Terbaru : Terdapat Corona Varian Delta Plus di Indonesia

Terdapat Corona Varian Delta Plus di Indonesia – Halo sobat laborians, bagaimana kabar anda saat ini? Semoga sehat selalu ya. Sobat, menurut informasi terbaru, kini terdapat corona varian delta plus yang mulai memasuki Indonesia. Bagaimana varian delta plus tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasannya berikut.

corona-varian-delta-di-indonesia
Corona Varian Delta Plus di Indonesia

Berasal dari Mana ?

Beberapa waktu lalu, kita sudah mengenal corona varian delta. Ternyata, varian delta ini memiliki mutasi varian lagi, yakni varian delta plus. Wah, apalagi ya itu?

Dari berbagai sumber, termasuk Professor of Molecular Immunology and Virology, Sunith K. Singh, varian covid-19 delta plus atau AY.1 merupakan hasil mutasi ekstra dari protein SARS-CoV-2, dan termasuk yang paling berbahaya saat ini. Varian delta plus ini ditemukan setelah mendapat hasil penelitian dari 45.000 sampel 0rang-orang yang sudah pernah terinfeksi varian delta. Nah, dari sinilah ditemukan mutasi pada beberapa sampel tersebut. Dengan hasil yang didapat, para peneliti pun sepakat untuk menyebutnya sebagai varian corona delta plus.

Fakta Terkait Corona Varian Delta Plus di Indonesia

Selanjutnya kita akan membahas mengenai fakta terkait varian delta plus ini. Seperti yang kita ketahui, varian delta plus ini pertama kali ditemukan di India di sampel yang diambil pada 5 April 2021. Bahkan, pada 16 Juni 2021, ditemukan 197 kasus delta plus di 11 negara, diantaranya ada Inggris sebanyak 36 kasus, Kanada 1 kasus, Jepang 15 kasus, dan Polandia 9 kasus.

World Health Organization atau WHO pun menyampaikan bahwa varian delta plus ini akan jauh diduga lebih menular dari Delta. Dengan adanya kabar sudah masuk ke Indonesia, hal ini pun seharusnya dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap pandemi saat ini. Cara yang bisa kita selalu terapkan tentu saja dengan menjaga prokes atau protokol kesehatan, yakni dengan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan).

Yang menjadi perbedaan signifikan antara varian delta dan delta plus terletak pada sifat mutasinya. Ya, dalam varian delta plus K417N terdapat protein lonjakan yang dimiliki oleh virus sebelumnya, yakni varian delta saja. protein lonjakan tersebut berfungsi untuk mengikat permukaan reseptor sel agar virus bisa masuk ke dalam tubuh. Tak hanya dari sifat mutasi, perbedaan delta biasa dan delta pus juga terdapat pada gejala yang dirasakan. Gejala-gejala tersebut akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya, anda bisa kunjungi artikel berikut Gejala Corona Varian Delta Yang Perlu Diketahui .

Baca Juga : Bio Safety Cabinet di Laboratorium

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Salah satunya adalah alat Longgene PCR. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA 

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Terdapat Corona Varian Delta Plus di Indonesia  . Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya terkait artikel ini di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat