Pelajari Waktu Yang Tepat Untuk Swab Antigen Ini

Pelajari Waktu Yang Tepat Untuk Swab Antigen – Halo sobat laborians, bagaimana nih kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Sekarang ini, swab antigen maupun rapid antigen sudah tak asing lagi didengar. Tapi, tahu tidak, kalau pemeriksaan keduanya itu butuh waktu yang tepat loh. Kapan saja? Yuk pelajari waktu yang tepat untuk swab antigen berikut.

swab-antigen
Pelajari Waktu Yang Tepat Untuk Swab Antigen

Waktu Yang Tepat Untuk Swab Antigen

Anda pasti sudah tahu kan cara pengambilan sampel tes antigen ini?

Yap, tes swab PCR dan swab antigen dilakukan dengan cara mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara memasukkan stik panjang dengan kapas di ujungnya melalui hidung. Nah, kali ini penulis akan membahas waktu yang tepat untuk melakukan tes tersebut. Berikut penjelasannya.

Melakukan Kontak dengan Pasien Positif Covid-19

Untuk yang pertama ini, mungkin menjadi sesuatu yang sering dilupakan. Yap, anda mungkin lupa dengan siapa terakhir melakukan kontak. Dan satu-satunya cara yang dapat dilakukan, biasanya jika ada seseorang yang terinfeksi covid setelah melakukan kontak dengan anda, sebaiknya anda perlu melakukan swab antigen ya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penularan  covid-19.  Bisa dengan rapid antigen hingga tes PCR. Anda dapat langsung melakukan tes PCR 3-5 hari setelah kontak terakhir dengan pasien positif Covid-19 tersebut.

Orang Sakit Yang Akan Menerima Vaksin Covid-19

Yang perlu diketahui, vaksinasi ini sebenarnya boleh dilakukan oleh orang yang sedang sakit (dengan kondisi ringan). Tapi, sebelum melakukan vaksinasi, orang sakit tersebut harus melakukan pemeriksaan swab antigen atau rapid antigen. Dan jika hasilnya positif, sebaiknya jangan lakukan vaksinasi terlebih dahulu ya.

Ketika Hendak Bepergian

Bepergian di masa pandemi Covid-19 ini memang tidak disarankan sobat. Tapi, jika dalam keadaan terdesak dan penting, anda perlu melakukan swab atau rapid antigen ini ya. Tes covid-19 ini idealnya dilakukan sehari sebelum bepergian, dan sehari sebelum kepulangan ke tempat awal. Dan sebaiknya, tes kembali dilakukan setelah menjalani isolasi mandiri usai bepergian demi memastikan kesehatan anda.

Mengalami Gejala Kuat Covid-19

Kalau untuk poin yang satu ini, tentunya sudah pasti anda harus melakukan tes ya sobat. Karena selain menyelamatkan diri anda, hal ini bisa meminimalisir penularan covid-19 di lingkungan sekitar.

Nah, selain beberapa poin di atas, menurut Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), waktu yang tepat untuk melakukan tes swab PCR dan tes swab antigen diantaranya,  dilakukan 8 hari setelah terpapar dan melakukan kontak dengan penderita covid-19, atau 3 sampai 5 hari setelah muncul gejala covid-19. Dan untuk tes swab antigen sebaiknya dilakukan 5 hari setelah terpapar dan melakukan kontak penderita covid-19, atau 1 sampai 5 hari setelah muncul gejala covid-19 Jika seseorang tidak mengalami gejala, tes dihitung dari kapan waktu orang tersebut terpapar dan melakukan kontak dengan penderita covid-19

Baca Juga : Apa Itu Tes Swab Antigen?

PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan alat microplate reader yang digunakan untuk mengukur kadar antibodi tubuh. Bagi anda yang sedang membutuhkan alat tersebut, silahkan menghubungi kontak kami via WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679 . Anda juga bisa berkunjung ke kantor kami. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu ya artikel mengenai ” Pelajari Waktu Yang Tepat Untuk Swab Antigen . Bagaimana dengan anda? Jika  sudah pernah melakukan vaksinasi, bagikan pengalamannya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat