Mengenal Wabah Hepatitis Misterius Pada Anak

Mengenal Wabah Hepatitis Misterius – Satu minggu belakangan ini, kita banyak mendengar kabar seputar penyakit hepatitis akut yang mulai muncul di Indonesia. Penyakit ini memang bukan penyakit baru di dunia kedokteran, namun kemunculannya yang terbilang “akut” kini menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Seperti apa sebenarnya ? Yuk simak artikel berikut.

Apa Itu Penyakit Hepatitis ?

contoh gambar penyakit hepatitis
Apa Itu Penyakit Hepatitis ?

Hepatitis memang bukan penyakit baru dalam dunia kedokteran, namun penyakit yang satu ini kini mulai menimbulkan kekhawatiran ketika sudah memasuki kata akut. Lalu, apa yang dimaksud dengan hepatitis ?

Hepatitis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ hati. Hepatitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, meskipun juga dapat disebabkan oleh kondisi lain. Selain infeksi virus, hepatitis bisa disebabkan oleh kebiasaan minum alkohol, penyakit autoimun, serta zat racun atau obat-obatan tertentu. Penyakit ini juga dapat terjadi akibat antibodi sendiri yang menyerang jaringan hati, yang disebut hepatitis autoimun.

Namun, karena terbilang akut, hepatitis kini menjadi perbincangan hangat dalam dunia kedokteran saat ini setelah pandemi covid-19. Seperti apa yang sedang ramai saat ini ?

Hepatitis Misterius di Indonesia

contoh gambar hati
Ilustrasi Hati

Kabar mengenai hepatitis akut di Indonesia ini bermula ketika adanya tiga pasien anak meninggal dunia yang dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Para dokter yang menangani pun menduga kematian itu disebabkan oleh hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Yang perlu kita ketahui, penyakit yang satu ini sebelumnya sudah banyak diderita anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia kini sudah masuk Indonesia. Penyakit ini sudah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan catatan dari WHO tersebut, ada lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara. WHO pertama kali menerima laporan pada 5 April 2022. Dari laporan tersebut pula, penyakit yang satu ini menimpa pada anak-anak usia 11 bulan sampai dengan 16 tahun.

contoh gambar anak
Ilustrasi Anak

Gejala Klinis Hepatitis Akut

Agar semakin waspada, berikut gejala klinis dari hepatitis akut ini, diantaranya :

  1. Sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut
  2. Gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah). Dan sebagian besar kasus tidak ditemukan adanya gejala demam.

Kementerian Kesehatan juga meminta pihak terkait untuk menginformasikan kepada masyarakat untuk segera mengunjungi fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) terdekat apabila mengalami sindrom Penyakit Kuning, dan membangun dan memperkuat jejaring kerja surveilans dengan lintas program dan lintas sektor. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit yang lebih luas lagi.

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referensi : WHO, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

Sampai disini dulu artikel singkat seputar ” Mengenal Wabah Hepatitis Misterius Pada Anak“, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan kita. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, jangan lupa kunjungi artikel kami lainnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat