Instrumen Laboratorium – Pengertian, Fungsi, Contoh Instrumen

Instrumen Laboratorium – Instrumen laboratorium adalah jenis alat laboratorium yang dalam penggunaannya membutuhkan pengetahuan lebih dibanding alat laboratorium dasar(glassware). Beberapa contoh peralatan atau instrumen laboratorium yang biasa ditemui di laboratorium diantaranya adalah Spektrofotometer, HPLC, FTIR, Rotary Evaporator, RT-PCR dan lainnya. Pada artikel instrumen laboratorium kali ini, penulis akan membahas tentang pengertian instrumen laboratorium, daftar instrumen laboratorium, fungsi instrumen laboratorium dan lainnya.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang instrumen laboratorium, penulis ingin menyampaikan PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menjual berbagai instrumen laboratorium. Bagi anda yang memiliki kebutuhan instrumen laboratorium bisa menghubungi customer service via whatsapp 087777277740 atau telepon : 0251-7504679.

Ilustrasi guru sedang mengajarkan cara menggunakan mikroskop

Oke, berbicara tentang instrumen laboratorium tentu menjadi hal yang asing bagi anda para pemula, apalagi belum pernah ada pengetahuan dasar tentang laboratorium. Beberapa pertanyaan dasar seputar instrumen laboratorium diantaranya:

  1. Apa itu instrumen laboratorium?
  2. Jenis instrumen laboratorium apa saja?
  3. Apa perbedaan alat laboratorium dan instrumen laboratorium?
  4. Fungsi instrumen laboratorium itu apa?
  5. Daftar instrumen laboratorium beserta penjelasan fungsinya.

Beberapa diantara pelajar atau mahasiswa bahkan mencari informasi file instrumen laboratorium pdf, jurnal instrumen laboratorium dan makalah instrumen laboratorium. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk kita lanjut ke pembahasan.

Pengertian Instrumen Laboratorium

Pengertian Instrumen Laboratorium

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian instrumen laboratorium, mari kita ketahui makna dari kata instrumen dan laboratorium.

  • Instrumen dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk me-ngerjakan sesuatu, seperti alat yang dipakai oleh pekerja teknik, alat-alat kedokteran, optik, dan kimia. Sederhananya instrumen adalah alat atau tools yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu.
  • Laboratorium dapat diartikan tempat atau kamar atau ruangan yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan, penelitian atau penyelidikan. Dalam pemahaman yang lebih lengkap, laboratorium adalah tempat untuk melakukan percobaan, observasi, pengujian, analisis atau mempraktekan ilmu dan keterampilan sehingga didapatkan informasi yang belum diketahui sebelumnya atau bahkan lebih mahir dalam proses tersebut.

Dari kedua pemahaman kata instrumen dan laboratorium, dapat kita tarik kesimpulan sederhana. Instrumen laboratorium adalah berbagai alat atau tools yang digunakan untuk melakukan percobaan, pengujian atau penelitian untuk mendapatkan informasi terbaru atau meningkatkan kemahiran pengguna dalam menggunakan alat tersebut.

Ragam Laboratorium Berdasarkan Cabang Ilmu

Pemahaman akan pengertian dan ragam jenis instrumen laboratorium akan memiliki jangkauan yang luas, karena cabang ilmu yang memiliki laboratorium bukan hanya 1 atau 2, melainkan ada cukup banyak, seperti:

  1. Biologi
  2. Kimia
  3. Farmasi
  4. Fisika
  5. Kedokteran
  6. Medik / Medis
  7. Teknik
  8. Matematika
  9. Bahasa
  10. Komputer
  11. Musik, dll.

Nah, sampai sini kita jadi tahu bahwa ada instrumen laboratorium biologiinstrumen laboratorium kimiainstrumen laboratorium farmasiinstrumen laboratorium fisikainstrumen laboratorium kedokteran hingga instrumen laboratorium komputer dan musik. Masing-masing laboratorium memiliki instrumen yang berbeda-beda, seperti di laboratorium komputer tentu banyak komputer yang bisa digunakan untuk pembuatan program atau aplikasi-aplikasi tertentu. Lain halnya di laboratorium musik, tentu terdapat alat musik seperti gitar, piano atau bahkan alat musik tradisional seperti angklung.

Fokus Instrumen Laboratorium

Oke, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang instrumen laboratorium yang mengacu pada laboratorium biologi, farmasi, kimia dan kedokteran ya. jadi untuk instrumen laboratorium lainnya mungkin pada lain kesempatan. Beberapa contoh instrumen laboratorium yang akan bahas adalah :

  1. Mikroskop
  2. Timbangan Analitik
  3. Water Bath
  4. Autoclave
  5. Mikropipet, dll.

Mungkin jika ada pertanyaan : contoh peralatan instrumental yang biasa dapat ditemui dalam laboratorium adalah mikroskop, timbangan analitik, water bath, autoclave, mikropipet dan lainnya. List lebih lengkap akan penulis sampaikan pada daftar instrumen laboratorium dan fungsi instrumen laboratorium.

Perbedaan Alat dan Instrumen Laboratorium

Bagi pelajar mungkin ada kesulitan mengetahui perbedaan alat dan instrumen laboratorium. Apa sih alat laboratorium itu? Dan apa perbedaannya dengan instrumen laboratorium? Oke, sampai saat ini penulis juga belum ada kalimat yang pas untuk mendefinisikan apa itu alat laboratorium dan instrumen laboratorium. Namun dalam bahasa sederhana :

Alat laboratorium adalah segala jenis alat atau alat bantu atau tools sederhana yang digunakan dalam proses percobaan, pengujian atau penelitian di laboratorium. Mengacu pada penjelasan tersebut, fungsi alat laboratorium sangatlah sederhana, seperti : untuk menampung, menyimpan, mengaduk, melakukan reaksi, dan lainnya. Contoh alat laboratorium diantaranya :

  1. Batang pengaduk
  2. Gelas ukur
  3. Pipet tetes
  4. Erlenmeyer
  5. Gelas beaker
  6. Labu ukur

Instrumen laboratorium adalah segala jenis alat atau mesin atau tools yang memiliki mekanisme atau fungsi kerja spesifik yang digunakan dalam proses percobaan, pengujian atau penelitian di laboratorium. Berdasarkan penjelasan tersebut fungsi instrumen laboratorium lebih spesifik dari alat laboratorium, dalam proses pengunaannya juga diperlukan pengetahuan lebih mendalam. Pada umumnya hampir setiap instrumen laboratorium membutuhkan sumber daya listrik untuk mengoperasikannya. Penggunaan instrumen laboratorium layaknya mesin yang perlu dinyalakan dan di setting kecepatan, suhu, timer, intensitas cahaya ataupun parameter lainnya sehingga bisa beroperasi sebagaimana yang diharapkan. Contoh instrumen laboratorium diantaranya :

  1. Rotary Vacuum Evaporator
  2. Magnetic hotplate stirrer
  3. Autoclave
  4. Spektrofotometer
  5. HPLC

Kemudian, dalam pembahasan yang lebih mendalam lagi, instrumen laboratorium juga dibagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • General laboratory instrument atau instrumen laboratorium umum, seperti : mikroskop, timbangan, mikropipet, centrifuge, dll.
  • Specific laboratory instrument atau instrumen laboratorium khusus, seperti : HPLC(High Performance Liquid Chromatorgraphy), PSA(Particle Size Analyzer), GC(Gas Chromatography), dll.

Daftar Instrumen Laboratorium

Oke, setelah membaca tentang pengertian instrumen laboratorium, setidaknya sudah terjawab 3 pertanyaan :

  1. Apa itu instrumen laboratorium?
  2. Jenis instrumen laboratorium apa saja?
  3. Apa perbedaan alat laboratorium dan instrumen laboratorium?

Kemudian tentu anda mulai bertanya-tanya, apa saja daftar instrumen laboratorium itu? Nah, disini penulis coba buatkan daftar instrumen laboratorium yang penulis ketahui ya. Jika diantara anda para pembaca ada tambahan masukan, silahkan isi kolom komentar ya.

No Nama Instrumen Laboratorium No Nama Instrumen Laboratorium
1 Analgesy Meter 26 Microplate Reader
2 Autoclave 27 Mikropipet
3 Bio Safety Cabinet 28 Mikroskop
4 Centrifuge 29 Moisture Analyzer
5 CO2 Incubator 30 Moisture Balance
6 Density meter 31 MRBP
7 Disintegration Tester 32 Nucleic Acid Purification System
8 Dissolution Tester 33 Overhead Stirrer
9 Friability Tester 34 Particle Size Analyzer
10 FTIR 35 Plantar Test
11 Fume Hood 36 Plethysmometer
12 Furnace 37 Refraktometer
13 Hardness Tester 38 Rotarod
14 Homogenizer 39 Rotary Evaporator
15 Hot Cold Plate 40 RT-PCR
16 Hotplate & Stirrer 41 Shaker
17 HPLC 42 Sieve Shaker
18 Incubator 43 Sonicator
19 Inhaler Tester 44 Spektrofotometer
20 Isolated Organ Bath 45 Timbangan Analitik
21 Laminar Air Flow 46 Ultrasonic Cleaner
22 Magnetic Hotplate Stirrer 47 Universal Shaking Incubator
23 Melting Point 48 Vortex Mixer
24 Metabolic Cage 49 Water Bath
25 Microplate Washer 50 Water Purification System

Ada banyak ya? Sebetulnya lebih banyak lagi daftar instrumen laboratorium, hanya saja mungkin penulis lupa menuliskannya. Oh ya, sebelum penulis lupa, ini adalah daftar nama-nama instrumen laboratorium belum digabungkan dengan jenisnya. Sebagai contoh, nama instrumennya mikroskop, jenisnya : mikroskop monokuler, mikroskop binokuler, mikroskop trinokuler, inverted mikroskop, dll. Contoh lainnya adalah water bath, nama instrumennya water bath, jenisnya : analog water bath, digital water bath, shaking water bath, oil bath, dll.

Fungsi Instrumen Laboratorium

Setelah mengetahui pengertian instrumen laboratorium dan daftar instrumen laboratorium, sekarang kita masuk ke pembahasan fungsi instrumen laboratorium. Setiap instrumen laboratorium memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yuk kita coba ketahui satu per satu :

1. Instrumen Laboratorium Analgesy Meter

Analgesy meter adalah instrumen laboratorium yang mungkin jarang anda temui, karena memang termasuk alat laboratorium spesifik yang penggunaannya dalam lingkup laboratorium farmakologi. Instrumen ini berhubungan erat dengan metode randall selitto. Fungsi instrumen laboratorium analgesy meter digunakan sebagai pengujian sensitifitas obat analgesik dan anti inflamasi pada hewan. Informasi lebih lengkap mengenai artikel analgesy meter, bisa anda baca melalui tautan berikut: analgesy meter. Berikut adalah gambar instrumen laboratorium analgesy meter :

instrumen-laboratorium-analgesy-meter
Contoh gambar instrumen analgesy meter

Link instrumen analgesy meter penulis sertakan di : Analgesy-Meter 37215

2. Instrumen Laboratorium Autoclave

Autoclave adalah instrument laboratorium yang digunakan untuk mensterilkan alat laboratorium. Instrument autoclave ini mampu menghilangkan virus, bakteri dan mikroba yang menempel di bagian alat laboratorium berbahan gelas atau kaca seperti beaker glass, erlenmeyer, labu ukur, dan lain lain. Penggunaan alat autoclave ini juga sangat penting untuk mengurangi resiko terjadinya kontaminasi bahan yang akan dimasukkan ke dalam alat gelas tersebut. Informasi lebih lengkap mengenai artikel autoclave, bisa anda baca melalui tautan berikut : autoclave. Berikut adalah gambar instrumen laboratorium autoclave :

ilustrais contoh gambar instrumen autoclave
contoh gambar instrumen autoclave

Link instrumen autoclave penulis sertakan di : Autoclave Vertical Loading (Class B)

3. Instrumen Laboratorium Bio Safety Cabinet

Biosafety Cabinet atau BSC adalah salah satu instrument laboratorium yang digunakan sebagai area kerja dalam proses inokulasi (penanaman bakteri) dalam bidang mikrobiologi atau orang juga sering menyebutnya area kerja steril. Keberadaan alat BSC ini menjadi hal utama dalam bidang mikrobiologi. Alat biosafety cabinet memiliki filter yang dapat menyaring udara kotor sehingga sampel yang digunakan tidak terkontaminasi. Informasi lebih lengkap mengenai artikel biosafety cabinet, bisa anda baca melalui tautan berikut: biosafety cabinet. Berikut ini adalah gambar alat atau instrumen laboratorium biosafety cabinet :

ilustrasi contoh gambar instrumen biosafety cabinet
contoh gambar instrumen biosafety cabinet

Link instrumen biosafety cabinet penulis sertakan di : Bio Hazard Safety Cabinet Class II Type A2

4. Instrumen Laboratorium Centrifuge

Centrifuge adalah salah satu alat atau instrumen laboratorium yang berperan penting di bidang kimia. Selain itu, instrumen laboratorium centrifuge ini sering digunakan untuk pemisahan suatu larutan dengan komponen zat dari proses pengendapan hingga memperoleh dua fase. Mekanisme alat ini sangat sederhana, yakni memutar sample yang telah ditempatkan pada tube-tube yang tersedia dengan kecepatan yang bervariasi. Informasi lebih lengkap mengenai artikel centrifuge, bisa anda baca melalui tautan berikut: centrifuge. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium centrifuge :

ilustrasi contoh gambar instrumen centrifuge
contoh gambar instrumen centrifuge

Link instrumen centrifuge penulis sertakan di : Centrifuge Microcen 24

5. Instrumen Laboratorium CO2 Incubator

Di dalam bidang mikrobiologi, terdapat instrumen laboratorium seperti CO2 incubator yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan bakteri yang biasa disebut sebagai proses “inkubasi”. Instrumen laboratorium ini mampu mempertahankan suhu konstan, kelembaban serta udara dari kandungan karbon dioksida (CO2) di dalamnya. Dibawah ini adalah salah satu gambar instrumen laboratorium CO2 incubator :

ilustrasi contoh gambar instrumen co2 incubator
contoh gambar co2 incubator

Link instrumen CO2 incubator penulis sertakan di : CO2 Incubator HF 100

6. Instrumen Laboratorium Density meter

Density meter adalah salah satu instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa jenis suatu zat terutama pada bahan cair. Penggunaan instrumen laboratorium density meter ini sangat dibutuhkan terutama dalam bidang industri untuk mengetahui kualitas produk. Dalam proses kerjanya, density meter ini berhubungan dengan perngukuran densitas (kerapatan) massa jenis zat cair. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium density meter :

ilustrasi contoh gambar instrumen density meter
contoh gambar instrumen density meter

Link instrumen density meter penulis sertakan di : Density Meter DS7800 Manual

7. Instrumen Laboratorium Disintegration Tester

Disintegration tester atau disebut disintegrasi tester merupakan instrumen laboratorium yang sering temui di laboratorium farmasi. Jenis instrumen laboratorium ini digunakan untuk mengetahui dan menguji waktu hancur sediaan tablet. Tentu saja, disintegration tester berhubungan dengan keadaan fisik serta kualitas dari sediaan yang dibuat. Informasi lebih lengkap mengenai Artikel Disintegration Tester, bisa anda baca melalui tautan berikut: Disintegration Tester. Dibawah ini salah satu gambar instrumen laboratorium disintegration tester :

ilustrasi contoh gambar instrumen disintegration tester
contoh gambar instrumen disintegration tester

Link instrumen disintegration tester penulis sertakan di : Dissintegration Tester

8. Instrumen Laboratorium Dissolution Tester

Dissolution tester adalah alat atau instrumen laboratorium yang berfungsi untuk mengetahui proses kelarutan dari zat aktif yang ada di dalam sediaan obat.  Bisa dibilang, instrumen laboratorium ini digunakan untuk proses pelarutan obat di dalam tubuh. Alat dissolution tester ini juga berhubungan dengan instrumen laboratorium disintegartion tester yang sangat penting dalam bidang farmasi. Informasi lebih lengkap mengenai artikel dissolution tester, bisa anda baca melalui tautan berikut: dissolution tester. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium dissolution tester :

ilustrasi contoh gambar instrumen dissolution tester
contoh gambar instrumen dissolution tester

Link instrumen dissolution tester penulis sertakan di : Dissolution Tester DIS 6000

9. Instrumen Laboratorium Friability Tester

Di dalam bidang farmasi, fribiability tester merupakan salah satu instrumen laboratorium farmasi yang digunakan untuk pengujian keregasan (kerapuhan) sediaan tablet. Pengujian menggunakan instrumen friability tester ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan sediaan tablet pada gerakan seperti gesekan pada saat proses pengemasan. Informasi lebih lengkap mengenai artikel friability tester, Bisa anda baca melalui tautan berikut: friability tester. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium friability tester :

ilustrasi contoh gambar instrumen friability tester
contoh gambar instrumen friability tester

Link instrumen friability tester penulis sertakan di : Friability Tester

10. Instrumen Laboratorium FTIR

FTIR ( Fourier Transform Infra-Red) adalah salah satu jenis spektrofotometer yang menjadi instrumen laboratorium penting dalam bidang kimia. Instrumen laboratorium FTIR ini digunakan untuk melihat adanya pergerakkan suatu molekul dengan mengemati struktur senyawa kimia. Informasi lebih lengkap mengenai artikel FTIR, bisa anda baca melaui tautan berikut: FTIR. Berikut ini adalah salah satu gambar instrumen laboratorium FTIR :

ilustrasi contoh gambar instrumen FTIR
contoh gambar instrumen FTIR

Link instrumen FTIR penulis sertakan di : Compact FTIR spectrometer Interspec 311

11. Instrumen Laboratorium Fume Hood

Fume hood atau lemari asam adalah instrumen laboratorium yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan kimia dengan konsentrasi yang tinggi serta kepekatan yang kuat. Penggunaan instrumen laboratorium ini sangat penting di laboratorium kimia karena, bahan kimia yang mudah menguap dan sangat berbahaya akan dipisahkan di dalam lemari asam ini. Selain itu, fume hood memiliki saluran udara di atasnya yang akan membuang uap zat kimia ke saluran yang telah ditentukan sebelumnya. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium fume hood :

ilustrasi contoh gambar instrumen fume hood
contoh gambar instrumen fume hood

12. Instrumen Laboratorium Furnace

Furnace atau tanur adalah instrumen laboratorium yang digunakan untuk memanaskan sample atau material dengan proses pembakaran. Perlu diketaui, instrumen furnace ini digunakan bukan hanya di laboratorium saja. Tetapi juga penting di bidang industri untuk mengukur kadar abu suatu zat. Instrumen laboratorium furnace ini akan menaikkan suhu fluida dari proses pembakaran. Bahan bakarnya berupa bahan bakar cair dan bahan gas di dalam burner alat. Informasi lebih lengkap mengenai artikel furnace, bisa anda baca melalui tautan berikut: furnace. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium furnace :

ilustrasi contoh gambar instrumen furnace
contoh gambar instrumen furnace

Link instrumen furnace penulis sertakan di : Muffle Furnaces with Flap Door or Lift Door

13. Instrumen Laboratorium Hardness Tester

Hardness tester adalah instrumen laboratorium yang berfungsi untuk menguji ketahanan atau kekerasan suatu bahan atau material. Instrumen laboratorium ini, sering digunakan pada pengujian uji kekerasan sediaan tablet. Penggunaan hardness tester juga menjadi hal yang penting untuk mengamati kualitas dari sediaan obat. Informasi lebih lengkap mengenai artikel hardness tester, bisa anda baca melalui tautan berikut: hardness tester. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium hardness tester :

ilustrasi contoh gambar instrumen hardness tester
contoh gambar instrumen hardness tester

Link instrumen hardness tester penulis sertakan di : Hardness Tester​

14. Instrumen Laboratorium Homogenizer

Homogenizer adalah salah satu instrumen laboratorium yang digunakan untuk mencampurkan suatu bahan hingga seragam. Umumnya, bahan yang digunakan pada instrumen laboratorium ini adalah bahan cair seperti larutan atau suspensi. Alat homogenizer juga masuk ke dalam kategori mixer untuk homogenisasi suatu larutan. Informasi lebih lengkap mengenai artikel homogenizer, bisa anda baca melalui tautan berikut: homogenizer. Berikut ini gambar instrumen laboratorium homogenizer :

ilustrasi contoh gambar instrumen homogenizer
contoh gambar instrumen homogenizer

Link instrumen homogenizer penulis sertakan di : Homogenizer D160

15. Instrumen Laboratorium Hot Cold Plate

Hot cold plate adalah instrumen laboratorium yang inovatif. Keberadaan hot cold plate ini sangat penting dalam bidang farmakologi karena dapat digunakan untuk mengamati reaksi hewan seperti mencit setelah diberikan obat analgesi. Selain itu, instrumen laboratorium ini mampu mengontrol suhu dari  -5 °C hingga 65 °C serta sangat cepat dan tepat dalam mencapai dan mempertahankan suhu yang telah ditetapkan. Berikut ini gambar instrumen laboratorium hot cold plate :

ilustrasi contoh gambar instrumen hot cold plate
contoh gambar instrumen hot cold plate

Link instrumen hot cold plate penulis sertakan di : Hot/Cold Plate NG

16. Instrumen Laboratorium Hotplate & Stirrer

Hotplate & Stirrer atau biasa dikenal dengan hotplate stirrer salah satu instumen laboratorium yang digunakan untuk mencampurkan semua bahan menjadi homogen dengan proses pengadukan dan bisa digunakan untuk memanaskan bahan juga. Proses pengadukan pada instrumen ini menggunakan stick magnetic yang akan berputar di dalamnya. Informasi lebih lengkap mengenai artikel hotplate stirrer, bisa anda baca melalui tautan berikut: hotplate stirrer. Berikut ini salah satu gambar instrumen laboratorium hotplate stirrer :

ilustrasi contoh gambar instrumen hotplate stirrer
contoh gambar instrumen hotplate stirrer

Link instrumen hotplate stirrer penulis sertakan di : Digital Hotplate Stirrer MS7-H550-Pro LCD

17. Instrumen Laboratorium HPLC

HPLC ( High Performance Liquid Chromatography) adalah instrumen laboratorium yang bekerja berdasarkan prinsip fisikokimia yang berhubungan dengan fase gerak daru suatu sampel. Adanya instrumen HPLC ini digunakam untuk mengukur kadar bahan aktif pada suatu sampel seperti sediaan obat, makanan, dll. Informasi lebih lengkap mengenai artikel hplc, bisa anda baca melalui tautan berikut: hplc. Dibawah ini adalah gambar instrtumen laboratorium HPLC :

ilustrasi contoh gambar instrumen HPLC
contoh gambar instrumen HPLC

Link instrumen HPLC penulis sertakan di : High Performance Liquid Chromatography(HPLC) L-3000

18. Instrumen Laboratorium Incubator

Incubator laboratorium adalah instrumen laboratorium yang digunakan untuk membantu proses pertumbuhan bakteri (inkubasi). Selain itu, instrumen laboratorium incubator ini juga dirancang untuk sterilisasi alat-alat laboratorium yang tahan pemanasan. Alat incubator ini mampu memberikan suhu yang optimal sehingga kelembaban di dalamnya sangat terjaga. Informasi lebih lengkap mengenai artikel incubator. bisa anda baca melalui tautan berikut: incubator. Berikut ini gambar instrumen incubator :

ilustrasi gambar instrumen incubator
contoh gambar instrumen incubator

Link instrumen incubator penulis sertakan di : General Incubator

19. Instrumen Laboratorium Inhaler Tester

Inhaler tester adalah alat yang digunakan untuk memberikan penanganan pada pasien asma. Alat inhaler tester ini termasuk instrumen laboratorium yang digunakan dengan cara disemprotkan dan dihisap sebanyak 1- 2 kali. Di dalam alat ini terdapat kandungan obat salbutamol yang dapat meredakan asma secara mendadak. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium inhaler tester :

ilustrasi contoh gambar instrumen inhaler tester
contoh gambar instrumen inhaler tester

Link instrumen inhaler tester penulis sertakan di : Inhaler Testing

20. Instrumen Laboratorium Isolated Organ Bath

Isolated organ bath adalah instrumen laboratorium dalam bidang farmakologi. Jenis instrumen ini digunakan untuk mengamati kontraksi atau pelepasan jaringan isometrik dari hewan percobaan. Selain itu, penggunaan isolated organ bath dapat mempermudah dalam mengamati efek obat pada suatu reseptor. Informasi lebih lengkap mengenai artikel isolated organ bath, bisa anda baca melalui tautan berikut: isolated organ bath. Dibawah ini gambar instrumen laboratorium isolated organ bath :

ilustrasi contoh gambar instrumen isolated organ bath
contoh gambar instrumen isolated organ bath

Link instrumen isolated organ bath penulis sertakan di : Isolated Organ Baths

21. Instrumen Laboratorium Laminar Air Flow

Laminar Air Flow atau LAF adalah instrumen laboratorium pada bidang mikrobiologi yang berbentuk meja kerja serta digunakan untuk melakukan proses penanaman bakteri (inokulasi) sebelum di inkubasi. Proses kerja dari instrumen laboratorium ini dilakukan dengan penyaringan udara dari luar yang dihembuskan di dalam ruangan LAF sehingga menjadi stabil. Informasi lebih lengkap mengenai artikel laminar air flow, bisa anda baca melalui tautan berikut: laminar air flow. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium laminar air flow :

ilustrasi contoh gambar instrumen laminar air flow
contoh gambar instrumen laminar air flow

Link instrumen laminar air flow penulis sertakan di : Laminar Flow Clean Bench – Silver Models

22. Instrumen Laboratorium Magnetic Hotplate Stirrer

Magnetic hotplate stirrer adalah instrumen laboratorium, memiliki prinsip kerja yang sama dengan jenis jenis hotplate stirrer lainnya. Umumnya, magnetic hotplate stirrer ini digunakan untuk mempermudah proses pengadukan dan pencampuran alat. Pengadukan pada instrumen ini dibantu dengan adanya stick magnetic yang akan berputar di dalam beaker berisi larutan. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium magnetic hotplate stirrer :

ilustrasi contoh gambar instrumen magnetic hotplate stirrer
contoh gambar instrumen magnetic hotplate stirrer

Link instrumen magnetic hotplate stirrer penulis sertakan di : Analog Magnetic Stirrer MS7-S

23. Instrumen Laboratorium Melting Point

Melting Point adalah salah satu instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengetahui titik leleh dari suatu bahan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Penggunaan instrumen melting point sangat penting untuk mengetahui sifat senyawa dari suatu zat dalam  menentukan kemuniannya. Informasi lebih lengkap mengenai artikel melting point, bisa anda baca melalui tautan berikut: melting point. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium melting point :

ilustrasi gambar Contoh gambar instrumen melting point
Contoh gambar instrumen melting point

Link instrumen melting point penulis sertakan di : Melting Point M3000

24. Instrumen Laboratorium Metabolic Cages

Metabolic cages adalah alat atau instrumen laboratorium yang dirancang berbentuk kandang mencit dilengkapi dengan tempat sampel urine dan feses secara terpisah. Penggunaan instrumen laboratorium ini biasanya untuk mengamati tingkah laku dan aktivitas hewan setelah diberi makan. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium metabolic cages :

ilustrasi Contoh gambar instrumen meltabolic cages
Contoh gambar instrumen metabolic cages

Link instrumen metabolic cages penulis sertakan di : Metabolic Cages

25. Instrumen Laboratorium Microplate Washer

Microplate washer adalah salah satu instrumen laboratorium yang berfungsi untuk mencuci sampel sebelum dicari nilai konsentrasi dan absorbansinya. Alat microplate washer ini sangat membantu dalam penggunaan microplate reader. Ketika menggunakan microplate washer, anda akan menggunakan yang namanya larutan buffer untuk membuang antibodi dan antigen yang tidak terpakai. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium microplate washer :

ilustrasi Contoh gambar instrumen microplate washer
Contoh gambar instrumen microplate washer

Link instrumen microplate washer penulis sertakan di : Microplate washer – Allsheng

26. Instrumen Laboratorium Microplate Reader

Microplate reader adalah instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengukur nilai absorbansi sample pada microplate. Di dalam instrumen microplate reader ini terdapat sebuah lubang yang disebut “wells” untuk meletakkan sampel. Secara umum, microplate reader juga disebut sebagai alat pengujian ELISA. Informasi lebih lengkap mengenai microplate reader, bisa anda baca melalui tautan berikut: microplate reader. Dibawah ini gambar instrumen laboratorium microplate reader.

ilustrasi gambar contoh gambar instrumen microplate reader
contoh gambar instrumen microplate reader

Link instrumen microplate reader penulis sertakan di : Microplate reader amr 100 allsheng

27. Instrumen Laboratorium Mikropipet

Mikropipet adalah jenis instrumen laboratorium yang dapat mengambil cairan atau larutan dalam jumlah yang diinginkan. Pada alat mikropipet ini terdapat beberapa jenis tip berdasarkan besaran volumenya. Penggunaan instrumen laboratorium ini tentu sangat akurat karena memiliki LCD display yang akan menampilkan jmlah volume larutan. Informasi lebih lengkap mengenai artikel mikropipet bisa anda baca melalui tautan berikut: mikropipet. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium mikropipet :

ilustrasi contoh gambar instrumen mikropipet
contoh gambar instrumen mikropipet

Link instrumen mikropipet penulis sertakan di : Pipettors MicroPette Single Channel Fixed

28. Instrumen Laboratorium Mikroskop

Mikroskop adalah sebuah instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengamati objek kecil. Pengamatan menggunakan mikroskop sangat berperan penting terhadap benda yang tidak bisa dilihat secara langsung. Selain itu, instrumen mikroskop ini memiliki dua lensa yaitu lensa objektif dan lensa okuler yang akan membantu memperjelas pengamatan anda. Ada banyak jenis mikroskop yang sering digunakan di laboratorium, diantaranya mikroskop binokuler dan mikroskop elektron. Informasi lebih lengkap mengenai artikel mikroskop, bisa anda baca melalui tautan berikut: mikroskop. Berikut ini gambar instrumen mikroskop :

ilustrasi contoh gambar instrumen mikroskop
contoh gambar instrumen mikroskop

Link instrumen mikroskop penulis sertakan di : Microscope BIO1

29. Instrumen Laboratorium Moisture Analyzer

Moisture analyzer adalah salah satu instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengukur kadar kelembaban pada suatu sample. Proses pengukuran kadar pada instrumen ini dilakukan tanpa proses pengeringan dengan metode penimbangan. Jenis instrumen laboratorium ini bekerja berdasarkan LOD (Lost of Drying) yang artinya menghitung jumlah kadar dari bahan atau pelarut yang hilang pada pemanasan. Informasi lebih lengkap mengenai artikel moisture analyzer, bisa anda baca melalui tautan berikut: moisture analyzer. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium moisture analyzer :

ilustrasi contoh gambar instrumen moistire analyzer
contoh gambar instrumen moisture analyzer

Link instrumen moisture analyzer penulis sertakan di : Chemical Free Moisture Analyzer

30. Instrumen Laboratorium Moisture Balance

Moisture balance memiliki fungsi yang sama dengan moisture analyzer. Alat atau instrumen laboratorium moisture balance ini bekerja berdasarkan prinsip gravimetri dalam mengukur kadar kelembaban suatu zat. Sampel akan dipanaskan terlebih dahulu pada suhu tertentu sehingga kandungan air di dalamnya akan menguap. Informasi lebih lengkap mengenai artikel moisture balance, bisa anda baca melalui tautan berikut: moisture balance. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium moisture balance :

ilustrasi contoh gambar instrumen moistiure balance
contoh gambar instrumen moisture balance

31. Instrumen Laboratorium MRBP

MRBP kepanjangan dari Mouse and Rat Tail Blood Pressure adalah perlatan yang masuk ke dalam instrumen laboratorium farmakologi. Fungsi MRBP yaitu untuk memnetukan tekanan darah pada mencit secara akurat dan konsisten. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium MRBP :

ilustrasi contoh gambar instrumen MRBP
contoh gambar instrumen MRBP

Link instrumen MBRP penulis sertakan di : Mouse and Rat Tail Blood Pressure(MRBP)

32. Instrumen Laboratorium Nucleic Acid Purification System

Nucleic acid purification system adalah salah satu intrumen laboratorium yang sangat berhubungan dengan virus COVID-19. Alat ini dirancang sebagai mesin ekstraksi yang berfungsi untuk memurnikan DNA, RNA, protein, dan sel dari berbagai bahan sampel, seperti sampel darah, sel, dan jaringan. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium nucleic acid purification system :

ilustrasi contoh gambar instrumen nucleic acid purification system
contoh gambar instrumen nucleic acid purification system

Link instrumen nucleic acid purification system penulis sertakan di : Autopure 96 nucleic acid purification system

33. Instrumen Laboratorium Overhead Stirrer

Overhead stirrer adalah instrumen laboratorium yang memiliki fungsi serupa dengan hotplate stirrer dan vortex mixer. Alat overhead stirrer berfungsi untuk mencampurkan bahan hingga homogen pada bahan yang memiliki kekentalan berbeda beda. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium overhead stirrer :

ilustrasi contoh gambar instrumen overhead stirrer
contoh gambar instrumen overhead stirrer

34. Instrumen Laboratorium Particle Size Analyzer

Particle size analyzer atau lebih dikenal sebagai PSA merupakan salah satu instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengukur ukuran partikel. Alat particle size analyzer ini bekerja dengan panjang gelombang. Sampel yang digunakan bisa berupa cairan atau serbuk halus yang sudah di dispersi dalam pelarut. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium particle size analyzer :

ilustrasi contoh gambar instrumen particle size analyzer
contoh gambar instrumen particle size analyzer

Link instrumen particle size analyzer penulis sertakan di : Digital overhead stirrer

35. Instrumen Laboratorium Plantar Test

Plantar test adalah instrumen laboratorium yang sering ditemui di laboratorium farmakologi. Fungsi plantar test yaitu untuk mengamati sensitivitas nyeri dan melihat respon tingkah laku mencit terhadap hiperalgesia yang diberikan. Berikut adalah gambar instrumen laboratorium plantar test :

ilustrasi contoh gambar instrumen plantar test
contoh gambar instrumen plantar test

Link instrumen plantar test penulis sertakan di : Plantar Test

36. Instrumen Laboratorium Plethysmometer

Plethysmometer adalah sebuah alat atau instrumen laboratorium yang digunakan dalam pengujian farmakologi. Umumnya, peltysmometer ini berfungsi untuk mengukur volume radang yang ada di kaki mencit. Penggunaan instrumen laboratorium ini juga berhubungan dengan pengujian efek dari obat antiinflamasi. Informasi lebih lengkap mengenai artikel plethysmometer, bisa anda baca melalui tautan berikut: plethysmometer. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium plethysmometer :

ilustrasi contoh gambar instrumen plethysmometer
contoh gambar instrumen plethysmometer

Link instrumen plethysmometer penulis sertakan di : Plethysmometer 37140

37. Instrumen Laboratorium Refraktometer

Refactometer adalah salah satu alat atau instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengetahui kadar atau konsentrasi dari suatu zat. Alat refraktometer ini bekerja dengan mengandalkan cahaya atau indeks bias yang dapat tersebar dalam suatu zat berdasarkan molekulnya. Informasi lebih lengkap mengenai artikel refraktometer, bisa anda baca melalui tautan berikut: refraktometer.Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium refraktometer :

ilustrasi contoh gambar instrumen refraktometer
contoh gambar instrumen refraktometer

Link instrumen refraktometer penulis sertakan di : Refractometer DR6000

38. Instrumen Laboratorium Rotarod

Rotarod merupakan jenis instrumen laboratorium yang berperan dalam bidang farmakologi. Secara umum, rotarod digunakan untuk mengamati reaksi mencit setelah diberikan obat antidepresi. Pada saat digunakan, rotarod akan berputar sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Semakin cepat mencit jatuh ke dalam drum rotarod, berarti obat antidepresi memiliki khasiat yang baik. Informasi lebih lengkap mengenai artikel rotarod, bisa anda baca melalui tautan berikut: rotarod. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium rotarod :

ilustrasi contoh gambar instrumen rotarod
contoh gambar instrumen rotarod

Link instrumen rotarod penulis sertakan di : Rat RotaRod NG

39. Instrumen Laboratorium Rotary Evaporator

Rotary Evaporator merupakan instrumen laboratorium yang berfungsi untuk memisahkan suatu pelarut dari sebuah larutan hingga memperoleh ekstrak kental dan pekat. Penggunaan instrumen ini sering dijumpai di laboratorium kimia dan farmakognosi. Proses kerja rotary evaporator menggunakan energi panas yang akan menghasilkan uap di dalam labu bulat. Informasi lebih lengkap mengenai artikel rotary evaporator, bisa anda baca melalui tautan berikut: rotary evaporator. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium rotary evaporator :

ilustrasi contoh gambar instrumen rotary evaporator
contoh gambar instrumen rotary evaporator

Link instrumen rotary evaporator penulis sertakan di : Rotary Evaporator Vertical Coiled Condenser RE100-Pro

40. Instrumen Laboratorium RT-PCR

RT-PCR atau biasa disebut dengan (real-time reverse transcriptionpolymerase chain reaction) adalah salah satu instrumen laboratorium yang sangat berperan penting dalam mendeteksi keberadaan virus atau bakteri menggunakan sampel DNA. Pengujian yang dilakukan menggunakan instrumen RT-PCR ini termasuk ke dalam analisis kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan alat ini juga menggunakan reagen PCR yang merupakan bahan untuk terbentuknya reaksi kimia. Berikut ini adalah salah satu gambar instrumen laboratorium RT-PCR :

ilustradsi contoh gambar instrumen RT-PCR
contoh gambar instrumen RT-PCR

Link instrumen RT-PCR penulis sertakan di : Real Time PCR – Q2000C

41. Instrumen Laboratorium Shaker

Shaker adalah sebuah alat atau instrumen laboratorium yang merupakan jenis homogenizer paling umum. Di dalam laboratorium, shaker berfungsi untuk membuat campuran larutan menjadi homogen. Ada beberapa jenis instrumen laboratorium lainnya yang termasuk dalam kategori homogenizer seperti overhead stirrer, hotplate stirrer dan vortex mixer. Informasi lebih lengkap mengenai artikel shaker laboratorium, bisa anda baca melalui tautan berikut: shaker laboratorium. Berikut ini gambar instrumen laboratorium shaker :

ilustrasi contoh gambar instrumen shaker
contoh gambar instrumen shaker

Link instrumen shaker penulis sertakan di : Analog Orbital Shaker SK-O180-E

42. Instrumen Laboratorium Sieve Shaker

Sieve shaker adalah salah satu instrumen laboratorium berbentuk seperti ayakan. Pastinya, instrumen ini digunakan untuk memisahkan partikel halus dari partikel kasar pada suatu bahan. Di dalam sieve shaker terdapat mesh atau jumlah lubang yang memiliki ukuran bervariasi. Hasil pengayakan menggunakan sieve shaker akan mempermudah anda dalam melakukan proses pencampuran dari bahan tersebut. Informasi lebih lengkap mengenai artikel shaker laboratorium, bisa anda baca melalui tautan berikut: shaker laboratorium. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium sieve shaker :

ilustrasi contoh gambar instrumen sieve shaker
contoh gambar instrumen sieve shaker

Link instrumen sieve shaker penulis sertakan di : Sieve Shaker & Sieves

43. Instrumen Laboratorium Sonicator

Sonicator adalah instrumen laboratorium yang bekerja menggunakan bantuan gelombang ultrasonik. Alat sonicator ini digunakan untuk memecah suatu senyawa yang ada di dalam wadah seperti tabung reaksi. Gelombang ulrasonik pada instrumen laboratorium ini akan menghasilkan getaran yang kuat sehingga senyawa menjadi pecah. Biasanya penggunaan sonicator berhubungan dengan sampel DNA. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium sonikator :

ilustrasi contoh gambar instrumen sonicator
contoh gambar instrumen sonicator

44. Instrumen Laboratorium Spektrofotometer

Spektrofotometer adalah sebuah instrumen laboratorium yang paling sering dijumpai di laboratorium kimia. Jenis instrumen ini digunakan untuk mengukur nilai absorbansi dari sampel dengan mengamati panjang gelombangnya. Alat sepsktrofotometer ini termasuk instrumen laboratorium yang berhubungan dengan HPLC, RT-PCR dan PSA. Informasi lebih lengkap mengenai artikel spektrofotometer, bisa anda baca melalui tautan berikut: spektrofotometer. Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium spektrofotometer :

ilustrasi contoh gambar instrumen spektrofotometer
contoh gambar instrumen spektrofotometer

Link instrumen spektrofotometer penulis sertakan di : Spectrophotometer Halo XB-10 / VIS-20

45. Instrumen Laboratorium Timbangan Analitik

Timbangan analitik adalah contoh instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa atau banyaknya jumlah bahan. Dalam laboratorium kimia, timbangan analitik juga sering disebut sebagai analytical balance. Penggunaan instrumen timbangan analitik akan mempermudah anda dalam mengetahui jumlah bahan yang digunakan dengan akurasi yang tinggi. Informasi lebih lengkap mengenai artikel timbangan analitik, bisa anda baca melalui tautan berikut: timbangan analitik. Berikut ini gambar instrumen laboratorium timbangan analitik :

ilustrasi contoh gambar instrumen timbangan analitik
contoh gambar instrumen timbangan analitik

Link instrumen timbangan analitik penulis sertakan di : Analytical Balance M124A

46. Instrumen Laboratorium Ultrasonic Cleaner

Ultrasonic Cleaner adalah salah satu instrumen laboratorium yang berfungsi untuk membersihkan barang setelah digunakan. Instrumen ultrasonic cleaner ini akan menghasilkan gelombang suara ultrasonik melalui larutan pembersih efek yang disebut kavitasi dalam proses kerjanya. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium ultrasonic cleaner :

ilustrasi contoh gambar instrumen ultrasonic cleaner
contoh gambar instrumen ultrasonic cleaner

Link instrumen ultrasonic cleaner penulis sertakan di : Ultrasonic Cleaner

47. Instrumen Laboratorium Universal Shaking Incubator

Universal shaking incubator adalah salah satu jenis incubator yang menjadi instrumen laboratorium. Jenis incubator ini merupakan gabungan dari alat incubator dan shaker yang akan mengaduk sampel dengan proses pemanasan. Jenis instrumen laboratorium ini sering digunakan untuk inkubasi sampel darah, bakteri serta DNA. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium universal shaking incubator :

ilustrasi contoh gambar instrumen universal shaking incubator
contoh gambar instrumen universal shaking incubator

Link instrumen universal shaking incubator penulis sertakan di : Shaking Incubator

48. Instrumen Laboratorium Vortex Mixer

Vortex mixer adalah sebuah instrument laboratorium yang digunakan untuk mencampurkan bahan hingga seragam (homogen). Alat vortex mixer ini memiliki fungsi yang sama seperti homogenizer dan hotplate stirrer. Namun, instrumen vortex mixer ini menggunakan tabung reaksi sebagai wadah sampel nya yang akan dimasukkan ke dalam lubang tempat tabung. Informasi lebih lengkap mengenai artikel vortex mixer, bisa anda baca melalui tautan berikut: vortex mixer. Berikut ini adalah gambar instrumen laboratorium vortex mixer :

ilustrasi contoh gambar instrumen vortex mixer
contoh gambar instrumen vortex mixer

Link instrumen vortex mixer penulis sertakan di : Vortex Mixer MX-F Fixed Speed

49. Instrumen Laboratorium Water Bath

Water bath adalah instrumen laboratorium yang digunakan untuk memanaskan suatu bahan dalam proses penguapan. Di dalam instrumen water bath, terdapat sensor thermostat yang dapat mempertahankan suhu hingga optimal. Pemanasan yang dilakukan dengan water bath biasanya menggunakan suhu 30-100°C. Informasi lebih lengkap mengenai artikel water bath, bisa anda baca melalui tautan berikut: water bath. Dibawah ini adalah salah satu gambar instrumen laboratorium water bath :

ilustrasi contoh gambar instrumen water bath
contoh gambar instrumen water bath

Link instrumen water bath penulis sertakan di : Analog Water Bath

50. Instrumen Laboratorium Water Purification System

Water purification tester adalah salah satu instrumen laboratorium yang digunakan untuk memurnikan larutan sehingga terbebas dari kontaminasi. Rangkaian teknologi dari instrumen laboratorium ini mampu memberikan kualitas air yang konsisten serta murni . Dibawah ini adalah gambar instrumen laboratorium water purification system :

ilustrasi contoh gambar instrumen water purification system
contoh gambar instrumen water purification system

Link instrumen water purification system penulis sertakan di : water purification Smart N-II

Sumber gambar : pexels

Bagi anda yang memiliki kebutuhan instrumen laboratorium, bisa menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri dengan nomer whatsapp customer service 087777277740 atau telepon : 0251-7504679. Link alamat untuk berkunjung ke : googlemaps

Demikian artikel Instrumen Laboratorium kita sudah membaca tentang pengertian instrumen laboratorium, daftar instrumen laboratorium, fungsi instrumen laboratorium dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada saran dan masukan silahkan sampaikan dengan mengisi kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat