Overhead Stirrer – Pengertian, Fungsi dan Penggunaannya

Overhead Stirrer adalah alat atau instrumen laboratorium yang digunakan untuk proses pencampuran larutan hingga homogen. Alat ini bekerja dengan kecepatan yang tinggi sehingga proses nya lebih cepat daripada pencampuran secara manual. Pada artikel kali ini penulis akan membahas beberapa point penting seperti Pengertian Overhead Stirrer, Fungsi Overhead Stirrer, Prinsip Kerja Overhead Stirrer, Jenis Overhead Stirrer, Bagian Overhead Stirrer, Cara Menggunakan Overhead Stirrer, Cara merawat Overhead Stirrer, Spesifikasi Overhead Stirrer, Harga Overhead Stirrer dan Tempat Jual Overhead Stirrer.

PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang memiliki produk Overhead Stirrer ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan alat Overhead Stirrer bisa menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link produk Overhead Stirrer tersedia pada tautan : Digital Overhead Stirrer OS40-Pro (40L) LCD

jual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

 

 

ilustrasi gambar overhead stirrer

Beberapa dari anda mungkin sudah pernah menggunakan alat laboratorium untuk mengaduk atau mencampurkan beberapa larutan hingga homogen. Ada alat yang biasa digunakan salah satunya adalah “Overhead Stirrer”. Bagaimana bentuk dari Overhead stirrer ??? Untuk lebih jelasnya, kita simak artikel dibawah ini ya.

Pengertian Overhead Stirrer

Overhead stirrer adalah alat laboratorium yang digunakan untuk membantu proses pencampuran larutan atau beberapa bahan cair hingga homogen. Alat overhead stirrer ini memiliki kecepatan yang tinggi sekitar 50 – 2000 rpm sehingga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengaduk larutan. Karena kecepatan yang tinggi, maka overhead stirrer sangat cocok untuk larutan yang memiliki kekentalan (viskositas) bervariasi.

Bagaimana Bentuk Overhead Stirrer ?

ilustrasi gambar overhead stirrer

Seperti pada gambar diatas, alat laboratorium overhead stirrer ini memiliki 2 komponen penting seperti bagian kepala yang terdapat motor dan bagian stirrer yang disebut poros agitator. Di bagian kepala alat terdapat display screen atau layar yang akan menampilkan jumlah kecepatan dan waktu selama proses pengadukan. Sedangkan, bagian stirrer terbuat dari baja tahan karat yang akan diletakkan di dalam cairan selama bekerja.

Fungsi Overhead Stirrer

Sama seperti alat pengaduk lainnya berupa magntic stirrer dan hotplate stirrer, alat overhead stirrer ini juga berfungsi untuk mengaduk larutan agar tercampur merata. Penggunaan alat ini sering ditemui di laboratorium kimia dan farmasi. Berbagai macam viskositas bahan belum tentu bisa dicampurkan secara manual dan butuh tenaga untuk mencampurkannya hingga maksimal. Bagian stirrer atau batang pengaduk baja akan berputar di dalam larutan dengan kecepatan yang anda atur.

Penggunaan alat laboratorium overhead stirrer seringkali digunakan di beberapa laboratorium seperti laboratorium kimia, farmasi dan industri. Bagaimana penggunaannya ???

Penggunaan Overhead Stirrer Laboratorium Kimia

Di laboratorium kimia, penggunaan alat pengaduk sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi praktikum yang dilakukan selalu menggunakam bahan atau larutan cair yang digabungkan dalam satu wadah. Nah, alat laboratorium overhead stirrer ini sangat berperan penting untuk pengadukan agar laruran menjadi homogen. Alat tersebut juga bekerja dengan otomatis sehingga lebih efektif daripada pengadukan manual.

Penggunaan Overhead Stirrer Laboratorium Farmasi

Praktikum atau penelitian yang dilakukan di laboratorium farmasi pastinya berhubungan dengan bahan obat. Disana, terdapat berbagai macam bahan obat mulai dari bentuk padat, setengah padat dan cair. Proses engadukan pada pembuatan sediaan obat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan sendok dan batang pengaduk, menggunakan lumpang dan alu serta menggunakan alat otomatis seperti alat laboratorium overhead stirrer.

Biasanya, overhead stirrer digunakan bukan hanya untuk mengaduk bahan cair tetapi juga bahan obat yang memiliki viskositas (kekentalan) seperti suspensi, emulsi dan cream. Sama seperti di laboratorium kimia, overhead stirrer juga menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan karena lebih efektif penggunaannya.

Penggunaan Overhead Stirrer di Industri

Alat laboratorium overhead stirrer di industri sebenarnya hanya untuk menghomogenkan bahan yang akan di uji sebelum dipasarkan. Anda pasti tahu, bahwa bahan yang di produksi dari industri tentunya dalam jumlah yang besar sedangkan overhead stirrer hanya memiliki batang pengaduk yang tidak besar. Untuk menghomogenkan bahan baku dalam jumlah besar, beberapa industri menggunakan alat pengaduk lainnya.

Berbicara tentang homogen, sudah tau belum apa itu homogen ??

Jadi, homogen adalah suatu beberapa zat yang sudah tercampur rata atau menjadi satu. Tentu saja zat atau bahan yang sudah homogen akan mudah digunakan dan diserap. Homogenisasi ini akan membuat warna dan bentuk bahan menjadi seragam. Proses homogenisasi juga sangat penting dilakukan untuk meningkat kualitas bahan yang dihasilkan.

Oh iya, proses homogenisasi bisa anda lakukan secara manual atau otomatis. Kalau manual, anda harus mengaduknya menggunakan sendok atau batang pengaduk biasa dan pastinya membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika bahannya memiliki kekentalan yang sangat besar. Beda halnya jika anda menggunakan mesin atau alat otomatis, yang bekerja dengan kecepatan tinggi dan waktunya sebentar. Bagaimana ? Jadi lebih efektif manual atau otomatis nih ???

Prinsip Kerja Overhead Stirrer

Alat Overhead stirrer bekerja dengan kecepatan yang bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, alat overhead stirrer memiliki sistem motor penggerak dibagian kepalanya yang mengirimkan sinyal agar batang pengaduk bisa berputar dengan kuat di dalam larutan. Secara umum, alat ini memiliki kecepatan dari 50 rpm hingga 2000 rpm. Sangat cepat bukan ??

Apa saja bagian dari overhead stirrer ?

ilustrasi gambar bagian dari overhead stirrer

Seperti alat laboratorium lainnya, overhead stirrer juga memiliki beberapa bagian yang menjadi komponen penting dalam proses kerjanya. Bagian tersebut seperti head, stirrer (batang pengaduk), universal stand plate, speed knob dan LCD display. Bagaimana bentuk dan fungsinya ?? Kita bahas satu persatu, ya..

Head

ilustrasi gambar Head overhead stirrer

 

Bagian ini disebut “kepala” karena berada di bagian atas. Didalam head terdapat mesin motor yang akan memberikan sinyal untuk menggerakkan batang pengaduk. Pada bagian depan head terdapat beberapa bagian seperti LCD display, tombol ON/OFF dan speed knob.

Stirrer

ilustrasi gambar Stirrer

Selanjutnya ada stirrer atau lebih dikenal sebagai “batang pengaduk” yang terbuat dari bahan dasar baja kuat anti karat. Stirrer nantinya akan berputar di dalam larutan supaya homogen. Gerakan tersebut berasal dari sinyal yang dikirimkan oleh head menggunakan bantuan energi listrik.

Universal Stand Plate

ilustrasi gambar Universal Stand Plate

Bagian ini merupakan penyangga yang digunakan untuk menahan alat overhead stirrer agar dapat berdiri tegak dan stabil saat proses pengadukan. Kalau di lab kimia bisanya disebut “statif” yang juga digunakan sebagai penyangga buret. Dibagian bawahnya terdapat plate sebagai alas untuk adah larutan.

Speed knob

ilustrasi gambar Speed knob

Sesuai dengan namanya, bagian speed knob berfungsi untuk mengatur kecepatan sesuai dengan kebutuhan anda. Jika ingin menambah kecepatan, anda bisa putar ke kanan. Begitu pun sebaliknya, jika ingin mengurangi kecepatan, anda bisa putar speed knob ke kiri.

LCD Display

ilustrasi gambar LCD Display

Yang terakhir ada LCD Display. Bagian ini berada di head yang akan menampilkan waktu serta kecepatan yang anda gunakan saat proses pengadukan.

Bagaimana cara menggunakan overhead stirrer ?

ilustrasi gambar cara menggunakan overhead stirrer

Setelah membahas tentang pengertian, fungsi, prinsip dan bagiannya,, sekarang kita ketahui yuk cara menggunakan overhead stirrer di laboratorium. Silahkan di simak ya..

  1. Pastikan anda menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan seperti tumpahan bahan.
  2. Siapkan larutan yang iingin di homogenkan di dalam beaker glass.
  3. Letakkan wadah sampel di atas universal stand plate, kemudian pasangkan overhead stirrer. (sesuaikan tingginya dengan beaker glass. pastikan batang stirrer masuk ke dalam larutan).
  4. Hubungkan catu daya ke sumber listrik atau stop kontak.
  5. Tekan tombol ON untuk menyalakan alat.
  6. Atur kecepatan dengan memutar speed knob.
  7. Amati larutan tersebut, jika sudah homogen maka tekan tombol OFF.
  8. Cabut catu daya dari sumber listrik dan lepaskan alat overhead stirrer dari universal stand plate.
  9. Bersihkan batang stirrer dari sisa larutan.

Cara Merawat Overhead Stirrer

Supaya alat laboratorium lebih tahan lama penggunaannya, maka anda harus merawatnya. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada alat. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat alat overhead stirrer, yaitu :

  • Selalu bersihkan batang pengaduk (stirrer) setelah digunakan untuk menghindari terjadinya korosif. Jika batang stirrer mengalami karat, maka akan berpengaruh terhadap kualitas larutan atau sampel yang akan di homogenkan.
  • Sebaiknya jangan sembarangan menggunakan pembersih semprot pada bagian alat terutama batang pengaduk nya.
  • G
  • Sebaiknya gunakan larutan pembersih yang di rekomendasikan seperti : air yang mengandung surfaktan atau alkohol isopropil.
  • Jangan memutar knop kontrol terlalu keras, karena bisa menyebabkan patah.
  • Lakukan kalibrasi terhadap alat setiap 6 bulan sekali atau waktu yang sudah ditentukan.

Kalibrasi Overhead Stirrer

Proses kalibrasi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk memastikan bahwa alat tersebut masih layak digunakan dan memiliki keakuratan yang tinggi. Biasanya, ketika anda ingin menggunakan alat laboratorium pastinya di kalibrasi terlebih dahulu. Idealnya, alat laboratorium overhead stirrer di kalibrasi minimal 6 bulan sekali.

Ada beberapa cara kalibrasi overhead stirrer, antara lain :

  • Saat kalibrasi, anda bisa menggunakan sampel air atau aquadest.
  • Lalu hidupkan alat dan pastikan batang pengaduk stirrer berputar di dalam air tersebut.
  • Dari sini, anda bisa lihat cara berputar batang pengaduk tersebut. Jika batang pengaduk tidak bisa berputar dengan cepat maka bisa dipastikan ada gangguan pada alat tersebut.

Perlu diketahui, proses kalibrasi alat ini dilakukan oleh laboran atau tenaga laboratorium supaya hasilnya maksimal.

Mengapa harus menggunakan overhead stirrer ?

Dibawah ini ada beberapa kelebihan yang menjadi alasan anda harus menggunakan overhead stirrer, diantaranya :

  • Karena daya perangkat yang tinggi, proses homogenisasi cukup cepat.
  • Sangat efisien.
  • Memiliki kemampuan untuk mengatur kecepatan overhead stirrer untuk mencampur zat.
  • Perangkat sederhana untuk gelas laboratorium. Dengan kata lain, zat pencampur dapat dimasukkan ke dalam botol, gelas kimia, botol dan peralatan lainnya.
  • Dapat digunakan untuk menghasilkan dispersi dan emulsi, yang digunakan untuk tujuan penelitian atau dalam obat-obatan.

Tips Memilih Overhead Stirrer

Dibawah ini ada beberapa tips untuk anda yang akan membantu anda ketika ingin membeli alat overhead stirrer, antara lain :

Kecepatan Pengadukan

Biasanya, alat overhead stirrer akan berputar dengan satuan rpm per menit, dan ini akan bervariasi dari masing masing jenisnya. Kebanyakan alat pengaduk di laboratorium menyediakan rentang kecepatan, seperti 12-1800 rpm atau 40-6000 rpm, tetapi ada beberapa pilihan dengan kecepatan tunggal.  Pilih kecepatan overhead stirrer yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Volume

Kapasitas atau volume pengaduk juga harus diperhatikan saat anda memiliki alat pengaduk. Kalau bisa, pilihlah overhead stirrer yang kapasitasnya memenuhi dan melebihi ukuran maksimum bahan anda. Secara umum, alat pengaduk memiliki kapasitas mulai dari 2 L, 25 L hingga 200 L. Volume maksimum biasanya mengasumsikan viskositas air kecuali ditentukan oleh pabrikan.

Torsi

Torsi adalah gaya rotasi yang digunakan untuk memutar impeller, biasa nya dinyatakan dalam sentimeter Newton (N∙cm) atau inci ons (in-oz). Semakin tinggi torsi, semakin baik kemampuan pengaduk untuk mempertahankan putaran impeler dalam campuran viskositas yang lebih tinggi dan saat menggunakan impeler berdiameter lebih besar. Peningkatan kecil pada diameter (dan kecepatan) impeller akan menyebabkan peningkatan besar dalam daya yang diperlukan untuk pencampuran.

Viskositas

Ini mengacu pada viskositas dinamis, yang merupakan “ketebalan” fluida saat diaduk. Ini adalah faktor penting untuk pengaduk yang mencampurkan batch dengan viskositas lebih besar dari air, atau viskositas yang berubah selama pencampuran. Pencampuran viskositas yang lebih tinggi akan membutuhkan torsi yang lebih besar dari motor pengaduk, dan anda ingin memastikan pengaduk anda dapat mempertahankan rpm nya dalam kondisi viskositas yang berubah. Pastikan overhead stirrer mampu menangani viskositas maksimum batch Anda. Viskositas dilaporkan dalam centipoise (cP atau cps) atau milipascal detik (mPa∙s). Jika anda tidak mengetahui viskositas pasti produk anda, tabel viskositas cairan online dapat membantu memberikan perkiraan.

Operasi dan Keselamatan

Kontrol pengaduk harus jelas dan intuitif untuk dioperasikan, terutama dengan banyak pengguna. Apakah pengaduk dirancang untuk penggunaan terus menerus? Apakah pengaduk bebas perawatan, atau apakah memerlukan penjadwalan untuk servis? Beberapa fasilitas memerlukan verifikasi pembacaan kecepatan dan torsi dengan kalibrasi. Pengaduk dengan perlindungan kelebihan beban atau panas berlebih secara otomatis dimatikan untuk melindungi elektronik jika kondisi pencampuran berada di luar jangkauan operasional. Apakah tersedia pelindung untuk melindungi dari chuck dan/atau poros yang berputar? Tinjau standar keamanan yang telah disertifikasi untuk stirrer, seperti CSA, UL, CE, FCC. Pastikan untuk memeriksa apa yang diperlukan untuk peralatan pengadukan di fasilitas anda.

Harga Overhead Stirrer Tahun 2022

Banyak sekali brand atau merk yang ikut mengembangkan alat ini, tentu saja membuat harganya bervariasi. Perbedaan harga pada setiap brand bisa dilihat dari kapasitas dan bentuknya. Setelah di telusuri, alat overhead stirrer tahun 2022 berkisar mulai dari Rp. 3.000.000 hingga Rp. 25.000.000. Harga sewaktu waktu bisa berubah tergantung dari masing masing distributor.

Brand Overhead Stirrer

Alat overhead stirrer ini diproduksi bukan hanya dari satu brand saja. Salah satu brand overhead stirrer yang sangat di rekomendasikan adalah “Scilogex”. Brand scilogex ini telah memproduksi overhead stirrer dalam berbagai jenis dengan desain dan tampilan yang simple. Dibawah ini adalah gambar alat overhead stirrer dari brand Scilogex :

ilustrasi gambar overhead stirrer dari brand Scilogex

Selain itu, ada juga nih beberapa brand yang juga ikut memproduksi alat overhead stirrer, diantaranya :

Ika

Dibawah ini adalah gambar alat overhead stirrer dari brand Ika :

ilustrasi gambar overhead stirrer dari brand Ika

JoanLab

Dibawah ini adalah gambar alat overhead stirrer dari brand JoanLab :

ilustrasi gambar overhead stirrer dari brand JoanLab

JSR

Dibawah ini adalah gambar alat overhead stirrer dari brand JSR :

ilustrasi gambar overhead stirrer dari brand JSR

Biobase

Dibawah ini adalah gambar alat overhead stirrer dari brand Biobase :

ilustrasi gambar overhead stirrer dari brand Biobase

Lab Fish

Dibawah ini adalah gambar alat overhead stirrer dari brand Lab Fish :

ilustrasi gambar overhead stirrer dari brand Lab Fish

Spesifikasi Overhead Stirrer

ilustrasi gambar Spesifikasi Overhead Stirrer

Dibawah ini adalah spesifikasi overhead stirrer dari salah satu brand yaitu Scilogex :

Maximum stirring capacity 40 Liters
Maximum torque 60Ncm
Viscosity maximum 50000mPas
Speed range 50-2200rpm
Speed/Torque display LCD
Speed display accuracy ± 3rpm
Speed display resolution ± 1rpm
Chuck diameter range 0.5-10mm
Dimensions 3.3W x 8.7H x 7.3Dinches
Motor type brushless DC motor
Motor rating input 120W
Motor rating output 100W
Weight 5.5lbs
Voltage/Power 100-220V, 50/60 Hz/130W
Overload protection display LED lights
Data connector RS232
Protection class IP21
Permissible ambient temperature and humidity 5-40°C, 80%RH

Tempat Jual Overhead Stirrer

ilustrasi gambar Tempat Jual Overhead Stirrer

Di Indonesia, anda bisa membeli alat ini dengan mudah. Salah satu distributor alat laboratorium yaitu PT. Andaru Persada Mandiri menjual alat laboratorium overhead stirrer dengan harga terjangkau. Selain itu, anda juga bisa membelinya di aplikasi marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, bahkan di web resmi distributor nya langsung.

FAQ Tentang Overhead Stirrer

Dibawah ini adalah kumpulan beberapa pertanyaan tentang overhead stirrer sekaligus jawabannya yang sesuai dengan pembahasan diatas.

Apa yang dimaksud dengan Overhead stirrer ?

Overhead stirrer adalah alat laboratorium yang digunakan untuk membantu proses pencampuran larutan atau beberapa bahan cair hingga homogen.

Apa fungsi overhead stirrer ?

alat overhead stirrer ini juga berfungsi untuk mengaduk larutan agar tercampur merata.

Bagaimana penggunaan overhead stirrer di laboratorium farmasi ?

Praktikum atau penelitian yang dilakukan di laboratorium farmasi pastinya berhubungan dengan bahan obat. Disana, terdapat berbagai macam bahan obat mulai dari bentuk padat, setengah padat dan cair. Proses engadukan pada pembuatan sediaan obat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan sendok dan batang pengaduk, menggunakan lumpang dan alu serta menggunakan alat otomatis seperti overhead stirrer.

Biasanya, overhead stirrer digunakan bukan hanya untuk mengaduk bahan cair tetapi juga bahan obat yang memiliki viskositas (kekentalan) seperti suspensi, emulsi dan cream. Sama seperti di laboratorium kimia, overhead stirrer juga menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan karena lebih efektif penggunaannya.

Bagaimana prinsip kerja overhead stirrer ?

Alat Overhead stirrer bekerja dengan kecepatan yang bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan anda. Overhead stirrer memiliki sistem motor penggerak dibagian kepalanya yang mengirimkan sinyal agar batang pengaduk bisa berputar dengan kuat di dalam larutan. Secara umum, alat ini memiliki kecepatan dari 50 rpm hingga 2000 rpm.

Apa saja bagian bagian yang terdapat pada alat overhead stirrer ?

  • head, stirrer (batang pengaduk)
  • universal stand plate
  • speed knob
  • LCD display

Bagaimana cara menggunakan overhead stirrer di laboratorium ?

  1. Pastikan anda menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan seperti tumpahan bahan.
  2. Siapkan larutan yang iingin dihomogenkan di dalam beaker glass.
  3. Letakkan wadah sampel di atas universal stand plate, kemudian pasangkan overhead stirrer. (sesuaikan tingginya dengan beaker glass. pastikan batang stirrer masuk ke dalam larutan).
  4. Hubungkan catu daya ke sumber listrik atau stop kontak.
  5. Tekan tombol ON untuk menyalakan alat.
  6. Atur kecepatan dengan memutar speed knob.
  7. Amati larutan tersebut, jika sudah homogen maka tekan tombol OFF.
  8. Cabut catu daya dari sumber listrik dan lepaskan overhead stirrer dari universal stand plate.
  9. Bersihkan batang stirrer dari sisa larutan.

Apa saja tips yang bisa dilakukan dalam memilih overhead stirrer ?

Kecepatan Pengadukan

Biasanya, alat overhead stirrer akan berputar dengan satuan rpm per menit, dan ini akan bervariasi dari masing masing jenisnya. Kebanyakan alat pengaduk di laboratorium menyediakan rentang kecepatan, seperti 12-1800 rpm atau 40-6000 rpm, tetapi ada beberapa pilihan dengan kecepatan tunggal.  Pilih kecepatan overhead stirrer yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Volume

Kapasitas atau volume pengaduk juga harus diperhatikan saat anda memiliki alat pengaduk. Kalau bisa, pilihlah overhead stirrer yang kapasitasnya memenuhi dan melebihi ukuran maksimum bahan anda. Secara umum, alat pengaduk memiliki kapasitas mulai dari 2 L, 25 L hingga 200 L. Volume maksimum biasanya mengasumsikan viskositas air kecuali ditentukan oleh pabrikan.

Torsi

Torsi adalah gaya rotasi yang digunakan untuk memutar impeller, biasanya dinyatakan dalam sentimeter Newton (N∙cm) atau inci ons (in-oz). Semakin tinggi torsi, semakin baik kemampuan pengaduk untuk mempertahankan putaran impeler dalam campuran viskositas yang lebih tinggi dan saat menggunakan impeler berdiameter lebih besar. Peningkatan kecil pada diameter (dan kecepatan) impeller akan menyebabkan peningkatan besar dalam daya yang diperlukan untuk pencampuran.

Viskositas

Ini mengacu pada viskositas dinamis, yang merupakan “ketebalan” fluida saat diaduk. Ini adalah faktor penting untuk pengaduk yang mencampurkan batch dengan viskositas lebih besar dari air, atau viskositas yang berubah selama pencampuran. Pencampuran viskositas yang lebih tinggi akan membutuhkan torsi yang lebih besar dari motor pengaduk, dan anda ingin memastikan pengaduk anda dapat mempertahankan rpm nya dalam kondisi viskositas yang berubah. Pastikan overhead stirrer mampu menangani viskositas maksimum batch Anda. Viskositas dilaporkan dalam centipoise (cP atau cps) atau milipascal detik (mPa∙s). Jika anda tidak mengetahui viskositas pasti produk anda, tabel viskositas cairan online dapat membantu memberikan perkiraan.

Operasi dan Keselamatan

Kontrol pengaduk harus jelas dan intuitif untuk dioperasikan, terutama dengan banyak pengguna. Apakah pengaduk dirancang untuk penggunaan terus menerus? Apakah pengaduk bebas perawatan, atau apakah memerlukan penjadwalan untuk servis? Beberapa fasilitas memerlukan verifikasi pembacaan kecepatan dan torsi dengan kalibrasi. Pengaduk dengan perlindungan kelebihan beban atau panas berlebih secara otomatis dimatikan untuk melindungi elektronik jika kondisi pencampuran berada di luar jangkauan operasional.

Bagaimana cara merawat overhead stirrer ?

  • Selalu bersihkan batang pengaduk (stirrer) setelah digunakan untuk menghindari terjadinya korosif. Jika batang stirrer mengalami karat, maka akan berpengaruh terhadap kualitas larutan atau sampel.
  • Sebaiknya jangan sembarangan menggunakan pembersih semprot pada alat.
  • Gunakan larutan pembersih yang direkomendasikan seperti : air yang mengandung surfaktan atau alkohol isopropil.
  • Jangan memutar knop kontrol terlalu keras, karena bisa menyebabkan patah.
  • Kalibrasi

Berapa harga overhead stirrer tahun 2022 ?

Setelah di telusuri, alat overhead stirrer tahun 2022 berkisar mulai dari Rp. 3.000.000 hingga Rp. 25.000.000. Harga sewaktu waktu bisa berubah tergantung dari masing masing distributor.

Penulis : FR

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Persada Mandiri adalah distributor alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Demikian pembahasan tentang overhead stirrer, yang berisi tentang Pengertian Overhead Stirrer, Fungsi Overhead Stirrer, Prinsip Kerja Overhead Stirrer, Jenis Overhead Stirrer, Bagian Overhead Stirrer, Cara Menggunakan Overhead Stirrer, Cara merawat Overhead Stirrer, Spesifikasi Overhead Stirrer, Harga Overhead Stirrer dan Tempat Jual Overhead Stirrer. Jika berkenan silahkan mengisi kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat