Pengertian Spektrofotometer yang Perlu Diketahui oleh Mahasiswa

Halo labs! Gimana kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu yah! Judul artikel kita kali ini adalah “Pengertian Spektrofotometer yang Perlu Diketahui oleh Mahasiswa”. Semoga artikel ini bisa membantu kalian memahami pengertian spektrofotometer, terutama mahasiswa baru yang akan praktek menggunakan alat spektrofotometer.pengertian-spektrofotometerSpektrofotometer atau spectrophotometer merupakan sebuah instrument laboratorium yang biasa digunakan untuk menganalisa kandungan senyawa pada sample. Nama spektrofotometer itu sendiri merupakan gabungan dari dua buah alat, yakni:

  • Spektrometer, merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghasilkan sinar dari spektrum dengan nilai panjang gelombang yang telah ditentukan, dan
  • Fotometer, merupakan alat ukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau di absorbsi.

Spektrofotometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk menganalisa suatu senyawa baik dari segi kualitatif dan kuantitatif, dengan cara mengukur absorban suatu cuplikan sebagai fungsi dari konsentrasi.

Pengukuran secara kualitatif didasarkan pada puncak-puncak yang dihasilkan spektrum suatu unsur tertentu pada panjang gelombang tertentu, sedangkan pengukuran secara kuantitatif didasarkan pada nilai absorbansi yang dihasilkan dari spektrum senyawa kompleks unsur yang dianalisa dengan kompleks unsur yang dianalisa dengan pengompleks yang sesuai. Secara sederhana, spektrofotometer merupakan  sebuah metode analisa yang didasarkan pada pengukuran serapan sinar.

Penggunaan alat spektrofotometer sering ditemui pada bidang farmasi, medis maupun industri kimia, hal ini dikarena spektrofotometrer bisa digunakan untuk pemeriksaan visual lebih mendalam dari absorpsi energi radiasi oleh macam-macam zat.

Hukum Beer-Lambert menjelaskan bahwa bila suatu media yang transparan, maka bertambah atau turunnya intensitas cahaya yang ditransmisikan sebanding dengan tebal dan kepekaan media yang digunakan. Ketika anda sedang mempelajari tentang spektrofotometer, anda akan bersinggungan dengan hukum Beer-Lambert.

Baca Juga : Spektrofotometer di Laboratorium : Visible, Ultra Violet, UV-Vis

Beberapa pengertian spektrofotometer yang mungkin saja anda butuhkan untuk memahami spektrofotometer, sebagai berikut:

Pengertian Spektrofotometer Menurut Wikipedia

Spektrofotometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur absorbansi dengan cara melewatkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu pada suatu objek kaca atau kuarsa yang disebut kuvet. Sebagian dari cahaya tersebut akan diserap dan sisanya akan dilewatkan. Nilai absorbansi dari cahaya yang dilserap sebanding dengan konsentrasi larutan di dalam kuvet.

Pengertian Spektrofotometer Menurut Labsatu

Spektrofotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur absorbansi dengan cara melewatkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu pada suatu obyek kaca atau kuarsa yang disebut kuvet. Sebagian dari cahaya akan diserap dan sisanya akan dilewatkan.

Pengertian Spektrofotometer Menurut Khopkar

Suatu spektrofotometer standar terdiri atas spektrofotometer untuk menghasilkan cahaya dengan panjang gelombang terseleksi. Yaitu bersifat monokromatik serta suatu fotometer yaitu suatu piranti untuk mengukur intensitas berkas monokromati, penggabungan bersama dinamakan sespektrofotometer. Penggabungan alat optik ini merupakan elektronika sifat kimia dan fisiknya dan detektor yang digunakan secara langsung mengukur intensitas dari cahaya yang dipancarkan (It) dan secara tidak langsung cahaya yang diabsorbsi (Ia). Kemampuan ini bergantung pada spectrum elektromagnetik yang diabsorp (serap) oleh benda (Khopkar, 2007).

Dari beberapa pengertian diatas, tentu anda bisa menyimpulkan sendiri makna dari spektrofotometer itu sendiri. Jika anda masih memerlukan diskusi mengenai spektrofotometer, penulis sarankan untuk berkonsultasi dengan yang lebih ahli ataupun konsultan.

Semoga dengan membaca artikel tentang pengertian spektrofotometer ini pengetahuan anda bertambah dan bermanfaat.

Sekian dan tentu saja, terima kasih.

Pengertian Spektrofotometer yang Perlu Diketahui oleh Mahasiswa
5 (100%) 12 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat