liquid Chromatography), anda sebagai pembaca perlu memahami hal-hal lainnya yang memang berhubungan secara langsung dengan alat ini, seperti :

  • Fase gerak dan fase diam
  • Polar dan non polar
  • Fase normal dan terbalik, dan lainnya.

Balik lagi ke pembahasan tentang pengertian HPLC. HPLC adalah sebuah alat laboratorium spesifik(specific laboratory equipment) yang penggunaanya membutuhkan keahlian khusus, penggunaan alat ini dipastikan selalu menggunakan sample cair. Merupakan alat laboratorium yang bisa dikonfigurasi  sesuai dengan kebutuhan, karena terdiri dari module-module yang berbeda.

Aplikasi penggunaan HPLC akan mengacu kepada fase normal dan fase terbalik.  Pada fase normal yang menjadi fase diamnya adalah polar dan fase geraknya adalah non polar. Sedangkan pada fase terbalik, fase diamnya adalah non polar dan fase geraknya adalah polar.

Suatu saat mungkin anda juga akan mengenal alat Gas Chromatorgraphy, atau biasa disingkat GC. Alat ini memilihi hubungan yang dekat dengan HPLC. Salah satu keuntungan menggunakan HPLC dibandingkan dengan GC ialah lebih stabil untuk menganalisis sample yang tidak mudah menguap(unvolatille).

Untuk anda yang membutuhkan alat HPLC silahkan hubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium via whatsapp 087777277740 atau telepon : (0251) 7504679. Link produk ada : disini.

Jika diantara anda para pembaca, belum memahami tentang alat HPLC hanya dengan membaca pengertiannya saja. Sabar, anda tidaklah sendiri, penulis ketika pertama kali memahami alat ini di bangku kuliah juga butuh beberapa hari. Semoga dengan adanya artikel “Pengertian HPLC Yang Perlu Anda Ketahui“, bisa membantu anda memahami alat HPLC. Mohon bantuan beri komentar jika anda lebih ahli dengan instrument laboratorium yang satu ini. Sekian, dan tentu saja terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat