Ekstraksi DNA RNA – Sekilas Tentang Ekstraksi DNA/RNA

Ekstraksi DNA RNA – Ekstraksi merupakan metode yang sudah lama dilakukan untuk mendapatkan DNA dari inti sel atau organel sel. DNA hasil ekstraksi dapat diaplikasikan sebagai sampel untuk banyak metode tergantung analisa apa yang akan diuji. Oke, pada artikel kali ini kita akan membahas Sekilas Tentang Ekstraksi DNA/RNA. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, yuk kita mulai..

ekstraksi-dna-rna-sekilas-ekstraksi-dna-rna-distributor-alat-lab
Ilustrastrasi Ekstraksi DNA RNA

Apa Itu Materi Genetik

Materi genetic adalah segala informasi dalam tubuh makhluk hidup yang berada di dalam sel yang kita sebut sebagai DNA, informasi tersebut dapat diturunkan melalui tetua kepada keturunannya. Setiap makhluk hidup mempunyai materi genetic dan tentunya informasi genetic yang berbeda meskipun dengan spesies yang sama.

Informasi tersebut digunakan peneliti dan ahli untuk melakukan penelitian di banyak bidang dengan tujuan peningkatan kualitas atau bahkan pencegahan terhadap penyakit, salah satu media atau teknologi yang dapat mengaplikasikan penelitian tersebut adalah ilmu bioteknologi yang merupakan sub bidang biologi dengan menggunakan metode PCR, RT-PCR dan lainnya. Metode ini menggunakan ekstrak DNA sebagai bahan awal mencari tahu informasi genetic apa yang ada di dalam tubuh mahkluk hidup yang akan kita teliti atau pelajari.

Pertanyaannya kenapa materi genetic perlu diektraksi?

Ragam Metode Ekstraksi DNA/RNA

Beragam metode ekstraksi yang digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan DNA atau RNA. seiring berjalannya waktu, metode ekstraksi yang popular yaitu metode ekstraksi menggunakan bantuan alat dan serbuk magnet yang dikenal sebagai metode ekstraksi magnetic beads.

Prinsip dasar ekstraksi menggunakan metode ekstraksi magnetic bead sama dengan metode ekstraksi lainnya dan tahapan ekstraksi yang sama. Tahapan ekstraksi yang dilalui sampel yaitu lisis, binding, washing dan elute. Lisis adalah tahapan pemecahan sel pembawa informasi genetic (DNA/RNA), binding adalah proses pengikatan DNA/RNA untuk memisahkan materi genetic dengan protein pengotor, washing adalah proses pencucian untuk mendapatkan kemurnian tinggi dan tahapan ektraksi terakhir yaitu elute adalah proses resuspensi atau penambahan pelarut ketika DNA/RNA didapatkan. Proses ini umumnya dilakukan secara terpisah oleh bantuan manusia dengan melewati tahapan ekstraksi tersebut. Metode ekstraksi menggunakan magnetic beads melakukan semua tahapan ekstraksi di dalam satu rangkaian dengan bantuan alat sehingga keadaan sampel akan lebih baik secara kualitas, lingkungan homogeny dan yang terpenting adalah durasi ekstraksi akan sangat efisien dimana proses ekstraksi cukup dengan 30 menit atau bahkan kurang (tergantung dengan sampel dan kit yang digunakan).

Baca juga : Promo Alat Laboratorium

Pemilihan dan penerapan metode ekstraksi dalam tujuannya untuk mengekstrak materi genetic berdasarkan jenis metodenya yaitu ekstraksi berbasis spin column dan ekstraksi berbasis otomatisasi. Ekstraksi berbasis spin column ditemukan dan diperkenalkan oleh McCormick pada tahun 1989. Seperti nama metodenya ekstraksinya, metode ini menggunakan spin column yang terdapat penyaring berupa filter silica untuk memisahkan materi ekstraksi. Metode ekstraksi ini memerlukan proses sentrifugasi selama tahapan ekstraksi yang dilakukan.

Metode Ekstraksi DNA/RNA Populer

Proses atau metode ekstraksi yang baru baru ini sangat familiar selama masa pandemic yaitu metode magnetic beads. Kami menyiapkan alat ekstraksi otomatis yaitu Auto Pure 32 Nucleic Acid Purification System. Dengan system otomatis dalam semua tahapan ekstraksi dan biasa dikenal dengan system pemurnian asam nukleat otomatis. Sistem pemurnian asam nukleat Auto-Pure 32 adalah alat untuk mengekstraksi dan memurnikan asam nukleat dengan menggunakan metode magnetic bead. Memiliki keunggulan otomatisasi tinggi, durasi ekstraksi lebih cepat, hasil stabil, dan pengoperasian yang mudah. Menggunakan plate 32, dalam 1 kali proses ekstraksi bisa memuat 32 sampel sekaligus. Dengan berbagai jenis set reagen asam nukleat magnetic beads, dapat dengan cepat mengekstraksi DNA dan RNA dari jaringan hewan dan tumbuhan, darah, cairan tubuh, spesimen kriminal, dan sampel lainnya. Ini banyak digunakan dalam penelitian ilmiah, sistem pengendalian penyakit, keamanan pangan, forensik, pemantauan klinis dan bidang lainnya.

Ditulis Oleh : SR

Demikian artikel Sekilas Tentang Ekstraksi DNA/RNA“.  Bagi anda yang membutuhkan diskusi cepat produk ini bisa menghubungi contact PT. Andaru Persada Mandiri via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link alamat kami sertakan pada Google Maps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat