Jenis – Jenis Hematology Analyzer di Laboratorium

Halo sobat labs, bagaimana kabarnya ? Semoga anda semua sehat selalu ya. Labs, bicara mengenai alat hematology, alat ini memang sangat lekat kaitannya dengan pemeriksaan kadar darah. Nah, Hematology Analyzer juga tak hanya memiliki satu jenis. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

ilustrasi hematology analyzer
Jenis-Jenis Hematology Analyzer

Sebelum kita masuk ke pembahasan, penulis ingin menginformasikan jika anda membutuhkan alat hematology analyzer ini, bisa anda dapatkan di distributor alat laboratorium. Nah,  PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium juga menyediakan alat hematology analyzer tersebut dan berbagai macam alat general laboratorium lainnya seperti disintegration tester, friability tester, hardness tester, dissolution tester, biosafety cabinet, mikroskop, mikropipet, autoclave, centrifuge, water bath.

Untuk informasi lebih lanjut, anda  bisa menghubungi kontak yang tersedia via WhatsApp : 0877 7727 7740 atau Telepon (0251) 7504679. Link alamat juga kami cantumkan disini googlemaps.

Jenis – Jenis Hematology Analyzer 

Baik, hematology analyzer ini memiliki 2 jenis yang sering digunakan baik di rumah sakit ataupun klinik. Diantaranya ada semi otomatis dan juga otomatis. Untuk mengetahui lebih lanjut , yuk kita simak penjelasannya secara singkat di bawah ini.

Sebelum ke pembahasan, penulis juga melampirkan dua produk hematology analyzer dari brand NB Medical System, diantaranya Hematology Analyzer NB Medical System MS-H630 dan Hematology Analyzer NB Medical System MS-H650. Untuk spesifikasi akan penulis bahas pada artikel selanjutnya ya.

ilustrasi gambar alat hematology
Hematology Analyzer NB Medical System MS-H630

 

ilustrasi gambar alat hematology
Hematology Analyzer NB Medical System MS-H650

Kedua gambar tersebut berasal dari brand NB Medical System. Yuk lanjut ke pembahasan.

Hematology Analyzer Semi Otomatis

Antara jenis semi otomatis dan otomatis tentu memiliki perbedaan. Pada tipe ini, proses dilusi atau pencampuran sampel darah dengan koagulan harus dilakukan secara manual. Jadi, tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama. Namun, beberapa instansi baik di lembaga penelitian, rumah sakit ataupun klinik masih ada yang menggunakan hematology analyzer semi otomatis untuk digunakan di instansi nya tersebut

Hematology Analyzer Otomatis 

Berbeda dengan semi otomatis, jenis otomatis memiliki banyak kelebihan. Yakni pada proses pemriksaannya,
proses dilusi, hemolyzing (pencampuran sampel dengan reagen pada alat), perhitungan, display dan print out akan dilakukan secara otomatis. Sehingga, proses pun akan berjalan cepat dan efisien. Sehingga, untuk tipe yang satu ini akan lebih terasa efisien sehingga lebih banyak digunakan dalam instansi kesehatan.

Nah, bagi anda yang pernah menggunakan alat hematology analyzer, silahkan bagikan pengalamannya di kolom komentar untuk diskusi bersama.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Jenis – Jenis Hematology Analyzer di Laboratorium “. Untuk informasi lengkap mengenai alat ini, anda bisa kunjungi artikel Hematology Analyzer . Semoga artikel ini bermanfaat ya, sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat