VTM – Fungsi Viral Transport Media Pada Alat PCR

VTM adalah kepanjangan Viral Transport Media. Oke labs, gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya!! Pada artikel kita kali ini kita akan membahas sedikit tentang vtm. Point yang akan kita bahas apa itu vtm, penyimpanan vtm, fungsi vtm dalam pemeriksaan swab test, harga vtm, tempat jual vtmBy the way, sebagai informasi tambahan PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium memiliki solusi lengkap pemeriksaan swab test, mulai dari vtm, swab tools, mesin extraksi RNA, reagen extraksi, alat Real Time PCR, reagen pcr dan consumable lainnya. Untuk kemudahan konsultasi silahkan hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

vtm-viral-transport-media-untuk-alat-pcr

Apa Itu VTM

Pertanyaan awal pastinya, apa itu vtm? Terlebih jika para pembaca baru saja berhubungan dengan pemeriksaan swab test. Tentu akan mengenal istilah-istilah baru seperti pcr, reagen, ektraksi, sample dan lainnya. Kepanjangan dari vtm adalah viral transport media. Kalau kita ulas per-kata viral diambil dari bahasa inggris yang artinya virus, transport dan media juga serapan dari bahasa inggris. Secara sederhana arti vtm itu sendiri merupakan media untuk membawa sample virus. Nah, kata vtm ini sendiri sekarang sedang ramai diperbincangkan karena kebutuhannya yang sangat penting untuk pemeriksaan swab test.

Bentuk vtm itu idealnya merupakan tabung kecil dilengkapi dengan tutup yang berisi cairan untuk menampung sample. Bahan tube tersebut bisa berupa plastik atau kaca. Tentu kita masih ingat pemeriksaan swab test, sample diambil melalui hidung dan tenggorokan. Pengambilan sample melalui hidung sering dikenal dengan istilah nasofaring. Sedangkan pengambilan sample melalui mulut sering disebut orofaring. Nah, setelah sample didapat menggunakan alat swab tools, maka akan disimpan pada vtm tersebut. Perlu anda ketahui untuk alat swab tools memiliki bentuk seperti cotton bud dengan ukuran yang lebih panjang dan lebih lentur.

Berikut video untuk lebih memperjelas bentuk vtm tersebut : youtube

Penyimpanan VTM

Setelah kita ketahui bersama, vtm merupakan bagian dari consumable dalam pemeriksaan swab test. Salah satu hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli vtm ialah kondisi penyimpanan. Pastikan anda mengetahui spesifikasi vtm yang anda miliki. Pada beberapa kasus, vtm perlu disimpan di ruangan berpendingin atau refrigerator. Namun ada juga yang bisa ditempatkan di suhu ruang tanpa perlu masuk ke kulkas. Jika anda memiliki vtm dengan kondisi yang penyimpanan suhu dibawah 15°C maka belilah sebuah refrigerator.

Fungsi VTM Dalam Pemeriksaan Swab Test

Oke, pada point ini kita akan bahas sedikit tentang fungsi vtm dalam pemeriksaan swab test. Seperti yang kita tahu, proses pemeriksaan sample dari swab test perlu menggunakan alat real time pcr. Metode yang digunakan ialah polymerase chain reaction, beberapa orang lebih mengenalnya dengan istilah amplifikasi atau duplikasi dna. Informasi mengenai mesin pcr penulis sertakan pada link berikut : Alat Real Time PCR, Instrument Utama Uji Swab Test.

Kembali ke fungsi utamavtm ialah untuk menampung sample dari hasil swab test. Sample tersebut kemudian di proses(preparasi) agar siap dimasukan ke alat pcr. Pada kenyataannya, proses persiapan sample agar siap masuk ke alat pcr bisa menggunakan 2 metode, yakni :

  • Manual
  • Otomatis

Proses extraksi RNA virus corona membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika jumlah sample yang dikerjakan cukup banyak. Solusi lainnya ialah dengan menggunkan metode extraksi otomatis. Nah dari proses otomatis disini diharapkan bisa mempermudah tugas user dalam mengerjakan banyak sample dalam waktu yang singkat. Alat untuk extraksi otomatis tersebut bernama autopure32, sering juga disebut mesin extraksi rna.

Versi yang sangat sederhana dalam rangkaian pemeriksaan swab test ialah :

  1. Pengambilan sample dengan swab tools
  2. Sample dimasukan ke vtm
  3. Vtm disiapkan untuk diextraksi dengan mesin extraksi agar didapat rna virus
  4. Rna murni dianalisa menggunakan alat real time pcr.

Harga VTM

Kita lanjut ke pembahasan harga vtm di bulan september 2020 ini. Kisaran harga vtm per bulan september 2020 berada di angka 41.000 (empat puluh satu ribu). Harga ini merupakan harga satuan, yang itu artinya jika dalam satu box terdapat 24 test kisaran harga berada di 980 ribuan. Untuk diskon atau potongan pembelian tentu saja masih bisa diberikan, terlebih jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Kemungkinan ketika anda membeli vtm akan menemukan jumlah test perbox :

  • 12
  • 24
  • 36
  • 48

kemasan-vtm-dan-swap-tools

gambar-vtm-dan-swap-tools

Jadi lakukan pembelian dalam kelipatan tersebut. Beberapa consumable lainnya yang perlu anda ketahui dalam proses pemeriksaan swab test ialah :

  • Oropharyng swab tool
  • Nasopharyng swab tools
  • Vtm
  • Filter tips 10, 200, 1000 µl
  • 8 Strip
  • Deep Well Plate
  • Magnetic Rod Tip

Tempat Jual VTM

Point inilah yang paling penulis tunggu-tunggu, karena disini penulis akan memberikan informasi penting mengenai tempat jual vtm untuk pemeriksaan swab test. Sebetulnya bukan hanya vtm melainkan solusi lengkap pemeriksaan swab test. PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan solusi lengkap pemeriksaan swab test. Mulai dari alat pcr, mesin extraksi, bio safety cabinet, laminar air flow, vortext, berbagai reagen dan consumable lainnya. Untuk kemudahan konsultasi pengembangan laboratorium pcr silahkan hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

Berikut adalah beberapa gambar stok vtm untuk pemeriksaan swab test :

jual-vtm-jumlah-banyak

ketersediaan-vtm-harga-kompetitif

Daftar Artikel Berhubungan

Berikut adalah daftar artikel lainnya yang bisa anda baca dan berhubungan dengan swab test dan pcr :

Demikian artikel mengenai “VTM – Fungsi Viral Transport Media Pada Alat PCR“. Kita sudah membahas tentang apa itu vtm, penyimpanan vtm, fungsi vtm dalam pemeriksaan swab test, harga vtm, tempat jual vtm. semoga bisa menambah wawasan sobat laboratorium. Jika diantara sobat ada yang lebih ahli atau memiliki pengalaman lebih banyak, ayo bantu penulis dengan mengisi kolom komentar. Sekian dan tentu saja terima kasih.

Ditulis : ALA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat