Yuk Kenali Vaksin Moderna Asal Amerika Serikat Ini

Yuk Kenali Vaksin Moderna Asal Amerika Serikat Ini – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? Semoga anda semua sehat selalu ya. Vaksin moderna kini sudah digunakan di berbagai belahan dunia. Vaksin asal Amerika Serikat ini memiliki beberapa keunggulan yang perlu diketahui. Jadi, apa sih vaksin Moderna itu? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasannya berikut ini.

vaksin-moderna-asal-amerika-serikat
Vaksin Moderna Asal Amerika Serikat

Apa Itu Vaksin Moderna ?

Saat ini Indonesia sudah menerima berbagai merk vaksin yang digunakan berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari Sinovac, AstraZeneca hingga Moderna. Vaksin Sinovac dan AstraZeneca lebih banyak digunakan karena penggunaannya tak hanya bagi para nakes atau tenaga kesehatan, tapi juga untuk masyarakat umum. Lalu, bagaimana dengan vaksin Moderna? Nah, ini dia.

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin asal Amerika Serikat yang digunakan untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2. Moderna atau mRNA-1273 ini dikembangkan sejak bulan Januari 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika Serikat. Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin RNA (messenger RNA).

Ada yang berbeda dari vaksin yang lainnya. Yang dimana vaksin Moderna tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, tetapi menggunakan komponen materi genetik yang akan membuat sistem kekebalan tubuh manusia memproduksi spike protein. Protein inilah yang merupakan bagian dari permukaan virus corona.

Efek Samping Vaksin Moderna

Vaksin Moderna ini akan diberikan kepada para tenaga kesehatan. Dan akan diberikan langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Sama seperti vaksin pada umumnya, Moderna ini akan disuntikkan ke dalam otot melalui intramuskular.

Bagaimana cara penyuntikannya?

Area kulit yang akan disuntik vaksin harus dibersihkan terlebih dahulu dengan alcohol swab sebelum dan sesudah penyuntikan. Dan jika alat suntik ini bersifat sekali pakai, sehingga jika sudah selesai digunakan akan dibuang ke dalam safety box tanpa ditutup kembali jarumnya.

Untuk efek samping sendiri, dalam pemberian berbagai jenis vaksin, kita juga sudah mengenal istilah KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Untuk mengantisipasi adanya KIPI yang serius, penerima vaksin akan diminta untuk tetap tinggal di tempat layanan vaksinasi selama 30 menit sesudah divaksin. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait KIPI, kalian bisa kunjungi artikel ini ya ” Mengenal Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ”

Setelah melalui beberapa penelitian, Moderna diketahui memiliki efek samping yang bisa terjadi pada individu setelah penerimaan vaksin. Diantaranya ada rasa lelah, nyeri otot, nyeri sendi, mual muntah, bengkak, hingga kemerahan di area bekas suntikan.

Namun yang perlu diingat, efek samping dari vaksin Moderna ini akan berbeda dalam tiap tubuh individu, atau dengan kata lain antibodi dalam tubuh setiap orang berbeda-beda. Sehingga efek samping dari vaksin Moderda tak melulu akan dirasakan pada pasien setelah melakukan vaksinasi. Meski begitu, walaupun sudah divaksin, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan yang sudah diterapkan. Mengapa? Tentu saja karena pemberian vaksin bukan berarti kita akan terhindar dari virus corona, hanya saja gejala yang akan dirasakan semisal terpapar, kita akan terhindar dari gejala virus covid-19 yang berat.

Bagi anda yang sedang dalam kondisi sehat, jangan lupa untuk selalu terapkan 5M ya, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ya.

Baca Juga : Informasi Lengkap Alat Lab PCR

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Diantaranya, ada biosafety cabinet, alat PCR, hingga reagen pcr. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Vitamin D Yang Efektif Digunakan Untuk Pasien Covid-19  “. Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya terkait artikel ini di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat