Siklon Tropis Karim Yang Terjadi di Indonesia

Halo, sobat APM… Bagaimana kabarnya ? Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya… Akhir – akhir ini sobat merasakan cuaca yang sangat panas tidak ??? Ternyata, cuacanya yang panas disebabkan karena adanya “Siklon Tropis Karim“. Untuk lebih jelasnya, kita bahas di artikel ini yuk..

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksi musim hujan tahun 2022 akan terjadi pada bulan Januari – Februari. Setelah itu, BMKG kembali mendeteksi musim kemarau tahun 2022 yang akan diawali pada bulan April.

ilustrasi gambar siklon tropis karim

Seperti pada biasanya, saat musim kemarau masyarakat Indonesia akan merasakan cuaca yang panas. Namun, pada bulan Mei 2022 ini cuaca panas terasa lebih ekstrim dari biasanya. Beberapa masyarakat Indonesia juga menyatakan bahwa ketika jam 09.00 pagi saja, sudah terasa panas. Akhirnya, hal ini di informasikan langsung oleh BMKG tentang adanya Siklon Tropis Karim.

Apa itu Siklon Tropis Karim ??

Mungkin masyarakat banyak yang belum tau tentang cuaca ini. Menurut BMKG, Siklon Tropis Karim adalah badai yang memiliki kekuatan besar dengan radius bisa mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis karim bisa terbentuk di atas lautan luas karena air laut memiliki suhu yang hangat.

ilustrasi gambar siklon tropis karim

Selain itu, BMKG juga menjelaskan bahwa siklon tropis karim ini memiliki tekanan rendah non-frontal yang tumbuh di perairan hangat dengan kecepatan angin yang mencapai 34 knot dan mampu bertahan sekitar 6 jam.

Lalu, bagaimana bisa siklon tropis karim bisa terjadi ??

Hingga kini, Indonesia menjadi salah satu negara yang sedang dilanda siklon tropis karim. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara tropis. Oleh karena itu, hal ini akan memberikan potensi besar dalam pembentukan siklus tropis. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya siklus tropis karim, diantaranya :

  1. Permukaan laut yang mmiliki suhu sekitar 26.5°C dengan kedalaman 60 meter.
  2. Pembentukan awan cumulonimbus pada atmoster yang tidak stabil. Sehingga menjadi wilayah konvektif yang kuat dalam pembentukan siklon tropis.
  3. Keadaan atmosfer yang lembab dengan ketinggian 5 km.
  4. Gangguan atmosfer di dekat permukaan bumi berupa angin yang berpusar yang disertai dengan pumpunan angin.
  5. Kekuatan angin yang tidak terlalu besar.

Dibawah ini adalah ilustrasi gambar siklon tropis karim yang dilihat dari satelit:

ilustrasi gambar siklon tropis karim

Dibawah ini ada beberapa daerah yang menjadi potensi terbentuknya Siklus Tropis Karim :

Nama Daerah Luas Wilayah
Atlantik Utara Samudra Atlantik Utara, Laut Karibia dan Teluk Meksiko
Pasifik Timur Laut Amerika Utara hingga 180◦ BT
Pasifik Barat Laut Sebelah Barat 180◦ BT, Laut Cina Selatan
Hindia Utara Teluk Benggala dan Laut Arab
Hindia Selatan Samudra Hindia Selatan sebelah Barat 100◦ BT
Hindia Tenggara / Australia Bumi Belahan Selatan 100 – 142◦ BT
Pasifik Barat Daya / Australia Bumi Belahan Selatan sebelah timur 142◦ BT

ilustrasi siklon tropis karim

Saat ini, BMKG sudah memantau siklon tropis karim yang berada di Samudra Hindia Barat Daya Banten di 10.4°LS, 90.2°BT, yang memiliki tekanan 992 mb dengan kecepatan angin maksimum 40 knots dan bergerak ke arah selatan. Menurut laporan akhir dari pihak BMKG, intensitas Siklon Tropis Karim hari ini akan menguat dan menjauh dari Indonesia.

Kejadian siklus tropis karim memberikan dampak pada beberapa wilayah di Indonesia, seperti :

  • Cuaca panas yang esktrim terjadi di wilayah Banten, Jakarta, Bandung, dan wilayah pulai jawa lainnya.
  • Sedangkan Hujan lebat melanda  Kab. Kep. Mentawai (Sumatera Barat) dan Pulau Enggano (Bengkulu).

Cuaca di Indonesia sekarang tak menentu guys. Diharapkan untuk masyarakat harus tetap menjaga kesehatan ya supaya semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Penulis : FR

Referensi : BMKG

Baik, kalau begitu sampai disini dulu artikel tentang “Siklon Tropis Karim Yang Terjadi di Indonesia“. Kalau diantara sobat ada yang memiliki pengetahuan lain tentang siklon tropis karim, silahkan berbagi di kolom komentar, ya.. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat