Apa itu Oven?

Oven adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk memanaskan ataupun mengeringkan. Biasanya digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas laboratorium, zat-zat kimia maupun pelarut organik. Dapat pula digunakan untuk mengukur kadar air. Tidak semua alat gelas dapat dikeringkan didalam oven, hanya alat gelas dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dikeringkan, yaitu alat gelas dengan ketelitian rendah. Sedangkan untuk alat gelas dengan ketelitian tinggi tidak dapat dikeringkan dengan oven. Apabila alat gelas dengan ketelitian tinggi tersebut dimasukkan ke dalam oven, maka alat gelas tersebut akan memuai dan berakibat ketelitiannya tidak lagi teliti. Biasanya digunakan desikator untuk mengeringkannya.

apa-oven-itu

Prinsip kerja oven yaitu sterilisasi melalui mekanisme konduksi panas. Panas bakal diabsorbsi oleh permukaan luar yang disterilkan sesudah itu merambat kebagian didalam dari permukaan sampai terhadap selanjutnya suhu sterilisasi tercapai sehingga mikroorganime mati melalui mekanisme oksidasi sampai terjadinya koagulasi protein sel mikro organisme

Fungsi Oven 

  • Untuk mengeringkan alat-alat sebelum digunakan dan untuk mengeringkan bahan yang dalam keadaan basah.
  • Untuk sterilisasi dengan menggunakan udara kering. Alat sterilisasi ini dipakai untuk mensterilkan alat-alat gelas seperti Erlenmeyer, Petridisk (cawan petri), tabung reaksi dan gelas lainnya. Bahan-bahan seperti kapas, kain dan kertas juga dapat disterilkan dalam oven tetapi dalam temperatur tertentu, pada umumnya temperatur yang digunakan pada sterilisasi cara kering adalah sekitar 140-170oC selama paling sedikit 2 jam. Perlu diperhatikan bahwa lamanya sterilisasi tergantung pada jumlah alat disterilkan dan ketahanan alat terhadap panas.

Komponen Oven

gambar-oven gambar-oven2 gambar-oven3

  • Tombol POWER adalah tombol yang digunakan untuk menghidupkan ataupun mematikan oven.
  • Tombol untuk menyalakan atau mematiakn kipas.
  • Knop berwarna biru berfungsi untuk menaik turunkan kecepatan putaran kipas.
  • Pada bagian depan oven terdapat 2 layar yang menunjukkan suhu. Layar PV menunjukkan suhu alat sedangkan layar SV menunjukkan suhu yang diinginkan.
  • Tombol SET, UP (panah keatas) dan DOWN (panah kebawah) digunakan untuk mensetting suhu yang diinginkan. Dapat pula untuk mensetting waktu.

Cara Kerja Oven

  1. Hubungkan dengan sumber listrik
  2. Masukkan alat yang akan dikeringkan, atur dengan rapi lalu tutup pintu dengan rapat
  3. Hidupkan alat dengan menekan tombol ON, lampu pilot akan menyala ( merah dan kuning)
  4. Atur temperatur suhu dan waktu yang diinginkan
  • Bila suhu 170oC, atur waktu 1 jam
  • Bila suhu 160oC, aturwaktu 2 jam
  • Bila suhu 150oC, atur waktu 2,5 jam
  • Bila suhu 140oC, atur waktu 3 jam

Bila waktu yang diatur telah selesai, pengatur waktu secara otomatis kembali ke nol) Biarkan dingin, lalu keluarkan bahan dan alat yang disterilkan/dikeringkan

Perawatan Oven

Oven yang baik adalah oven yang selalu dirawat. Sebelum oven digunakan bersihkan semua aksesori dan rak tatakan. Selalu pastikan steker oven sudah dicabut dan oven sudah dingin sebelum dibersihkan. Buka pintu oven dan bagian dalam dibersihkan dengan lap lembut dalam air panas atau detergen. Zat abarsif jangan digunakan untuk membersihkan oven. Jangan mengelap elemen pemanas. Bagian luar dapat dibersihkan dengan lap basah.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak diperbolehkan menggunakan alat gelas untuk dimasukkan kedalam oven. Jagalah agar selalu ada jarak minimal 1” antara bagian atas dan bagian elemen pemanas. Jangan sekali-sekali menggunakan oven dalam keadaan pintu terbuka. Hindari seringnya membuka pintu oven saat sedang digunakan, hal ini menimbulkan panas dalam oven berkurang. Selalu gunakan gegep untuk mengambil peralatan dari dalam oven. Hentikan pemakaian oven bila terlihat asap pada kabel listrik. Segera cabut steker dari stopkontak.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Oven

  • Alat-alat gelas disusun rapi dan teratur
  • Apabila pemanasan diatas suhu 1000C, tidak boleh memasukkan alat/bahan yang
    terbuat dari karet, plastic atau bahan yang gampang rusak
  • Jangan mengeringkan pipet ukur dan labu ukur karena volume bakal berubah
  • Catat waktu dan suhu/temperature tiap-tiap kali alat dijalankan
  • Alat mesti bersih dan bebas debu
  • Alat-alat yang bakal disterilkan di bungkus dengan kertas sampul atau Aluminium voil,bertujuan untuk menjaga dan menjaga bahan yang tersedia didalam gelas reaksi agar tidak terkontaminasi.
  • Oven yang baik adalah oven yang selamanya dirawat. Sebelum oven digunakan membersihkan seluruh aksesori dan rak tatakan. Selalu pastikan steker oven sudah dicabut dan oven sudah dingin sebelum akan dibersihkan. Buka pintu oven dan bagian didalam dibersihkan dengan lap lembut didalam air panas atau detergen. Zat abarsif jangan digunakan untuk membersihkan oven. Jangan mengelap elemen pemanas. Bagian luar mampu dibersihkan dengan lap basah.

Cara Kalibrasi Oven

Secara berkala laksanakan pemeriksaan suhu dengan memanfaatkan thermometer.Cocokkan hasil yang di mampu pada suhu yang tercantum didalam oven dengan suhu yang ditunjukkan oleh thermometer standar.

Ditulis Oleh : Jumriani

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat